24 Feb 2021 / Product Knowledge

Ban Sepeda Lipat 16 Inci VS 20 Inci Mana Yang Lebih Bagus?

Ban sepeda lipat pada awalnya berukuran 20 inci untuk sepeda lipat 2 lipatan dan 16 inci untuk sepeda lipat 3 lipatan. Saat ini sepeda lipat 2 lipatan banyak diproduksi dengan ban ukuran kecil atau mini yaitu 16 inci, lantas mana yang lebih bagus?

Kita sekarang lihat contoh dari sepeda lipat yang menggunakan ban 16 inci yakni Pacific Noris 2.1 dimana sebelumnya diproduksi dengan ukuran ban 20 inci di Pacific Noris 1.0 mari kita coba bandingkan.

Memang jika dilihat dari perbandingan ukuran, sepeda lipat 16 inci lebih ringkas dalam posisi terlipat dibandingkan sepeda 20 inci. Bahkan dalam posisi normal ban sepeda lipat 16 inci terlihat simple dan minimalis.

Namun yang perlu digaris bawahi sepeda lipat 16 inci bukan untuk goweser yang berpostur badan lebih kecil atau anak-anak yah sifatnya masih umum untuk semua kalangan hanya dibedakan dari ukuran ban saja.

Bagaimana SobatSS menurut kamu lebih baik 16 Inci atau 20 Inci, komen dibawah ya 🙂

Jelasnya kita lihat saja spesifikasi sepeda lipat Pacific Noris 2.1 16 Inci.

Frame

Frame sepeda lipat ini bermaterial Alloy dengan bentuk yang mirip dengan Pacific Noris 1.0 namun geometri dan wheel clearance-nya berbeda jadi jangan coba-coba untuk ganti rodanya jadi 20 Inci karena pasti tidak muat.

Fork

Untuk fork yang digunakan berbahan steel apabila dilihat perbandingan tubingnya yang besar dengan ukuran roda yang kecil sangat memberi kesan sepeda ini minimalis ya.

Komponen

Dari segi komponen seperti Handlepost Teleskopik, handlebar, seatpost dan saddle masih sama dengan Pacific Noris 1.0 20″ yang artinya kenyamanan berkendara sepeda lipat 16 inci ini masih identik dengan versi 20 inci-nya.

Groupset

Dari segi groupset sepeda ini memiliki groupset 1×8 speed namun yang menjadi pembeda utama dari pendahulunya adalah RD yang digunakan. Dimana versi 20 Inci menggunakan Shimano Tourney RD-TX800 8 speed medium cage untuk versi 16 inci ini menggunakan RD Black Box 8 speed short cage tujuannya jelas ya untuk meminimalisir resiko RD membentur permukaan tanah atau aspal.

Pengereman

Dari segi pengereman sepeda ini menggunakan rem mekanik disc brake dilengkapi rotor 6 baut berukuran 160mm depan dan belakang.

Wheelset

Dari segi wheelset terdiri dari rims alloy double wall deep V dengan model yang keren yah. Selain itu dilengkapi juga dengan Hub Freehub Quick Release. Untuk ban dipersenjatai ban dengan ukuran 16 x 1,5 inci dengan motif semi slick sangat cocok untuk segala kondisi jalanan. Pada ban dalam juga sudah menggunakan pentil schrader sehingga tidak memerlukan adaptor untuk memompa

Berat

Berat Pacific Noris 2.1 : 12,51 Kg

Wah cukup ringan ya jika dibandingkan pendahulunya yakni Pacific Noris 1.0 yang memiliki berat 13,88 Kg. Dengan bobot yang lebih ringan maka akan lebih mudah dalam memindah-mindahkan sepeda terutama saat commuting.

Harga dan kesimpulan

Harga Pacific Noris 2.1 : Rp 5.150.000

Sayangnya stok sepeda ini sekarang sudah sold out namun jangan khawatir kita akan terus update stok sepeda lipat terbaru di website dan social media kami jadi ikuti saja ya.

Jadi kesimpulannya sepeda lipat dengan ban 16 inci cocok buat SobatSS yang mencari sepeda lipat dengan bentuk dan kubikasi lebih kecil dibanding versi ban sepeda lipat 20 inci namun walaupun lebih kecil tetap memiliki performa yang dapat diandalkan untuk olahraga jarak dekat di perkotaan.

Lebih jelasnya kita lihat tabel perbandingan antara ukuran ban dibawah ini

Review lengkapnya kamu bisa lihat pada video dibawah ini.