icon-bbm

|

Apa itu Tapered Headtube?

Teknologi sepeda terus berkembang seiring kebutuhan penggunaannya, salah satunya adalah konstruksi frame sepeda dari sisi headtube. Saat ini banyak kalangan yang sering menyebutkan tapered headtube. Tapi, apasih tapered headtube itu?

Tapered adalah jenis head tube, dimana lubang headtube di bawah besar (1 1/5 inci) kemudian mengecil diatas (1 1/8 inci). Beberapa review mengatakan head tube tipe ini membuat fork terasa lebih mantap dan tidak goyang.

Tentunya ada beberapa kelebihan untuk headtube yang berukuran lebih besar karena dengan luas bidang yang lebih besar maka area yang bekerja juga lebih luas. Saat ini untuk ukuran headtube standar banyak digunakan untuk tipe XC, sedang ukuran oversize ( 1 ½ inci ) banyak digunakan di tipe sepeda XC dan AM, sedang tipe tapered banyak digunakan untuk sepeda AM dan FR atau DH.

Pastikan memilih fork dengan ukuran yang benar. Beberapa bengkel sepeda menyediakan adaptor untuk ukuran besar ke yang kecil. Tapi sangat jarang yang menyediakan adaptor jenis ini, sehingga sebisa mungkin jangan sampai salah ketika membeli sepeda tidak dalam kondisi full bike, maka pastikan ukuran headtube dan steerer tube cocok.

Jadi ketika sudah memilih frame untuk dibeli maka fork menyesuaikan ukuran steerer tubenya, atau jika sudah membeli fork lebih dulu maka beli frame yang sesuai juga ukuran head tubenya. Satu hal lagi, part atau komponen yang harus mengikuti ukuran headtube atau steerer tube adalah headset atau bearing di headtube tersebut.

Kelebihan Tapered Headtube

Salah satu kelebihan utama menggunakan tipe tube ini adalah, meningkatkan tingkat presisi saat berbelok dan meningkatkan kenyamanan saat bersepeda. Bagian frame depan yang menggunakan tipe tube ini juga mengalami peningkatan dalam hal resistensinya, dan menurunkan resiko terjadinya retak pada bagian sambungan headtube.

Sumber :

Artikel Terkait