icon-bbm

|

5 Tips Gerakan Pendinginan Setelah Bersepeda

Sebelum mengakhiri olah tubuh, ada hal penting yang perlu Anda lakukan: cool down alias pendinginan dengan melakukan peregangan. Jika gerakan-gerakan peregangan yang dinamis amat bagus untuk pemanasan, maka peregangan dengan gerakan statis lebih cocok untuk proses pendinginan. Ini dia lima gerakan peregangan yang dapat Anda lakukan usai bersepeda. Anda bisa mengulangi setiap gerakan peregangan ini 2-3 kali.

1. Seated Hamstring Stretch

Duduklah di lantai beralas matras dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Sambil sedapat mungkin menjaga posisi dada mengarah ke depan dan kedua bahu ke belakang, raih ujung ibu jari kaki dan tahan selama 30-45 detik.

1

 

2. Quad Stretch

Berdiri dengan posisi kedua kaki dan lengan berada di sisi tubuh Anda. Untuk Menjaga keseimbangan, Anda boleh berpegangan pada  kursi atau meja dengan tangan kiri dan genggam kaki kanan dengan posisi di belakang Anda. Tahan selama 30-45 detik sampai berganti dengan kaki kiri.

2

 

3. Shoulder Stretch

Sambil menjaga agar dada dan bahu Anda ke belakang, tarik lengan kanan Anda menyilang melewati dada sampai Anda merasakan tarikan yang cukup nyaman, lalu tahan selama 30-45 detik. Ulangi dengan lengan kiri Anda.

Stretching Exercise

4. Arm Stretch

Berdiri dengan kedua kaki, dada ke depan, dan bahu ke belakang. Julurkan lengan kanan lurus ke atas, lalu jatuhkan ke belakang kepala. Gunakan lengan kiri untuk menahan siku tetap di posisinya. Tahan posisi ini selama 30-45 detik sebelum kemudian berganti lengan.

4

5. Sky Stretch

Berdiri dengan kedua kaki dan angkat kedua lengan Anda ke atas, setinggi yang Anda mampu. Tahan posisi ini selama 10-15 detik.

5

 

Manfaat Pendinginan

Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan. Saat  melakukan pendinginan, maka Anda akan membantu tubuh yang semula beraktivitas karena latihan menjadi kembali tenang. Olahraga membuat tekanan darah dan detak jantung meningkat. Pendinginan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan suhu tubuh Anda kembali normal.

Jika Anda menghentikan aktivitas otot-otot tubuh dengan tiba-tiba usai olahraga yang intens, maka suhu tubuh akan menjadi dingin dengan tiba-tiba juga. Ini akan menyebabkan Anda merasakan sakit keesokan harinya. Kerugian lainnya adalah, kondisi ini akan membuat olahraga yang Anda lakukan kemarin menjadi sia-sia.

Selain itu, pendinginan juga berguna untuk mencegah perasaan gamang dan pusing usai latihan. Tentu tidak nyaman jika selesai berolahraga, Anda bukannya merasa sehat tapi malah sakit. Ketika Anda berhenti bergerak, otot tetap berkontraksi dan tegang tetapi detak jantung sudah melambat. Inilah sumber gamang dan pusing, akibat tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga.

Peregangan yang Anda lakukan akan membuat otot yang tegang menjadi lemas dan rileks sesuai irama jantung yang melambat. Dengan pendinginan tubuh, Anda kembali mencapai keseimbangan seperti semula sebelum berolahraga.

Sumber : http://lifestyle.kompas.com

Artikel Terkait