icon-bbm

|

Tips Bersepeda Pada Malam Hari

Bersepeda di malam hari menjadi pilihan bagi sebagian kalangan urban untuk berolahraga. Selain padatnya kesibukan di siang hari, malam dipilih sebagai waktu bersepeda untuk menghindari kulit terbakar matahari. Bersepeda setelah bekerja seharian juga memungkinkan mencapai tingkat kebugaran yang lebih tinggi. Namun, yang perlu diperhatikan bahwa bersepeda sebaiknya tidak dilakukan telalu larut, bersepeda di malam hari yang baik memiliki jeda 1 jam sampai 1,5 jam sebelum waktu tidur. Bersepeda di malam hari dan bersepeda di siang hari tentu memiliki perbedaan. Bukan hanya dalam hal waktu tetapi juga persiapan-persiapan yang perlu dilakukan . Nah, jika Anda ingin bersepeda di malam hari sambil menikmati suasana malam, maka sebaiknya simak terlebih dahulu 7 tips bersepeda di malam hari berikut ini.
1. Perhitungkan Jarak Tempuh

Jarak tempuh menjadi salah satu hal penting yang wajib dicatat. Sebaiknya tentukan rute bersepeda dengan jelas. Hindari mencoba jalan-jalan asing yang belum diketahui keamanannya dengan pasti. Jika ingin mencoba rute baru sebaiknya lakukan di siang hari saja.

2. Keamanan Rute Bersepeda

Ada rute-rute yang kurang aman digunakan sebagai rute bersepeda di malam hari. Misalnya saja jalan-jalan yang tidak memiliki penerangan yang cukup dan jalan-jalan yang terlalu sepi. Sebaiknya hindari melewati jalan-jalan seperti ini terlebih jika Anda bersepeda di malam hari sendiri saja. Namun jika Anda memutuskan untuk bersepeda dalam rombongan, jalan-jalan yang sepi masih bisa dijadikan pilihan rute perjalanan. Tetapi sebaiknya tetap hindari jalan-jalan yang memiliki penerangan kurang demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan.
3. Lampu Sepeda

Penggunaan lampu, akan sangat membantu Anda, baik untuk melihat kondisi jalan maupun sebagai upaya antisipasi jika ada orang menyeberang jalan. Perlengkapan yang satu ini wajib dimiliki untuk bersepeda di malam hari, baik itu lampu bagian depan dan belakang. Lampu depan sendiri ditujukan untuk memudahkan Anda melihat jalan, sedangkan lampu belakang digunakan agar pengendara jalan lain dapat melihat posisi Anda. Jangan pernah bersepeda pada kondisi penerangan rendah atau gelap tanpa lampu sepeda.

IMG_259611

4. Kunci Sepeda

Kunci sepeda sangat di butuhkan bersepeda pada malam hari, untuk berjaga-jaga jika Anda melakukan perberhentian. Bukan berarti bersepeda pada malam hari, Anda terhindar dari pada pencuri sepeda. Bahkan Para pencuri sepeda biasanya berkeliaran pada malam hari, jadi waspadalah dan gunakan kunci pengaman sepeda yang kuat.

Untitled

5. Perlengkapan Bersepeda Malam Hari

Bersepeda di malam hari bukan berarti tidak ada perlengkapan yang perlu dibawa. Meskipun tidak tersengat sinar matahari, tetapi pastikan selalu membawa botol air untuk menghindari dehidrasi dalam perjalanan. Selain itu, pastikan pula membawa jaket atau baju hangat untuk melindungi tubuh dari terpaan angin malam. Para pesepeda yang kerap keluar di malam hari biasanya menggunakan jaket atau rompi yang dilengkapi dengan reflektor. Tujuannya tak lain agar pengguna jalan bisa mengenali keberadaan pengendara sepeda dari jauh. Jika tak memiliki jaket dan rompi dengan reflektor, pilihlah helm sepeda yang berwarna terang. Hal ini juga bisa membantu pengguna jalan untuk mengetahui keberadaan pesepeda.
6.  Cek Kondisi Sepeda

Pastikan sebelum berangkat bersepeda di malam hari, periksalah kondisi sepeda. Pastikan sepeda benar-benar dalam kondisi prima. Hal ini sangat penting dilakukan karena di malam hari tentu cukup sulit mencari bantuan jika sepeda mengalami masalah di tengah jalan. Pengecekan rem dan kondisi ban menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan.

7. Hati-hati di persimpangan jalan

Pesepeda di kota-kota besar, harus mewaspadai ini. Di beberapa daerah seperti Jakarta, pesepeda masih kurang mendapat tempat atau dikalahkan dengan pengguna kendaraan bermotor. Maka pesepeda diharapkan lebih waspada ketika melewati persimpangan. Apalagi seperti kita tahu, para pengguna kendaraan bermotor akan segera menancap gas setelah lampu hijau menyala dan dipastikan puluhan kendaraan akan berdesak-desakan.
Nah, itulah 7 tips aman bersepeda di malam hari yang sebaiknya diketahui oleh para pesepeda yang ingin merasakan sensasi bersepeda di malam hari. Berbekal beberapa tips tersebut, tentunya kegiatan bersepeda malam tetap nyaman dan menyenangkan seperti di siang hari!

Di kutip : wartakota.tribunnews.com

Artikel Terkait