icon-bbm

|

Aneka Jenis Handle Bar

Handlebar atau setang adalah komponen penting pada sepeda sebagai alat kendali dan juga penyeimbang sepeda. Berdasarkan peruntukannya, handlebar memiliki berbagai jenis, bentuk, ukuran dan juga bahan, bahkan untuk satu jenis sepeda sekalipun. Handlebar juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan ini berdasarkan pada jenis sepedanya, karena setiap jenis sepeda memiliki sifat dan fungsinya masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis handlebar berdasarkan jenis sepedanya.

City Bike


Sepeda jenis city bike dirancang untuk kenyamanan berkendara, sehingga si pengendara dapat menikmati perjalanan bersepedanya dengan santai dan nyaman keliling kota. Untuk memberikan kenyamanan tersebut, handlebar khusus city bike dirancang dengan bentuk melengkung di tengah dengan lengkungan yang cukup menjorok ke depan. Sedangkan bar untuk handgrip lebih menjorok ke dalam. Dengan begitu, pengendara dapat duduk dengan posisi tidak terlalu condong dan juga tidak terlalu rebah, sehingga dapat menikmati kegiatan gowes sambil duduk santai.

BMX

Handlebar khusus sepeda BMX sebenarnya hampir sama dengan jenis handlebar untuk city bike, hanya saja BMX memiliki sedikit perbedaan desain, terutama terdapat palang di tengah-tengah. Jenis handlebar ini dirancang untuk memudahkan pegowes untuk melakukan berbagai manuver atau ber-free style, mengingat sepeda BMX dirancang untuk kegiatan balap ala motocross dan juga free style.

Road Bike/Race


Road bike disebut juga dengan sepeda balap. Handlebar untuk jenis sepeda ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu kedua ujungnya melengkung menyerupai tanduk domba, atau biasa disebut drop bar. Bentuk hadlebar ini memungkinkan pegowes untuk lebih condong ke depan, membentuk posisi yang aerodinamis sehingga membuatnya leluasa untuk melaju kencang.

Jenis handlebar ini juga memberikan dua pilihan posisi setir yaitu setir atas dan bawah, meskipun keduanya tetap membuat tubuh si pegowes menjadi condong, terutama jika menggunakan bagian setir bawah. Posisi setir bawah ini, membuat posisi tubuh lebih rebah yang biasanya digunakan pada saat sprint sehingga kecepatan bisa lebih ditingkatkan.

MTB

Di antara segala jenis sepeda, jenis MTB-lah yang paling banyak digunakan saat ini. Selain itu, jenis sepeda yang dirancang untuk melibas segala trek ini memiliki aneka jenis. Hal ini pula yang memengaruhi jenis handlebar untuk jenis sepeda gunung ini memiliki beragam jenis. Pada dasarnya handlebar untuk MTB berupa palang datar atau flat, namun seiring perkembangannya setidaknya ada 2 jenis handlebar yang digunakan, yaitu handlebar dengan batang lurus datar (flat) dan handlebar dengan batang melengkung atau disebut juga dengan rise bar.

  • Flat handle bar/ setang lurus, merupakan tipe handlebar asli sepeda MTB, bentuknya sederhana dan dirancang lurus untuk kekuatan dan ketahanan. Dengan handle bar flat akan membuat posisi bersepeda goweser maju kedepan (agak membungkuk) dengan siku tertekuk. Handle bar flat cocok untuk trek climb atau cross country.
  • Riser handle bar/ setang bengkok, biasanya digunakan untuk bersepeda gunung dengan gaya ekstrim, tetapi sekarang ini menjadi pilihan umumnya goweser MTB yang menginginkan posisi gowes duduk tegak dengan pegangan yang lebar. Raiser handlebar berbentuk lurus ditengah tetapi membengkok sedikit  kemudian lurus untuk tempat rem/ brakes dan pegangan/ grips, mampu meredam getaran sehingga mengurangi kelelahan pada lengan goweser saat melewati trek offroad yang berbatu. Handle bar rise/ bengkok biasa dipakai sepeda MTB untuk jenis trek all mountain, downhill, freeride, dan long travel cross country, semakin ektrim trek yang dilalui semakin dalam bengkok/ raise handle bar yang digunakan.

Sepeda Lipat

Handlebar sepeda lipat sering menggunakan tipe flat bar, namun ada juga beberapa pabrikan sepeda yang membuat handlebar serupa handlebar pada city bike. bentuk handlebar pada sepeda lipat juga memiliki fungsi yang berbeda.

Tipe flat bar digunakan untuk pengendara yang menyukai posisi sporty. Dengan handle bar flat akan membuat posisi bersepeda goweser maju kedepan (agak membungkuk) dengan siku tertekuk. Sedangkan handlebar yang serupa dengan handlebar city bike, cocok untuk pengendara yang ingin bersepeda dengan posisi lebih tegak dan santai.

Sumber:

  • gowes2016.wordpress.com
  • sandisensei.blogspot.com

Artikel Terkait