icon-bbm

|

5 Alasan Kamu Harus Gowes

Gowes adalah istilah kekinian yang merujuk pada salah satu olahraga seru. Apalagi kalau bukan bersepeda. Masih ingat bagaimana saat kamu belajar untuk bersepeda pertama kali? Mengayuh sepeda atau gowes memang bisa dijadikan hobi.

Kamu juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan otot-otot tubuhmu. Selain itu, kamu bisa menyumbang hal baik untuk lingkungan. Penasaran kebaikan apa saja yang akan kamu dapatkan jika rutin bersepeda? Simak informasi berikut ini.

 1. Baik untuk Otot

Bersepeda [via ilovebicycling.com]

Tubuh manusia bisa bergerak karena ada otot. Namun karena suatu hal, seseorang jadi malas untuk berolahraga atau sekadar menggerakkan otot. Padahal bergerak itu penting, berdiam diri saja hanya akan menimbulkan masalah seperti obesitas dan lain sebagainya. Salah satu cara asyik yang bisa kamu pilih untuk menyehatkan otot adalah dengan bersepeda. Kamu harus tahu, jika tidak aktif bergerak dalam waktu seminggu bisa menurunkan kondisi otot hingga 50 %. Dalam jangka panjang, bisa menyebabkan kerusakan pada bagian perut, termasuk juga otot bahu, lengan dan kaki. Bersepeda secara rutin akan membuat otot sehat dan membuatnya berfungsi secara lebih efisien.

 

2. Menyumbang Hal Baik Untuk Bumi

Bersepeda [via macsadventure.com]

Tentu saja aktivitas manusia yang menghasilkan asap turut menyumbang kerusakan planet kita. Salah satunya adalah asap kendaraan bermotor. Beda lagi dengan bersepeda. Karena tidak mengeluarkan asap, jadi tidak menyebabkan kerusakan lingkungan. Selain itu, bersepeda adalah salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan. Kamu jadi nggak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli bahan bakar, hal itu bisa dijadikan sebagai langkah untuk berhemat. Sehat di badan, juga sehat di keuangan.

3. Menghindarkanmu dari Sakit Punggung

Bersepeda [via rokasports.com]

Bersepeda sangat ampuh untuk memperbaiki postur tubuhmu. Kamu yang gemuk juga bisa bersepeda untuk menurunkan berat badan. Gerakan mengayuh pedal dan memegang setir bisa merangsang otot-otot yang ada di bagian punggung.  Hal itu mampu membuat tulang belakang jadi semakin kuat, kamu pun jadi terhindar dari resiko terkena penyakit punggung. Bahkan otot-otot terkecil di bagian punggung juga bekerja secara sempurna.

4. Melindungi Persendian

Bersepeda [via cencalcycling.com]

Olahraga adalah kegiatan yang penting, kamu harus melakukannya dengan rutin. Karena jika tidak, kamu akan terkena berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah gangguan pada persendian. Karena jarang bergerak, otot dan sendi jadi kaku akhirnya memicu rasa nyeri. Biar kamu tidak sampai merasakannya, gunakanlah waktu luang untuk bersepeda. Tak perlu jauh-jauh, yang penting rutin. Bersepeda membuat sendimu melakukan gerakan yang baik, kekuatan tulang rawan yang membentuknya juga meningkat sehingga kamu akan terhindar dari arthrosis.

5. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Bersepeda [via servassistonline.com]

Bersepeda adalah cara yang ideal untuk melatih tubuh agar lebih sehat dan kuat. Hal itu bisa kamu dapatkan jika memiliki keseimbangan dalam berbagai hal. Mulai dari masalah mental, hingga kesehatan fisik. Mengayuh sepeda dan berkeliling di waktu pagi atau sore bisa digunakan untuk merelaksasi  tubuh sekaligus sebagai hiburan untuk menenangkan pikiran.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus bersepeda. Selain untuk kesehatan, kamu juga bisa melakukannya untuk berwisata, seru bukan?

Dikutip dari : ayogowes.com

 

Artikel Terkait