30 May 2022 / Inspiration

2 Minggu Jadi Habit! Yuk Hidup Lebih Sehat!

Kebiasaan hidup sehat pasti menjadi impian bagi setiap orang, namun karena habit setiap orang berbeda satu sama lain, terkadang bisa menjadi faktor kegagalan untuk memiliki kebiasaan hidup yang lebih sehat. Namun jangan kawatir! tentu kita bisa berusaha untuk ubah pola pikir dengan cara menerapkan 2 minggu jadi habit! dengan menerapkan kebiasaan tersebut, tubuh akan terbiasa menerima perubahan dan bisa menjadi kebiasaan yang berulang terus menerus.

<a href='https://www.freepik.com/psd/bad-habits'>Bad habits psd created by freepik - www.freepik.com</a>

Untuk memulai pola hidup sehat, tentu kita tidak perlu langsung mengubah 100% kebiasaan kita ya SobatSS! kita bisa mengubahnya secara perlahan, supaya tubuh tidak kaget dan bisa berjalan terus lebih lama.

Bagaimana cara memulai 2 minggu jadi habit ?

1. Pelan-pelan ganti kebiasaan!

jika biasanya kamu selalu mengkonsumsi minuman kemasan, cobalah untuk menggantinya dengan air mineral! sama sama melegakan dahaga namun air mineral lebih sehat! selain minuman kemasan, kamu juga bisa mengganti gula pasir dengan madu atau stevia. Tahukah kamu ? Gula pasir mempengaruhi kerja hormon insulin yang menyebabkan diabetes, hipertensi, penyumbatan darah, dan kolesterol tinggi. Selain membatasi atau mengganti gula, kamu juga bisa mengganti nasi putih dengan karbohidrat yang lebih kompleks seperti nasi merah, umbi-umbian, dan oatmeal.

<a href='https://www.freepik.com/photos/kitchen-food'>Kitchen food photo created by artursafronovvvv - www.freepik.com</a>

2. Olahraga tipis-tipis!

jika biasanya kamu jarang olahraga, ganti kebiasaan dengan berolahraga tipis-tipis yuk! misalnya, SobatSS bisa mulai dengan jalan kaki setiap pagi atau sore hari. kemudian dinaikan intensitasnya dari yang hanya jalan kaki, jadi jogging. Selain jalan kaki/jogging, kamu bisa mix dengan olahraga lainnya seperti mengadopsi gerakan senam yang ada di youtube ya! ohiya bagi kamu yang sering berpergian menggunakan kendaraan umum, kamu bisa mengganti kebiasaan itu dengan menggunakan sepeda loh! selain lebih sehat, tanpa kamu sadari penggunaan sepeda sebagai transportasi pengganti, sangat berpengaruh pada kesehatan kamu loh!

<a href='https://www.freepik.com/photos/bussines-man'>Bussines man photo created by katemangostar - www.freepik.com</a>

Temukan sepeda impian kamu di sini! 

3. Atur pola makan!

jika kamu sudah pelan-pelan mengurangi kebiasaan yang kurang sehat, maka mengatur pola makan bukanlah tantangan yang sulit lagi nih SobatSS! jika biasanya kamu harus makan 3 centong nasi dengan 2 potong lauk, kamu bisa mengurangi 1 centong nasi dan menggantinya dengan 1 mangkuk sayuran hijau! jadi isi piringmu adalah 2 centong nasi + 1 mangkuk sayuran hijai + 2 potong lauk.

Hal positif yang didapat dengan 2 minggu jadi habit :

  1. Cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
  2. Mengurangi risiko penyakit berbahaya.
  3. Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.
  4. Mood menjadi lebih baik.

jika dalam 2 minggu kamu bisa mengubah habit dari yang kurang baik hingga menjadi lebih baik, maka akan sangat mudah untuk kamu menerapkan habit hidup sehat terus-menerus kedepannya!

jadi bagaimana nih SobatSS? kapan kamu mau menerapkan 2 minggu jadi habit ?

Banyak promo sepeda terupdate di sini!