01 Feb 2021 / Tips & Trick

8 Tips Penting Untuk Pesepeda Pemula

8 tips penting untuk pesepeda pemula ini akan sangat berguna jika Anda baru mengenal bersepeda. Bagi pesepeda pemula yang baru saja gowes karena COVID-19 kami ucapkan selamat bagi Anda karena telah melewati 2020 dengan selamat dan mari kita sambut 2021 dengan sukacita.

8 tips bersepeda

Selain mengetahui aturan dasar di jalan raya, ada juga serangkaian aturan tidak tertulis untuk pesepeda.

Kami mengumpulkan kiat bersepeda pemula terbaik untuk membantu Anda melaju dengan sepeda Anda. Ini bukanlah aturan; itu hanyalah saran dan perbaikan sederhana yang akan membuat berkendara lebih aman dan menyenangkan.

Berikut ini 8 tips penting untuk pesepeda pemula.

1. Atur Tinggi Tempat Duduk Anda dengan Benar

Mengalami nyeri di bagian depan lutut? Tempat duduk Anda mungkin terlalu rendah, menyebabkan Anda terlalu melebar saat mengayuh pedal. Ini adalah kesalahan umum di kalangan pemula karena kebanyakan orang merasa lebih nyaman dan percaya diri jika kaki mereka bisa mencapai tanah. Tetapi memiliki ketinggian sadel yang salah bisa membuat Anda berisiko mengalami cedera.

Cara memperbaiki: Naikkan sadel Anda.

Pada ketinggian tempat duduk yang tepat, lutut Anda harus sedikit ditekuk di bagian bawah kayuhan pedal Anda, tanpa mengguncang panggul Anda. Ukur jarak antara braket bawah dan bagian atas jok. Ini adalah ketinggian tempat duduk Anda. Ini harus sangat dekat dengan hasil kali inseam Anda (dalam sentimeter) dikalikan dengan 0,883. Jika Anda membutuhkan bantuan, pergilah ke toko sepeda terdekat. Staf akan dengan senang hati mengatur Anda dan berbagi ketinggian sadel Anda. Kemudian, bersiaplah untuk mengangkat diri Anda dari pelana dan mengangkangi top tube sehingga kaki Anda dapat menyentuh tanah saat Anda berhenti. Ini membantu untuk mencondongkan setang ke arah kaki yang ingin Anda letakkan.

2. Jangan Pikirkan Tentang Perlengkapan Anda

Tidak perlu pakaian mewah, sepatu jepitan, atau sepeda berkualitas untuk menjadi pengendara sepeda. Memang, peralatan yang apik bisa membuat perjalanan sangat menyenangkan, tetapi tidak ada yang lebih menyenangkan daripada bersepeda secara sederhana namun aman dan nyaman. Hal yang penting adalah Anda segera keluar dan berkendara — dan khawatir tentang potensi peningkatan gigi nanti. Anda pasti membutuhkan beberapa hal untuk memulai (sepeda dan helm, tentu saja), tetapi jangan khawatir tentang membuang banyak uang untuk membeli perlengkapan baru yang mewah.

3. Menjaga Sepeda Anda Terawat

Anda tidak perlu menjadi ahli dalam menjaga hal-hal dasar. Perawatan rutin — seperti melumasi rantai Anda — tidak hanya akan menghemat banyak uang di toko sepeda, tetapi juga akan memperpanjang umur sepeda dan komponen Anda.

Menjaga jumlah angin yang disarankan untuk ban Anda (lihat ke atas ban Anda untuk menemukan kisaran psi) membuat perjalanan Anda jauh lebih mudah, juga, dan memperpanjang umur ban Anda.

4. Hindari Melakukan Terlalu Banyak Terlalu Cepat

Salah satu sumber cedera terbesar berasal dari mencoba mengambil jarak yang terlalu jauh sebelum Anda siap. Bangun perlahan, santai, dan berikan waktu tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan jarak baru. Demikian pula, jika Anda sedang dalam bersepeda santai, jangan memulai terlalu cepat dan berisiko kelelahan selanjutnya sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan. Lakukan pemanasan selama sepertiga pertama perjalanan, lalu selesaikan ritme untuk yang kedua, dan berikan semua yang Anda miliki untuk sepertiga terakhir.

5. Bawalah Ban Cadangan atau Toolset Sepeda

Jalanan selalu menyediakan kejutan tak terduga, jika rencana cadangan ban kempes Anda adalah menelepon teman, luangkan beberapa menit dan lihat panduan ini untuk mengganti tabung atau menambal satu. Anda tidak akan percaya betapa Anda akan merasa lebih mandiri dengan alat yang tepat di tangan — ban cadangan dan toolset yang terdiri dari kit tambalan, tuas ban, dan pompa mini — dan pengetahuan untuk kembali bekerja di 15 menit.

6. Gunakan Gir Anda

Roda gigi adalah teman terbaik Anda dalam bersepeda di tanjakan dan sumber kecepatan terbesar Anda di jalan yang panjang dan bergelombang. Namun, dibutuhkan sedikit latihan untuk memahami kapan dan bagaimana cara mengganti gigi Anda yang paling efisien.

7. Pelajari Cara Berkendara dalam Grup

Perjalanan berkelompok memiliki protokol dan etiket mereka sendiri jika tidak berhati-hati mudah menyebabkan kecelakaan jika perjalanan Anda tidak dapat diprediksi. Jika ini pertama kalinya Anda berkendara dengan grup baru, nongkrong di belakang, amati, dan minta bantuan jika Anda membutuhkannya. Tidak ada pertanyaan yang merupakan pertanyaan bodoh ketika keselamatan Anda sendiri dan keamanan kelompok dipertaruhkan.

8. Ingatlah untuk Mengisi Ulang

Jika Anda hanya bersepeda selama satu jam, Anda seharusnya memiliki air tetapi tidak benar-benar perlu makan. Jika Anda berencana bersepeda selama dua jam atau lebih, bawalah makanan ringan dan mulailah makan selama 45 menit hingga satu jam setelah berkendara. Terus makan dalam jumlah kecil setiap 15 sampai 20 menit atau lebih. Lupa mengisi bahan bakar dapat membuat tubuh Anda mengalami defisit dan menyebabkan Anda gila — atau mengalami keadaan hipoglikemik. Kelelahan, mudah tersinggung, pusing, mual, kebingungan — ini bukanlah cara yang benar untuk menyelesaikan perjalanan.

Itulah 8 tips penting bersepeda bagi pemula bagi yang ingin membeli sepeda atau beragam kebutuhan sepeda lainnya bisa berkunjung ke toko serba sepeda yang berlokasi di Jabodetabek atau toko online serbasepeda.com.