18 Oct 2020 / Inspiration

Bersepeda di Musim Hujan

Halo SobatSS, sekarang kita sudah memasuki musim hujan nih. Mungkin diantara kita sekarang ada yang berpikir untuk mengistirahatkan sepedanya dan santai sejenak hingga musim hujan berakhir. Tapi, kalau kata kami, tetap lanjutin aja bersepedanya. Tapi tentunya dengan ditambah beberapa persiapan biar SobatSS tetap nyaman bersepeda.

Yuk simak beberapa persiapan bersepeda saat hujan dari Serba Sepeda.

  1. Fender/Spakbor

Fender/Spakbor adalah komponen yang sering dipandang sebelah mata. Terutama pada saat cuaca cerah. Padahal, selain bisa menambah estetika dari sepeda, spakbor juga penting untuk menghadang cipratan-cipratan yang disebabkan oleh genangan air yang kita lalui selama perjalanan.

Tapi berhubung saat ini adalah musim hujan, spakbor adalah benda yang wajib banget kalian punya. Dapatkan spakbor untuk sepedamu di sini.

  1. Jas Hujan
Source: jakartanotebook.com

Untuk menjaga pakaianmu tetap kering, gunakan jas hujan. Untuk opsi lain, kalian juga bisa menggunakan rompi sepeda yang hardsheel.

  1. Cycling Caps dan Kacamata
Source: spinwarriors.com

Brim dari cycling caps akan melindungi air yang masuk ke mata dari atas. Sedangkan kacamata akan melindungi air yang masuk ke mata dari bagian depan. Kedua hal ini adalah sesuatu yang penting untuk dipakai saat hujan.

Kalian bisa cek koleksi kacamata SerbaSepeda di sini dan cycling caps di sini.

  1. Lampu Sepeda Anti Air

Kondisi jalan saat hujan akan mempengaruhi pengelihatan orang sekitar. Karenanya, memiliki lampu depan dan belakang adalah sesuatu yang tidak bisa ditoleransi saat hujan. Selamatkan diri kalian dengan memberi tanda berupa lampu yang berkelip pada pengguna jalan yang lainnya.

Cek koleksi lampu sepeda yang ada di SerbaSepeda di sini.

  1. Bag Cover/Tas anti air

Tas anti air sangat berguna untuk melindungi peralatan elektronik yang kalian bawa agar tidak rusak serta baju ganti agar tidak basah. Sebagai alternatif, kalian juga bisa siapkan bag cover ataupun kantong plastik. Sebagai antisipasi jika tas kalian tidak anti air.

SobatSS bisa cek berbagai tas yang tersedia di SerbaSepeda di sini.

  1. Rendahkan tekanan ban
Source: sepeda.me

Jalan yang licin otomatis bikin ban gampang slip. Perluas contact point ban sepedamu dengan merendahkan tekanan udaranya. Tentu akan ada sedikit penurunan kecepatan dengan manuver ini. Tapi keamanan tetap hal yang paling utama kan?

Pokoknya, kalau situasi sedang hujan, kita harus berorientasi terhadap keamanan. Karena keselamatan adalah yang paling utama. Jika situasi tak memungkinkan, sempatkanlah untuk menepi. Itulah tips bersepeda saat hujan dari kami, semoga bermanfaat. Sehat-sehat selalu ya, SobatSS.

Bagi kalian yang membutuhkan sepeda atau berbagai aksesoris sepeda bisa mengunjungi toko sepeda Serbasepeda di Jabodetabek atau ke toko sepeda online kami.