icon-bbm

|

Cara Mengatur Posisi Sadel Sepeda

Anda sudah mengatur tinggi sadel sepeda namun tetap terasa tidak nyaman saat bersepeda? Ketahuilah Ketinggian sadel bukanlah satu-satunya penentu kenyamanan. Sadel dapat digeser ke depan dan ke belakang serta dimiringkan ke atas atau ke bawah untuk meningkatkan kenyamanan dalam bersepeda. Berikut Langkah-langkah untuk mengatur posisi sadel yang nyaman:

1. Kendurkan baut di bawah sadel untuk menggeser sadel maju/mundur

Ada baut kecil di belakang sadel, menghadap ke bawah roda belakang, yang mengatur letak sadel. Baut tersebut terhubung dengan braket yang menjepit batang logam kecil sehingga sadel tidak bergerak. Kendurkan baut ini dengan memutar berlawanan arah jarum jam untuk mengurangi tekanan pada klem yang menahan sadel.

WhatsApp Image 2017-09-21 at 13.18.33      WhatsApp Image 2017-09-21 at 13.18.36

 

2. Pastikan jarak sadel ke depan cukup nyaman

Anda harus dapat menjangkau setang dengan nyaman dan lutut Anda harus tepat di atas pedal saat posisi horizontal. Lakukan percobaan dengan berdiri saat bersepeda. Jika posisi sadel Anda tepat, Anda dapat berdiri dengan mudah tanpa kesusahan. Anda bisa mengendurkan baut sadel dan geser ke depan atau ke belakang jika Anda mengalami masalah berikut ini:

  • Jika kesulitan berdiri, menjangkau setang, dan jari kebas, mungkin jarak sadel terlalu jauh.
  • Jika merasa tidak nyaman saat turunan atau pundak terasa sakit, jarak sadel mungkin terlalu dekat.
Gambar berjudul Adjust Your Bike Seat Step 10

3. Kendurkan baut di samping sadel untuk mengubah kemiringannya

Baut ini (biasanya terletak di sebelah kanan sadel) berfungsi untuk menahan kemiringan sadel. Kendurkan baut ini untuk mengubah kemiringannya. Beberapa tipe sadel yang lebih lama memiliki dua baut kecil di bawah sadel, satu di bagian depan dan satu lagi di belakang, yang berfungsi mengubah kemiringan sadel. Anda harus mengencangkan baut di satu sisi untuk menaikkannya dan kendurkan baut satunya.

  • Jangan memiringkan sadel Anda terlalu jauh. Periksa ketinggian sadel dan posisi sadel Anda terlebih dahulu dan atur kemiringan sadel jika perlu.
WhatsApp Image 2017-09-21 at 13.18.34      WhatsApp Image 2017-09-21 at 13.18.35

Artikel Terkait