icon-bbm

|

Apakah Tepat Saatnya untuk Beli Sepeda? 

Corona Virus

Seperti yang kita ketahui, bahwa Corona Virus (CoVid-19) penyebarannya sangat cepat dan luas. Sampai beberapa waktu belakangan, muncul himbauan untuk tetap berada di dalam rumah (dengan tagar #dirumahsaja ). Di rumah bukan berarti terbebas dari risiko terpapar CoVid-19, kebersihan dan daya tahan tubuh (Imunitas) perlu terus di jaga, agar peluang terinfeksi virus tersebut bisa diminimalisir.


Corona Virus ( CoVid-19 ) : Sumber who.int

Pada artikel Kami sebelumnya (artikel “Bersepeda Menangkal Corona”), telah dipaparkan bahwa bersepeda dapat membantu meningkatkan imunitas dalam mencegah infeksi CoVid-19. Bahkan menurut artikel di Kompas.com dengan judul “Sepeda Jadi “Senjata” Warga New York untuk Lawan Virus Corona”, terjadi lonjakan penggunaan sepeda di dalam kota, terutama untuk commuting dan menghindari berdesakan di transportasi publik.


sumber : wartakota.tribunnews.com

Rupiah Melemah

Seiring dengan meningkatnya jumlah pasien Positif corona di Indonesia dan berbagai faktor ekonomi lain, rupiah mengalami guncangan yang cukup hebat terutama koreksi terhadap nilai Dollar Amerika (USD). Dikutip dari mesin pencari google, posisi rupiah per hari ini (20 Maret 2020) adalah sebagai berikut :


Screen Shoot www.google.co.id : 1 USD to IDR

Sangat mengejutkan memang rupiah yang pada awal tahun berkisar antara Rp.13.500 – Rp.14.000 Per USD, saat ini menembus angka Rp.16.000 per USD. Hal ini akan berimbas terhadap kenaikan harga barang-barang impor, tidak terkecuali sepeda.

Sekalipun merek sepeda yang banyak beredar di pasaran merupakan pabrikan lokal, part-part yang digunakan sebagian besar(bahkan hampir semua) merupakan barang Impor. Sehingga tidak dipungkiri bahwa adanya kemungkinan harga sepeda dan part-part pendukungnya akan mengalami kenaikan harga.

Apakah Saatnya Beli Sepeda?

Walaupun ramainya kasus Virus Corona, Awal tahun ini Trend dan minat akan sepeda masih cukup tinggi. Banyak orang membeli sepeda untuk menerapkan pola hidup sehat, karena menyadari pentingnya hidup sehat dan sepeda adalah salah satu alternatif olahraga yang menyenangkan besepeda juga merupakan cara mencegah virus corona.

Lantas bagaimana dengan kenaikan Dollar Amerika yang signifikan? Berdasarkan Trend sebelumnya, kenaikan harga sepeda biasanya terjadi secara bertahap, biasanya dalam kurun waktu 1-3 bulan setelah adanya koreksi rupiah. Berarti masih ada waktu tidak sampai 1 bulan untuk merasakan kenaikan harga-harga sepeda dan parts pendukungnya.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Sepeda?

Kami rasa waktu yang tepat untuk membeli sepeda adalah saat ini, dimana adanya kebutuhan akan pola hidup sehat dan efek dollar belum mempengaruhi harga sepeda. Jadi untuk sobatSS yang sudah punya incaran sepeda apa yang akan dibeli, sebaiknya segera “mengeksekusi” rencana tersebut, selagi harga masih belum naik dan barang masih tersedia. Karena CoVid-19 sedikit banyak juga mempengaruhi ketersediaan barang secara global. Tetap semangat, jaga kebersihan, jaga kesehatan. Salam gowes dan sehat #sobatSS.

 

Artikel Terkait

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang