05 Jan 2022 / Inspiration, Tips & Trick

Bikin MTB Nyaman Pas di Aspal!

Meski MTB atau Sepeda Gunung peruntukannya untuk jalanan offroad, tidak sedikit pengguna MTB malah lebih sering menggunakan sepedanya di medan jalan beraspal loh SobatSS! Banyak juga dari mereka yang mengeluhkan tidak nyaman saat menggunakan MTB di jalan beraspal, salah satu faktornya adalah berat ketika mengayuh. Pada kesempatan ini, kami mau memberikan sedikit tips bagaimana caranya supaya MTB lebih nyaman digunakan pada jalan beraspal, yaitu :

1. Ban

Tips yang pertama adalah mengganti ban luar, dengan lebar yang lebih kecil dan kembang roda yang lebih halus dari ban sebelumnya. Ban merupakan hal yang paling penting dalam sebuah sepeda nih! kenapa ganti ban menjadi salah satu kunci kenyamanan MTB pada saat di jalan aspal ? karena umumnya ban MTB lebar dan kembang roda yang besar, hal itu membuat sepeda akan sangat berat jika penggunaannya hanya di jalan aspal.

Rekomendasi ban luar ntuk jalan aspal, ukuran 26″ dan 27.5″

Namun ketika mengganti ban luar, kamu juga harus memperhatikan hal berikut ya SobattSS :

  • Pastikan mengganti ban dengan diameter yang sama.
  • Pada saat kita mengganti ban luar, ban dalam juga harus diganti dengan ukuran yang sama ya! supaya ban dalam tidak bocor karena terlipat, yang diakibatkan oleh ukuran ban luar dan ban dalam yang tidak sesuai.
  • Pada saat memilih ban dalam, sesuaikan juga dengan ukuran pentil nya, apakah Presta atau Schrader. Jika velg sepedamu menggunakan pentil presta, maka  tidak bisa menggunakan ban dalam dengan pentil schrader. Sebaliknya, jika velg sepedamu menggunakan pentil schrader, maka kamu bisa menggunakan ban dalam dengan pentil presta, cukup menambahkan sebuah adaptor di lubang pentil.

Adaptor untuk Lubang Pentil (Schrader ke Presta)

Keuntungan dari ban yang lebih tipis adalah ban yang lebih ringan dan biasanya akan lebih mudah berputar. Ban yang lebih ringan lebih cepat berakselerasi, dan lebih mudah saat bermanuver.

2. Suspensi

Tips yang kedua adalah, pada saat melewati jalanan yang mulus, pastikan suspensi dalam kondisi terkunci / lock ya! supaya tidak terjadi bobbing atau mantul-mantul pada saat kita sedang gowes.

efek bobbing atau mantul-mantul ini akan kurang nyaman saat kita mengendarai sepeda di jalan aspal dan pada saat menanjak.

itu dia tadi sedikit tips dari SerbaSepeda! bagaimana ? kira-kira apa lagi yang harus ditambahkan, supaya MTB bisa lebih nyaman di medan aspal nih SobatSS? komen di bawah ya!