icon-bbm

|

Hijrah ke Sepeda lipat

Beberapa waktu berlakangan ini dunia persepedahan tanah air dimeriahkan dengan adanya “demam” sepeda lipat. Bahkan tidak sedikit yang “hijrah” dari MTB atau Roadbike ke sepeda lipat loh. Dalam kesempatan ini kita akan bahas, mengapa sepeda lipat bisa menjadi pilihan dalam bersepeda, dan sepeda lipat seperti apa yang cocok dengan pola bersepeda sobat.

Alasan memilih sepeda lipat?

Kira-kira apa ya yang membuat para pesepeda memilih sepeda lipat sebagai teman dalam bersepeda? Menurut kami, berikut ini adalah alasan mengapa sepeda lipat menjadi primadona saat ini.

1. Kekinian

mainsepeda.com

Komunitas Sepeda Lipat Seribu Sungai Banjarmasin.

Tidak dipungkiri menjadi “up to date” adalah kebutuhan manusia sekarang ini. Agar tidak dianggap ketinggalan jaman dan tetap eksis di lingkungan persepedahan yang sudah banyak menggunakan sepeda lipat. Dengan kata lain, ikut-ikutan tren merupakan salah satu faktor mengapa sepeda lipat banyak digemari saat ini.

2. Ruang / Tempat penyimpanan

Sepeda Lipat

Di era modern, tidak sedikit masyarakat yang tinggal di tempat yang tidak memiliki banyak ruang. Sepeda lipat membutuhkan tempat yang jauh lebih kecil dibanding jenis sepeda lain. Apalagi bagi pesepeda-pesepeda yang tinggal di apartemen, sepeda lipat mudah dibawa turun masuk lift dan disimpan di dalam apartemen tanpa menghabiskan banyak ruang.

3. Mudah dibawa

Sepeda Lipat

Bicara soal kemudahan saat dibawa, tidak diragukan lagi bahwa sepeda lipat memang juaranya. Mulai dari ditenteng, naik mobil, kereta, dan bus sepeda lipat memang jauh lebih praktis dibanding sepeda jenis lain. Hal ini sejalan dengan pola hidup masyarakat perkotaan yang semakin lama semakin tinggi mobilitasnya. Dengan kemudahan ini juga yang menjadikan sepeda lipat menjadi salah satu alternatif moda transportasi ke kantor (bike to work).

4. Satu untuk Semua

Sepeda Lipat

Karena sepeda lipat tidak memiliki sizing khusus dari segi frame, maka sepeda lipat bisa dibilang satu untuk semua. Berbeda dengan MTB atau roadbike, sepeda lipat cenderung lebih bisa digunakan untuk semua kalangan, cukup dengan mengatur tinggi seatpost serta handlepost. Bahkan anak-anak pun dapat menggunakan sepeda lipat Ayahnya. Hal ini juga terkadang menjadi pertimbangan dalam membeli sepeda lipat, seperti all in one.

Cek Produk Sepeda Lipat Di Sini

Pilih yang mana?

Nah setelah mendapat alasan yang cocok kenapa pilih sepeda lipat, ada juga yang harus ikut dipertimbangkan, yaitu jenis sepeda lipat yang akan dipilih. Apa saja yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih sepeda lipat? Berikut ini coba akan kami jelaskan ya.

1. Harga

Dari segi Harga, sepeda lipat hampir sama dengan sepeda lainnya, yaitu sangat beragam. Hal ini disebabkan banyak faktor, seperti spesifikasi komponen, teknologi lipatan, bahan frame, dan brand. Dari harga ini lah kita dapat menentukan di kisaran mana sepeda lipat yang paling cocok sesuai budget , juga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita dalam aktivitas bersepeda.

2. Jenis Lipatan

Sepeda Lipat

Secara umum sepeda lipat yang banyak beredar di indonesia dibagi menjadi 2 jenis lipatan, yaitu dua lipatan dan tiga lipatan. Yang jadi pembeda umum adalah kubikasi sepeda setelah dilipat. Sepeda 3 lipatan lebih kecil kubikasinya saat dilipat dibanding sepeda dengan 2 lipatan. Namun ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang dapat kita rangkumkan nih.

Sepeda 2 lipatan :

Kelebihan :

  • Ukuran ban yang beragam tanpa terpengaruh sistem lipatan antara 12-22inch
  • Groupset yang digunakan merupakan groupset umum yang sering dijumpai pada kebanyakan sepeda lain, sehingga selain mudah perawatannya, juga tidak sulit dalam penggantian parts.
  • Modifikasi yang bisa dibilang tanpa batas, memungkinkan mix and match product.
  • Harga relatif lebih murah.

Kekurangan :

  • Lipatan yang kurang ringkas dan pratis saat dibawa-bawa, terutama apabila ruang penyimpanan kecil.

Sepeda 3 lipatan :

Kelebihan:

  • Dalam kondisi terlipat, seli lebih ringkas dari tipe 2 lipatan.
  • Biasanya menggunakan internal gear hub yang minim perawatan

Kekurangan :

  • Spareparts agak sulit ditemukan, karena belum terlalu umum di pasaran indonesia.
  • Modifikasi terbatas.
  • Ukuran ban harus menyesuaikan lipatan frame, biasanya terbatas hanya di ring 16inch
  • Harga relatif lebih mahal.

Jadi untuk sobat yang lebih menginginkan peforma dan modifikasi parts, sepeda 2 lipatan bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk goweser yang lebih menginginkan sepeda lipat yang lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa, sepeda 3 lipatan sangat cocok untuk aktivitas tersebut.

Halo, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap

Chat Sekarang