29 Dec 2020 / Tips & Trick

Cara Membersihkan Rantai Sepeda Secara Baik Dan Benar

Kali ini kami ingin membagikan tips membersihkan rantai sepeda dengan cara sederhana. Untuk membersihkan rantai sepeda yang kotor tidak membutuhkan alat khusus ya, hanya membutuhkan kain lap yang bersih, sedikit cairan pembersih dan cairan untuk melumasi pastinya atau seperti yang tertera di gambar.

cara membersihkan rantai sepeda
Alat untuk membersihkan rantai sepeda

Rantai sepeda yang kotor selain tidak enak dilihat juga dapat merusak komponen sepeda lainnya contohnya sudah banyak ya yang mengalami kerusakan rem atau remnya menjadi bunyi akibat oli di rantai terpental mengenai rem sepeda tanpa kita sadari saat kita sedang bersepeda.

Sebelum kita memulai untuk membersihkan rantai lebih baik kita cari alas dulu deh buat melindungi bagian sepeda supaya tidak kotor. Perlu diingat kalau kamu menggunakan cairan pembersih yang bukan tipe spray kamu bisa langsung membahasi kain lap tersebut dengan cairan yang kamu pakai.

cara membersihkan rantai sepeda

Jika menggunakan cairan pembersih dengan tipe semprot pasti akan lebih mudah lagi karena tinggal disemprotkan di rantai tapi jangan terlalu banyak kemudian setelah disemprotkan kita bisa langsung menggengam lantai tersebut sambil memutar bagian gir agar rantai semuanya bersih rata sampai tidak ada kotoran lagi yang menempel di bagian rantai itu.

cara membersihkan rantai sepeda

Usahakan sampai cairan pembersih sampai mengering di rantai tersebut karena nanti kalau dikasih pelumas, pelumasan rantai tidak akan berfungsi karena luntur terkena cairan pembersih lagi.

Kalau rantai sudah bersih dan kering setelah itu kita harus memberikan pelumas ke rantai, mau memberikan tipe tetes atau semprot hal yang paling penting sih jangan memberikan pelumas terlalu banyak. Setelah kita memberikan cairan pelumas kita diamkan dahulu beberapa menit supaya cairan-cairan tersebut masuk kedalam sela-sela rantai.

Kalau dirasa sudah cukup dan kalau dirasa cukup basah, kita lap lagi olinya supaya nggak terlalu belepotan. Bagian terakhir yang tidak kalah penting juga perhatikan juga di bagian-bagian komponen yang lain misalnya di batangan sepeda, bagian roda, pelek atau cakram mungkin yang tidak sengaja terkena cairan saat kita sedang membersihkan.

Gimana SobatSS cukup simpel kan? Sederhana dan pastinya nggak pake ribet deh.

Lengkapnya kalian bisa simak video dari channel youtube SerbaSepeda di bawah ini.

Sekedar info SerbaSepeda menyediakan cairan pembersih rantai sepeda yang dapat dipesan lewat link berikut ini. Kamu juga bisa mengunjungi toko sepeda SerbaSepeda di Jabodetabek.