icon-bbm

|

5 Manfaat Sarung Tangan Saat Bersepeda

Saat bersepeda dibutuhkan beberapa perlengkapan untuk mendukung kenyamanan. Mulai dari jersey sepeda, celana sepeda, helm sepeda, botol air minum dan juga sarung tangan sepeda. Berkaitan dengan penggunaan sarung tangan, ada sebagian pesepeda yang ternyata belum mengetahui manfaatnya sehingga kerap melupakan perlengkapan yang satu ini. Nah, jika Anda termasuk pehobi sepeda yang belum mengetahui manfaat sarung tangan saat bersepeda, sebaiknya simak beberapa manfaatnya berikut ini.

sarung-tangan

1. Sebagai peredam terhadap kejutan

Desain sarung tangan untuk pesepeda telah dirancang sedemikian rupa untuk meredam kejutan. Sarung tangan yang beredar saat ini memiliki bantalan di bagian telapak tangan. Bantalan ini ada yang berupa gel maupun bahan lainnya. Tujuan penambahan bantalan ini tak lain untuk meredam kejutan terutama saat bersepeda di jalan yang tidak rata.

Para pehobi sepeda gunung yang suka berpetualang di trek-trek alam yang menantang juga wajib menggunakan sarung tangan ini. Sarung tangan dengan bantalan akan meredam energi kejutan sebelum sampai ke bagian lengan dan bahu. Tanpa diredam dengan bantalan pada sarung tangan, lengan dan bahu akan merasakan kejutan yang lebih keras. Peredam kejutan ini tentunya membuat kegiatan bersepeda pun menjadi lebih nyaman. Anda bisa melihat produk sarung tangan dengan bahan gel yang nyaman disini

2. Perlindungan untuk kulit tangan

Bila Anda terbiasa melakukan kegiatan bersepeda selama berjam-jam atau bahkan setiap hari secara rutin, maka tentu bisa dirasakan tekanan pada bagian telapak tangan. Tekanan tersebut secara perlahan tapi pasti akan membuat munculnya kapalan ataupun lecet di telapak tangan. Kapalan merupakan keadaan kulit tangan yang menjadi lebih keras sehingga kasar jika disentuh.

Kapalan biasanya muncul di pangkal jari-jari dan membuat orang merasa tak nyaman ketika harus bersalaman. Untuk itulah sebaiknya biasakan untuk menggunakan sarung tangan saat bersepeda sehingga telapak tangan terlindungi. Jika jersey sepeda melindungi tubuh dari sengatan matahari, maka sarung tangan akan melindungi kulit tangan dari sinar matahari sehingga kulit tangan tidak tampak belang setelah bersepeda.

3. Melindungi tangan ketika terjadi kecelakaan

Manfaat sarung tangan saat bersepeda yang paling penting adalah untuk melindungi tangan saat terjadi kecelakaan. Misalnya saja ketika seorang pesepeda jatuh dari sepedanya, maka biasanya secara spontan digunakanlah telapak tangan untuk menopang tubuh saat jatuh. Jika tidak mengenakan sarung tangan, tentunya sangat besar resiko telapak tangan mengalami lecet atau bahkan robek. Disinilah peran sarung tangan untuk melindungi telapak tangan dari batu, kerikil dan aspal.

4. Menjaga kehangatan tangan

Kondisi cuaca tentunya akan mempengaruhi pesepeda terutama ketika harus bersepeda di malam hari, bersepeda dengan jarak yang jauh ataupun bersepeda dalam cuaca yang dingin. Sarung tangan dengan lapisan tambahan akan membantu memecah angin dan membuat tangan tetap hangat. Meskipun tebal, sarung tangan sepeda dirancang agar pesepeda tetap bisa mencengkeram stang dan rem dengan nyaman. Dengan suhu tangan yang tetap terjaga, pesepeda terhindar dari resiko kebas akibat cuaca dingin.

5. Melengkapi penampilan

Perlengkapan dan aksesoris sepeda tak hanya berfungsi untuk melengkapi kenyamanan saat bersepeda tetapi juga menyempurnakan dari sisi penampilan. Jersey sepeda, celana sepeda, helm sepeda, sepatu sepeda dan sarung tangan sepeda tentu akan membuat penampilan seorang pesepeda menjadi tampak lebih keren. Anda pun akan merasa seperti bisa melaju lebih cepat lagi dengan semua perlengkapan tersebut.

Nah, itulah 5 manfaat sarung tangan saat bersepeda yang menjadi benda wajib bagi pesepeda. Jangan lupa cek produk sarung tangan di serbasepeda.com ya, sobatSS!

Sumber : gowesbike.com

Artikel Terkait