02 Jul 2022 / Product Knowledge

Beda Cassette dan Freewheel pada Sprocket!

Sprocket adalah gear yang ada di bagian belakang sepeda yang menempel dengan hub atau poros roda belakang dan terdiri dari lempengan gear atau cog. Fungsi dari sprocket adalah sebagai gigi penggerak roda. Sprocket sendiri memiliki 2 jenis, yaitu Freewheel dan Cassette. Banyak yang belum tahu kalau 2 jenis sprocket ini berbeda, berikut merupakan perbedaan dari antara cassette dan freewheel.

Perbedaan Freewheel dan Cassette

1. Umumnya freewheel menggunakan sistem thread atau ulir untuk cara bongkar pasangnya, sedangkan cassette menggunakan sistem splines atau ada jalur memanjang tempat memasang sprocketnya seperti memasang kaset pada tape recorder.

Pilihan Sprocket di SerbaSepeda

2. Cassette memiliki pengunci terpisah atau lock ring sedangkan freewheel tidak memiliki pengunci yang terpisah.

3. Saat berputar, pengunci pada cassette atau lock ring ikut berputar dengan gigi penggerak. Sedangkan pada freewheel tidak ikut berputar karena freewheel tidak menggunakan body freehub.

4. Body cassette terpisah dengan sprocketnya sedangkan freewheel menyatu atau tidak terpisah menjadi satu kesatuan.

5. Pada cassette sprocket biasanya terbagi menjadi beberapa kelompok cog atau chain ring yang terpisah sedangkan pada freewheel satu gabungan chainring saja.

6. Untuk membukanya freewheel cukup diputar pada bagian penguncinya ke arah belakang sepeda, sedangkan cassette memerlukan penahan sprocket supaya tidak ikut bergerak juga ke arah belakang sepeda.

Freewheel

Freewheel

7. Pada cassette umumnya dimulai dari 8 speeed hingga 12 speed untuk saat ini, sedangan freewheel paling umum adalah 5, 6, 7 & 8 speed. Ada pula yang sampai 9 speed tetapi jarang.

Freewheel Shimano

Kesimpulannya karena freewheel tidak menggunakan body freehub yang terpisah dan masih menggunakan ball bearing pasti ada kemungkinan sedikit pergeseran pada saat berputar sehingga ketika berputar akan bergoyang.