14 Jan 2021 / Tips & Trick

5 Tips Merawat Sepeda Lipat Agar Awet Bertahun-Tahun

Bagi kamu pemula dalam bersepeda dan baru mempunyai sepeda lipat ada beberapa tips yang harus kamu lakukan agar sepeda lipat kamu awet dan tahan lama.

Setiap pemilik sepeda wajib merawat sepeda lipat miliknya bila ingin tahan lama oleh karena itu perawatan sepeda lipat harus dilakukan secara berkala agar performanya tidak turun. 

Perawatan sepeda lipat bisa dilakukan sendiri di rumah. Tapi untuk perawatan tertentu sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. 

Berikut ini kami bagikan 5 tips merawat sepeda lipat yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Sepeda Lipat

Kelebihan sepeda lipat terletak pada kompabilitasnya karena mudah disimpan dan menghemat tempat. Tetapi kamu juga harus memperhatikan tempat penyimpanan sepeda lipat karena jika disimpan sembarangan justru akan merusak sepeda lipat. Jika sedang tidak digunakan, simpan sepeda lipat di tempat yang mudah dilihat dan yang aman dari debu dan air. Kamu juga harus menyimpan sepeda lipat dalam posisi yang benar yakni tetap terlipat dua, berdiri, memanjang, atau digantung.

Agar awet kamu bisa membungkus sepeda dengan kain atau plastik transparan agar tidak berdebu. Tapi ingat jangan letakkan benda-benda lain di atas sepeda lipatmu karena hanya akan membuat sepedamu jadi lebih cepat rusak.

2. Rutin cek tekanan ban 

Sebelum gowes, Anda sebaiknya selalu memeriksa tekanan ban. Usahakan ban sepeda lipat tidak terlalu keras dan tidak terlalu kempes. Hal ini penting agar ban sepeda tidak cepat rusak. 

3. Lumasi bagian penting sepeda lipat

5 tips merawat sepeda lipat

Bagian-bagian yang penting di sepeda lipat antara lain rem, rantai, dan kabel shifter dan ketiga bagian itu yang menentukan sepeda kamu bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Maka jangan lupa untuk melumasi ketiga bagian tersebut namun lebih baik hindari menggunakan pelumas WD-40 atau penetrant sejenis lainnya karena bisa membuat bagian-bagian penting sepeda jadi aus.

Gunakan pelumas khusus sepeda kemudian oleskan bagian penting sepeda dengan pelumas secara berkala untuk menghindari karat dan aus. Sepeda yang jarang diberi pelumas bisa membuat rantai kering dan berisik.

Perlu diingat agar kamu jangan menggunakan oli bekas mobil atau motor untuk oli rantai sepeda. Sebab, oli bekas tersebut akan membuat rantai sepeda mudah kotor. 

4. Bersihkan body sepeda 

Bagi kamu yang rutin bersepeda setiap hari atau setiap minggu jangan lupa untuk membersihkan body sepeda secara rutin. 

Anda bisa membersihkan body sepeda dengan lap basah. Bila sepeda lipat kotor sekali, Anda bisa cuci steam sepeda tersebut. 

5. Rawat sambungan rangka sepeda lipat

Sambungan rangka merupakan bagian terpenting dari sepeda lipat oleh karena itu kamu harus merawat bagian ini dengan baik. Sepeda lipat yang nggak bisa dilipat optimal tentunya akan memengaruhi kenyamananmu, kan.

Bila memungkinkan bongkar sambungan rangka dan berilah pelumas atau grease di bagian lipatan. Tidak perlu menggunakan grease yang tahan panas karena engsel sepeda tidak akan terlalu panas walau dijemur di bawah sinar matahari. Cukup gunakan grease yang mengandung silikon, teflon, atau white lithium.

Itulah 5 tips merawat sepeda lipat dari kami tim SerbaSepeda. Bagi yang berminat konsultasi mengenai sepeda bisa kunjungi toko sepeda kami di Jabodetabek.