icon-bbm

|

Teknik Bersepeda Di Lintasan Off-Road

Sejalan dengan bergantinya tren olahraga dan hobi dari tahun ke tahun, popularitas sepeda gunung kini semakin menggunung. Bukan saja dari kalangan atlet profesional, namun masyarakat dari beragam elemen juga ikut tertarik menjajal keseruan mountain bike ini. Meski begitu medan yang berat terutama trek off-road perlu diimbangi dengan beragam latihan dan teknik bersepeda gunung yang mumpuni. Berikut Serbasepeda rangkum teknik bersepeda di lintasan off-road.

1. Posisikan siku yang tepat saat bersepeda gunung tidak disarankan terlalu lurus, melainkan dibengkokan sedikit. Tujuannya untuk menahan ‘shock’ kala melewati perlintasan off-road.

2. Layaknya kegiatan bersepeda pada umumnya, bersepeda gunung tidak selalu mengayuh pedal secara terus-menerus. Saat tidak mengayuh seperti ini, posisikan pedal pada arah jam 3 dan 9. Posisikan kaki yang lebih kuat di depan, atau semacam membentuk garis horizontal. Tujuannya untuk menghindarkan pedal agar tidak tertabrak batu maupun rintangan lainnya di perlintasan off-road.

3. Agar tidak mudah terjungkal ke depan, duduklah pada sadel paling belakang dengan kedua paha mengapit sadel bagian depan. Jika bisa posisikan badan di belakang sadel agar tumpuan keseimbangan bisa berpindah ke belakang. Jangan lupa turunkan seatpost hingga kaki menginjak tanah secara sempurna.

4. Trek off-road harus diimbangi dengan teknik pengereman yang handal. Jika belum menguasai teknik pengereman depan dan belakang sekaligus, optimalkan rem belakang saja. Namun begitu, teknik pengereman harus tetap dikembangkan, karena bagaimanapun pengereman depan dan bekalang sekaligus jauh lebih efektif untuk perlintasan off-road.

5. Meski sebelumnya sudah yakin membekali diri dengan teknik bersepeda gunung yang mumpuni, tetapi jika tiba-tiba dihadapkan dengan keraguan maka pilihan terbaiknya jangan dilanjutkan. Demi keselamatan, menuntun sepeda pada kondisi ini jauh lebih dianjurkan.

Anda bisa coba menerapkan trik diatas agar kemampuan bersepeda gunung pada trek off-road bisa ditingkatkan. Happy cycling!

Dikutip dari :

Goowes.co

sepedapancal.com

 

Artikel Terkait