icon-bbm

|

Bersepeda, Pakai Sepatu yang Mana?

Sepatu sepeda adalah peralatan bermain sepeda yang sering dianggap sepele. Kebanyakan orang tidak menganggap penting sepatu saat bersepeda. Biasanya mereka memakai sepatu apa saja, kebanyakan yang digunakan adalah sepatu olahraga atau sepatu kets. Bahkan ada juga yang cukup dengan memakai sandal.

Padahal sepatu sepeda ini penting dalam mendukung aktivitas bersepeda. Sepatu yang dirancang untuk bersepeda ini akan membantu mengayuh pedal atau pedaling dengan sempurna. Selain itu juga berguna sebagai pelindung kaki dan grip, khususnya di medan off road.

(sepatu off road (foto: shimano.com))

Sepatu sepeda ada dua jenis, sesuai dengan medan sepeda, yaitu sepatu road dan off road. Kedua jenis sepatu ini mudah dibedakan dari permukaan tapak atau solnya. Sepatu road cenderung rata dengan sedikit grip, sementara sepatu off road biasanya banyak grip hingga membentuk seperti gigi atau sepatu bola. Ini mengacu pada fungsi untuk menapak di dua medan yang berbeda. Sepatu road untuk menapak medan aspal yang keras, tatis, dan ada grip, sementara off road medanya cenderung beragam dari tanah sampai batu dan cenderung licin.

Kedua sepatu itu rata-rata dilengkapi dengan cleat yang bisa diikatkan dengan pedal khusus. Ini dimaksudkan untuk membantu pedaling. Dengan sepatu yang mengikat ke pedal maka gowesan akan sangat terbantu. Sebab saat satu kaki menekan pedan kaki lainnya akan menarik pedal.

(sepatu road (foto:shimano.com))

Tetapi tidak semua sepatu sepeda memakai cleat atau clipless pedal. Ada juga beberapa sepatu sepeda, biasanya off road yang tidak memakai. Misalnya adalah sepatu untuk Down Hill (DH) atau sepatu untuk dirt jump dan sebagainya. Sementara bagi penggowes off road XC alias cross country rata-rata biasanya memakai cleat untuk bisa mendapat efektifitas pedaling.

Memakai cleat atau tidak, sepatu sepeda penting untuk bersepeda. Ini karena sepatu ini memang dirancang untuk bersepeda. Jadi daya tahan dan fungsi sepatu jelas dirancang untuk digunakan bersepeda. Lalu apakah sepatu olahraga lain atau sepatu kets tak bisa digunakan bersepeda? Jawabannya tentu saja bisa, namun tidak efektif dan bisa menimbulkan masalah.

Banyak pengalaman pesepeda, terutama di medan off road, yang akhirnya mendapat hambatan gara-gara sepatu. Kabanyakan pesepeda off road yang tidak memakai sepatu sepeda memakai sepatu lari yang juga memiliki grip untuk medan trail/off road. Namun karena sepatu lari tidak dirancang untuk pedaling maka rasanya tentu tidak senyaman sepatu sepeda.

Selain itu kekuatan sepatu ini di medan off road juga tak sebaik sepatu sepeda. Biasanya masalah yang dihadapi sepatu ini adalah tak tahan air dan tekanan, lalu solnya terkelupas. Selain itu grip sepatu ini juga kurang baik karena tidak dirancang untuk bersepeda off road. Grip sepatu yang tidak dirancang bersepeda di medan off road biasanya licin dan membuat pesepeda terpeleset di trek.

Lalu bagaimana dengan sepatu kets yang digunakan untuk bersepeda road? Jawabannya sama, bisa saja. Sepatu kets tidak akan mendapat masalah kerusakan sepatu ketika digunakan untuk trek jalan raya, sebagaimana sepatu kets digunakan off road. Paling jika gowes road tidak memakai sepatu khusus sepeda, tidak akan mendapatkan efektivitas pedaling dan tidak akan mendapatkan kenyamanan gowes seperti dengan menggunakan sepatu sepeda yang geometrinya memang dirancang untuk menggenjot pedal.

pedal cleat off road (foto: shimano.com)

Nah, sekarang Anda mau memakai sepatu sepeda yang mana? Anda dapat mulai menentukan sepatu mana yang akan Anda gunakan untuk menemani hobi bersepeda Anda. Apapun pilihan Anda, pastikan ia cocok dengan karakteristik bersepeda dan juga budget yang Anda miliki.

Temukan Sepatu Sepeda diĀ sini.

Sumber : duniadian.com

Artikel Terkait