icon-bbm

|

7 Manfaat Bersepeda Bagi Anak

Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikkan terutama bagi anak. Selain itu, dengan bersepeda anak juga akan mudah bersosialisasi karena bertemu dengan teman sebayanya. Pasalnya bagi anak sepeda melambangkan sesuatu yang menyenangkan, waktu bermain, dan juga udara segar. Tak hanya itu saja, karena aktifitas bersepeda juga mempunyai manfaat lain lho, inilah 7 manfaat bersepeda bagi anak.

1. Belajar Tentang Kepemilikan Barang

Saat si kecil merengek minta dibelikan sepeda, ada baiknya jangan langsung diberikan. Jadikanlah sepeda sebagai penghargaan baginya karena telah melakukan sesuatu yang baik. Misalnya ketika si kecil susah makan, maka jadikanlah sepeda sebagai iming-iming agar ia mau makan. Dengan begini ia akan belajar menghargai sesuatu karena sulit untuk mendapatkannya.

2. Menyeimbangkan Tubuh

Ketika duduk diatas sepeda tentu ia harus belajar menemukan posisi yang seimbang agar tak jatuh. Nah hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak karena dapat melatih kemampuan menyeimbangkan tubuh.

3. Mengayuh dengan Baik

Mengayuh merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak usia 4-6 tahun. Sama seperti berenang, berlari, ataupun bermain bola. Ketika mengayuh anak akan belajar bagaimana caranya bisa membuat sepeda berjalan dan pada akhirnya melaju dengan kecepatan yang diinginkan. Tapi jangan biarkan anak mengayuh dengan kecepatan tinggi ya. karena sangat membahayakan.

4. Melatih Kemampuan Berkonsentrasi

Sama seperti ketika orang dewasa mengendarai motor, bermain sepeda juga membutuhkan konsentrasi agar tidak menabrak ataupun jatuh. Nah melalui hal inilah anak akan terlatih untuk mengasah kemampuan konsentrasinya untuk mencapai sesuatu.

5. Melatih Kemampuan Motorik

Manfaat bersepeda bagi anak selanjutnya adalah melatih kemampuan motorik. Saat mengayuh sepeda hampir semua bagian tubuh anak bergerak, terutama tangan dan kaki. Nah hal ini tentunya baik untuk perkembangan anak yang sedang belajar, karena kemampuan motoriknya dilatih menjadi lebih aktif dan kuat. Selain itu melalui aktifitas ini anak akan menjadi lebih sehat.

6. Belajar Arah Kiri, Kanan, Depan, dan Belakang

Yups inilah cara paling tepat mengajari anak tentang arah. Ketika si kecil bersepeda, ia akan berpetualang ke tempat yang ia suka. Nah untuk mencapai tujuannya itu ia harus tahu arah agar dapat sampai ke tempat yang ia mau. Itulah saat yang tepat untuk kita mengajarinya arah kiri, kanan, depan, dan belakang sampai akhirnya ia sendiri tahu tanpa perlu di temani.

7. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Manfaat bersepeda untuk anak terakhir adalah bersosialisasi dengan orang lain. karena tanpa mereka sadari mereka akan mencari teman sebayanya untuk diajak bersepeda bersama. Dan darisitu pula mereka akan belajar membina hubungan pertemanan yang baik.

Sumber : https://www.atjehupdate.com/

Artikel Terkait