04 Feb 2021 / Tips & Trick

Cara Memilih Grip Tape Terbaik Untuk Drop Bar Roadbike

Popularitas sepeda balap atau roadbike saat ini sedang menanjak. Kita sering melihat banyak roadbike mulai memenuhi jalanan besar ibukota.

cara memilih grip tape

Namun sayangnya ada satu parts yang banyak dilupakan pesepeda roadbike yakni grip tape atau pita setang. Fungsi dari grip tape padahal cukup penting yakni sebagai antarmuka titik kontak kritis pada roadbike.

Terlalu sering, pesepeda roadbike memakai grip tape yang sudah usang dan compang-camping, meskipun kenyataannya grip tape relatif murah namun banyak yang menggangap parts yang satu ini tidak terlalu penting.

Padahal grip tape baru akan selalu membuat roadbike terlihat (dan terasa) baru lagi, dan dengan berbagai pilihan grip tape, ada ruang lingkup yang sangat luas untuk personalisasi.

Grip tape yang baik harus memenuhi 3 kriteria di bawah ini :

1. Memberikan cengkeraman yang kuat dalam semua kondisi, terlepas dari apakah tangan pengendara licin karena keringat atau mati rasa karena dingin;.

2. Grip tape harus membuat setang lebih nyaman untuk dipegang;

3. Harus tahan terhadap penggunaan reguler dalam berbagai kondisi

4. Mampu memenuhi selera desain dari pengendara.

Grip tape roadbike terbaik harus memiliki 4 kriteria tersebut. Tapi apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin membeli grip tape terbaik untuk drop bar roadbike?

Berikut ini cara memilih grip tape terbaik untuk roadbike.

Pegangan

Grip tape tidak hanya membuat sepeda Anda terlihat ciamik namun juga berfungsi sebagai titik kontak utama. Jadi, penting untuk memilih grip tape yang memberikan pegangan yang memadai.

Lapisan

Grip tape memberikan sedikit bantalan untuk tangan Anda dan bisa mengurangi getaran yang bergerak ke lengan Anda ketika berkendara dengan sepeda Anda. Pilih grip tape yang memberikan jumlah bantalan yang tepat untuk Anda dan jenis bersepeda yang Anda lakukan.

Banyak pengendara sepeda memilih untuk membungkus stang sepeda mereka dua kali sebagai bantalan ekstra, terutama saat berkendara di jalan yang lebih kasar.

Desain

Ada banyak aturan tak terucapkan di luar sana. Beberapa orang mengatakan grip tape Anda harus cocok dengan sadle Anda, atau gear Anda, atau top tube sepeda Anda ya tergantung selera masing-masing sih.

Yang benar adalah, Anda harus memilih grip tape apa pun yang terasa paling baik dengan warna yang sesuai dengan selera Anda.

Itulah cara memilih grip tape terbaik untuk sepeda balap atau roadbike.

Ingat sepeda ingat Serbasepeda.com.