21 Jun 2017 / Inspiration

7 Tempat Asyik Bersepeda Di Jakarta

SobatSS tinggal di Jakarta dan suka bersepeda? Jangan cuma sekedar bersepeda di sekitar komplek rumah, coba beberapa lokasi asyik bersepeda di Jakarta berikut yuk!

1. Car Free Day
Semenjak tahun 2008, Car Free Day atau hari bebas kendaraan sudah mulai diterapkan pada jalanan protokol Jakarta (Sudirman dan MH Thamrin). Setiap hari minggu jalanan tersebut akan ditutup dari pagi hari (pukul 06.00) s/d jam 12:00 WIB. Dilokasi ini, para pesepeda dapat menikmati jalanan ibu kota yang mulus tanpa halangan kendaraan bermotor satu pun.

2. Taman Impian Jaya Ancol

Bersepeda sambil menikmati pemandangan pantai di Taman Impian Jaya Ancol bakal jadi keguatan menyenangkan di akhir pekan. Obyek wisata yang akrab disapa Ancol ini, memang nggak pernah sepi pengunjung. Dengan biaya tiket masuk yang murah, kamu bisa bersepeda keliling Ancol dengan nyaman sambil rekreasi. Buat kamu yang nggak bawa sepeda, jangan khawatir, kamu bisa sewa sepeda. Biar lebih hemat, sebaiknya kamu membawa sepeda sendiri aja.

Sambil bersepeda, kamu bisa sekalian mampir ke Pasar Seni, kalau di akhir pekan biasanya ada pertunjukan band yang bisa kamu nikmati sambil beristirahat. Selain itu, kamu juga bisa santap siang, bermain di pantai dan lain-lain. Jika mau mencoba suasana baru, lebih enak bersepeda di Ecopark-nya.

3. Monumen Nasional (MONAS)

Tentunya, banyak banget hal yang bisa kamu lakukan di Tugu Monas. Selain piknik, berfoto, bermain layangan, dan masuk ke dalam tugu Monas, bersepeda sambil menikmati keramaian kota Jakarta juga bisa kamu lakukan. Kamu bisa bersepeda dengan tenang dan nyaman tanpa terganggu dengan kendaraan lainnya.

Bersepeda di Monas memang paling pas. Selain biaya parkir kendaraan pribadi kamu nggak dipungut biaya (kecuali kalau masuk ke dalam tugu), terdapat juga jasa penyewaan sepeda.

4. Kota Tua

Sebelum mobil dan motor berjamur seperti sekarang, masyarakat Indonesia zaman dulu nggak bisa lepas dari yang namanya sepeda sebagai alat transportasi. Yuk, kembali bernostalgia kembali ke kehidupan Indonesia tempo dulu dengan bersepda di kawasan Kota Tua. Uniknya, jalanan di Kota Tua dikelilingi bangunan antik, tua, dan bersejarah. Jadi, sambil bersepeda, kamu bisa foto-foto juga, deh.

5. Taman Mini Indonesia Indah

Alasan utama bahwa lintasan ini direkomendasikan adalah karena dapat berekreasi keliling indonesia. Yak, karena hanya ditempat inilah miniatur dari seluruh pulau serta propinsi di Indonesia bisa ditemukan. Bagi yang sering bersepeda bersama keluarga, lokasi ini sangat bagus karena dapat menjadi ajang edukasi untuk anak-anak juga.

6. Taman Margasatwa Ragunan

Bersepeda sambil ditemani dengan beraneka ragam flora dan fauna di Taman Margasatwa Ragunan, tentu nggak bakal bikin bosan. Kalau sudah lelah berkeliling, kamu bisa berhenti sejenak sambil menikmati atraksi hewan di sana, seperti atraksi gajah atau memberi makan harimau. Kalau sudah puas mengendarai sepeda di lahan seluas 147 hektar ini, kamu juga bisa mengendarai kuda, unta, atau gajah. Sambil wisata dengan bersepeda, sambil belajar pula.

7. Banjir Kanal Timur

Rute Banjir Kanal Timur (BKT) sering digunakan oleh pesepeda kantoran atau bike to work. Bertempat di daerah Duren Sawit, rute ini berada tepat disamping Kanal atau sungai besar yang berfungsi sebagai penampungan air ketika banjir. Panjang lintasannya sendiri kurang lebih 6,7 kilometer dilengkapi pemandangan serta taman yang bagus di pinggir lintasan.

Dikutip dari:

  • ergyjersey.com
  • pegipegi.com