15 Dec 2020 / Product Knowledge

5 Mitos dan Fakta Frame Sepeda Carbon yang Harus Kamu Ketahui!

Sepeda dengan frame carbon makin sering dijumpai dari tahun ke tahun tidak sedikit pula mitos yang berkembang di kalangan goweser mengenai frame carbon ini.

Berikut kami berikan 5 mitos dan fakta frame sepeda carbon yang harus kamu ketahui

  1. Frame Carbon Memerlukan Perawatan Extra

Faktanya setiap frame pada sepeda dengan material apapun memerlukan perawatan bahkan untuk alloy yang dianggap paling awet tetap memerlukan perawatan untuk mencegah korosi dan oksidasi. Pada dasarnya perawatan frame carbon sama dengan perawatan frame lain seperti alloy dan steel yaitu dengan menjaga kebersihan dan hindari dari kondisi lingkungan atau penyimpanan yang ekstrim misalnya disimpan di tempat lembab atau terjemur matahari terik.

2. Frame Sepeda Carbon Tidak Bisa Diperbaiki?

fakta frame carbon

Faktanya material frame sepeda carbon adalah material yang bisa diperbaiki namun memang diperlukan kemampuan dan pengetahuan khusus secara online di beberapa website kami sempat melihat beberapa jasa perbaikan frame carbon. Karena pembuatannya menggunakan lembaran carbon dan resin memungkinkan adanya proses “menambal” pada bagian-bagian yang rusak tapi sekali lagi ini hanya dapat dilakukan dengan bahan, teknik dan kemampuan khusus. Perbaikan yang kurang tepat bisa memperburuk kerusakan lho.

3. Frame Carbon Memiliki Umur Pakai?

Faktanya tiap material sepeda baik carbon, alloy, titanium dan steel pasti memiliki umur dan estimasi pemakaian misalkan untuk alloy umur efektifnya berkisar 5 – 7 tahun sama halnya dengan material lain carbon juga memiliki masa pakai rata-rata 5 – 7 tahun namun bukan berarti setelah 5 tahun frame akan rusak ya.

fakta frame carbon
Frame setelah 5 tahun rawan timbul retak

tapi secara sedikit demi sedikit akan semakin berkurang kekuatannya dan pada akhirnya timbul retak dan akhirnya patah namun hal ini sangat dipengaruhi oleh gaya berkendara dan tekanan pada frame dalam jangka waktu yang panjang jadi sangat wajar dan masuk akal apabila pabrikan sepeda memberikan garansi frame 5 tahun untuk semua jenis material framenya.

Untuk beberapa produsen sepeda carbon diproduksi dengan resin yang berkualitas tinggi dan sanggup memberikan garansi seumur hidup untuk frame carbon yang mereka produksi jadi dapat disimpulkan bahwa belilah frame carbon dengan garansi yang jelas agar gowes bebas was-was dan menyenangkan tidak kalah dengan brand luar kebanyakan sepeda carbon brand lokal dibekali garansi frame 5 tahun lho.

4. Carbon Lebih Ringan?

Secara umum memang carbon diciptakan untuk memperoleh hasil frame yang lebih ringan dibanding material lain namun faktanya banyak dijumpai frame alloy yang memiliki bobot lebih ringan dibandingkan frame carbon.

Hal ini bisa terjadi karena 2 faktor:

  • Frame carbon yang dibuat dengan resin dan carbon layer yang berkualitas rendah sehingga membutuhkan ketebalan lebih untuk menghasilkan frame dengan ketahanan tertentu
  • Frame alloy yang di produksi dengan material kualitas tinggi atau premium misalkan alumunium seri 7 dan modifikasinya

5. Carbon Paling Ringkih?

Frame carbon mampu bertahan dari tekanan 930 kg dibandingkan alloy yang hanya mampu bertahan dari tekanan 665 kg

Mitos ini paling banyak ditemui dan didengar di kalangan goweser, faktanya frame carbon yang di produksi dengan baik akan memiliki daya tahan yang lebih kuat dan bobot yang lebih ringan dibanding materil lain. Sudah terbukti dari berbagai tes bahwa versi carbon memiliki daya tahan melebihi versi alloy jadi tidak perlu lagi ragu dengan kekuatan frame carbon.

Nah itu dia tadi 5 mitos dan fakta frame sepeda carbon. lebih jelasnya bisa menyimak video dari channel youtube Serbasepeda dibawah ini.

Serbasepeda menjual beragam frame berkualitas dan bergaransi resmi, kalian bisa cek di link berikut ini.