icon-bbm

|

Kebiasaan Yang Bikin Bau Badan Usai Gowes

Olahraga gowes tentu memberikan banyak manfaat, mulai dari segi kesehatan, diet, rekreasi, dll. Ada banyak keuntungan, namun ada juga efek yang timbul setelah bersepeda, yaitu bau tidak sedap. Keringat bercampur bakteri yang dihasilkan setelah olahraga bersepeda tentulah dapat membuat bau tubuh menjadi tidak sedap. Namun, ada beberapa kebiasaan setelah gowes yang membuat tubuh menjadi lebih bau.

Bahan pakaian

Bahan pakaian yang terbuat dari nylon atau polyester dapat menghambat aliran udara dan mencegah keringat menguap dari kulit. Hal ini dapat menyebabkan kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap berkembang. Jadi, carilah baju yang memang dibuat khusus untuk berolahraga.

Salah memakai sepatu

Salah menggunakan sepatu juga menjadi penyebab aroma tak sedap. Sepatu yang tertutup rapat dan yang tidak mempunyai lubang juga menjadi salah satu penyebab bau tak sedap. Jadi, carilah sepatu yang mempunyai lubang udara / pori-pori kecil agar keringat cepat menguap. Semakin cepat keringat dalam tubuh menguap, semakin berkurang pula waktu antara keringat dan bakteri penyebab bau bereaksi.

Tidak segera mandi setelah gowes

Setelah berolahraga, kebanyakan kita pasti akan mandi. Namun, kapan waktu mandinya itulah yang menjadi faktor utama penyebab bau. Keringat saja tentu tidak akan membuat badan menjadi bau, namun, keringat yang berinteraksi dengan bakteri itulah yang dapat membuat aroma badan tidak sedap. Bakteri penyebab bau ini akan berlipat kali ganda dalam waktu 20 menit. Jadi, seusai memakai sepeda gunung, jangan lupa untuk cooling down, dan setelah itu, segeralah mandi agar keringat tidak segera berinteraksi dengan bakteri. Sebelum mandi, jangan lupa untuk lap keringat dengan handuk bersih dulu ya.

Dikutip dari : lifestyle.kompas.com

Artikel Terkait