icon-bbm

|

Tips Mencuci dan Membersihkan Helm Sepeda

Helm Sepeda merupakan salah satu apparel wajib bagi penghobi olahraga sepeda, karena perannya yang sangat penting dalam melindungi pengendara sepeda ketika terjadi kecelakaan yang memungkinkan terjadinya benturan pada kepala. Begitu pentingnya fungsi helm sepeda, wajar saja jika kemudian perawatannya secara detail perlu diperhatikan. Untuk itu berikut kami berikan Tips mencuci dan membersihkan helm sepeda, agar helm sepeda kesayangan sobat tetap awet, wangi,  higienis dan sobatSS tetap bisa tampil gaya.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Siapkan peralatan yang diperlukan, diantaranya: deterjen cair, sikat gigi bekas, lap kering/kanebo
  2. Proses pertama, basahi permukaan helm yang terbuat dari spons secara merata dengan air bersih.
  3. Tuang dan oleskan deterjen cair pada permukaan helm, lalu gosok perlahan dengan cara melingkar, ini bertujuan agar kotoran dapat tercuci bersih.
  4. Konsentrasikan pengosokan pada bagian tali pengikat helm, pada bagian inilah biasanya banyak menumpuk cairan keringat yang berasal dari kepala, yang lama-kelamaan bisa menimbulkan bau tak sedap dan bisa menyebabkan kulit gatal pada bagian pipi serta dahi.
  5. Jika dirasa sudah cukup, bilas helm menggunakan air mengalir. Ini bertujuan agar sisa-sisa sabun dan kotoran sisa pencucian dapat terbuang dengan sempurna.
  6. Jika sudah, semprotkan juga cairan pelembut atau pewangi pakaian
  7. Jemur helm di bawah matahari tak langsung, agar permukaan helm/cat tidak pudar.
  8. Penting untuk memastikan helm benar-benar kering saat penjemuran disaat akan digunakan kembali.
  9. Untuk helm jenis BMX yang cenderung tak memiliki lapisan spons, cukup dibersihakan dengan cairan antiseptik. Caranya : larutkan sabun antiseptik kedalam air hangat menggunakan kain bersih lalu bersihkan. Setelah itu keringkan diudara terbuka.

Lakukanlah Tips mencuci dan membersihkan helm sepeda ini secara berkala. Pada kondisi helm sedang tidak dipakai usahakan untuk tidak meletakkan helm pada posisi bawah helm ada di atas, dengan tujuan agar sirkulasi udara lembab akibat keringat bisa menguap dan menghindari bau tak sedap. Semoga bermanfaat.

Sumber : thingsbike.com

Artikel Terkait