icon-bbm

|

Teknik Bersepeda Menanjak Untuk Pemula

Bersepeda memang sangat menyenangkan, rute dan trek yang kita tempuh tentunya sangat beragam. Trek yang cenderung flat dan turun tentunya tidak memberikan banyak masalah bagi kebanyakan orang, akan tetapi bagaimana ketika kita menemui trek dengan medan tanjakan yang cukup ekstrim?

Hasil gambar untuk TEKNIK BERSEPEDA MENANJAK UNTUK PEMULA

 

Sebagai seorang pesepeda pemula, manfaat ini akan meningkatkan kemampuan bersepeda keseluruhan. Meskipun bersepeda mendaki mungkin sedikit menakutkan, ketika Anda memecahnya menjadi kayuhan-kayuhan yang dikelola dengan baik dan logis, Anda akan dengan mudah menaklukan tanjakan (tantangan) pertama itu dan banyak lagi.

Anda mungkin akan mencari rute yang menyerupai sebuah roller coaster untuk menaklukkan bukit-bukit tersebut dan menuai kepuasan tersendiri saat berhasil melewati tantangan-tantangan (tanjakan demi tanjakan) tersebut.

Kali ini Serba Sepeda memberikan tips dan trik untuk mengatasi kesulitan ketika kita bersepeda pada trek tanjakan (climb).

  1. Mengambil kecepatan pada jalan yang datar beberapa saat ketika hendak memasuki jalur menanjak. Pindahkan gir/speed ke gir yang lebih kecil agar mempercepat kecepatan kayuhan pedal Anda.
  2. Melakukan dorongan/pressing keras pada pedal dan mengarahkan tekanan di seluruh pedal ketika Anda mulai memasuki jalur menanjak.
  3. Mempertahankan (atur) pola pernapasan Anda untuk memasok oksigen pada otot-otot yang sedang bekerja. Menjaga pinggul Anda tetap dekat di bagian belakang sadel ketika duduk dan menjaga punggung lurus untuk memastikan agar dada dan paru-paru tetap terbuka (memudahkan proses pernafasan Anda).
  4. Mengencangkan perut Anda dan merendahkan kepala ke arah sepeda untuk mengurangi hambatan angin dan meningkatkan kecepatan Anda.
  5. Menanjak dengan zig-zag. Hal ini dapat mengurangi gaya gravitasi bumi agar beban saat menanjak akan terasa lebih ringan. Namun untuk melakukan tips ini harus waspada dan hati-hati jika ada kendaraan dari arah depan ataupun belakang.
  6. Tips jitu terakhir adalah semangat dan juga optimis. Dengan di dasari keyakinan yang kuat, kalian dapat menghadapi rintangan tanjakan di pegunungan manapun. Namun harus di imbangi dengan istirahat.

Anda akan mendapatkan kesenangan tersendiri apabila tantangan tanjakan berhasil di pecahkan dan dapat melihat indahnya pemandangan dari atas. Semoga teknik bersepeda menanjak ini dapat bermanfaat bagi para pecinta olahraga bersepeda.

Dikutip dari :

  • sepedapancal.com
  • zonsepeda.com

Artikel Terkait