02 Dec 2020 / Tips & Trick

Cara Memilih Sepeda Lipat Yang Sesuai Untuk Kamu

Sepeda lipat saat ini masih menjadi produk sepeda terlaris di Indonesia. Khususnya di Serbasepeda, tidak jarang orang yang berpindah dari sepeda MTB ke sepeda lipat. Daya tarik sepeda lipat saat ini karena kekinian, mudah dibawa, hemat tempat dan satu sepeda untuk semua kesempatan.

Oleh karena itu di artikel ini kami ingin membahas tentang cara memilih sepeda lipat yang sesuai dengan kamu buat kamu yang ingin membeli sepeda lipat di tahun 2021 atau untuk hadiah akhir tahun serta kado natal orang terdekat.

Ada 4 hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli sepeda lipat yaitu:

1. Harga

cara memilih sepeda lipat

Harga sepeda lipat cukup bervariatif disebabkan banyak faktor, seperti spesifikasi komponen, teknologi lipatan, bahan frame, dan brand.

Dari harga ini lah kita dapat menentukan di kisaran mana sepeda lipat yang paling cocok sesuai budget , juga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita dalam aktivitas bersepeda.

2. Jenis Lipatan

cara memilih sepeda liapt 2021
Sepeda 2 lipatan (kiri) dan sepeda 3 lipatan (kanan)

Secara umum sepeda lipat yang banyak beredar di indonesia dibagi menjadi 2 jenis lipatan, yaitu dua lipatan dan tiga lipatan. Yang jadi pembeda umum adalah kubikasi sepeda setelah dilipat. Sepeda 3 lipatan lebih kecil kubikasinya saat dilipat dibanding sepeda dengan 2 lipatan. Namun ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang dapat kita rangkumkan nih.

Sepeda 2 lipatan :

Kelebihan :

  • Ukuran ban yang beragam tanpa terpengaruh sistem lipatan antara 12-22inch
  • Groupset yang digunakan merupakan groupset umum yang sering dijumpai pada kebanyakan sepeda lain, sehingga selain mudah perawatannya, juga tidak sulit dalam penggantian parts.
  • Modifikasi yang bisa dibilang tanpa batas, memungkinkan mix and match product.
  • Harga relatif lebih murah.

Kekurangan :

  • Lipatan yang kurang ringkas dan pratis saat dibawa-bawa, terutama apabila ruang penyimpanan kecil.

Sepeda 3 lipatan :

Kelebihan:

  • Dalam kondisi terlipat, seli lebih ringkas dari tipe 2 lipatan.
  • Biasanya menggunakan internal gear hub yang minim perawatan

Kekurangan :

  • Spareparts agak sulit ditemukan, karena belum terlalu umum di pasaran indonesia.
  • Modifikasi terbatas.
  • Ukuran ban harus menyesuaikan lipatan frame, biasanya terbatas hanya di ring 16inch
  • Harga relatif lebih mahal.

Yang jadi pembeda umum antara sepeda 2 lipatan dengan 3 lipatan adalah kubikasi sepeda saat dilipat. Sepeda 3 lipatan lebih kecil kubikasi-nya saat dilipat dibanding dengan sepeda 2 lipatan.

Jadi untuk sobat yang lebih menginginkan peforma dan modifikasi parts, sepeda 2 lipatan bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk goweser yang lebih menginginkan sepeda lipat yang lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa, sepeda 3 lipatan sangat cocok untuk aktivitas tersebut.

3. Bobot Sepeda

Dalam memilih sepeda lipat bobot juga harus diperhatikan sebab sepeda lipat yang berat akan cenderung sulit dibawa-bawa dan kurang nyaman saat digunakan walaupun biasanya bobot sepeda sangat tergantung oleh parts yang digunakan ada dua hal umum yang juga mempengaruhi bobot sepeda lipat diantaranya material frame dan aksesoris yang terpasang di sepeda tersebut. Dari sini kamu bisa putuskan bobot mana yang paling ideal sesuai dengan kebutuhan berdasarkan point 1 dan 2 sebelumnya.

4. Komunitas

cara memilih sepeda lipat 2021

Walaupun tidak ada hubungannya dengan sepedanya secara langsung komunitas dan teman gowes juga bisa jadi pertimbangan lho. Biasanya komunitas sepeda lipat terbatas pada brand tertentu misalnya komunitas Dahon, Trifold, Brompton dan lain-lain. Selain kebersamaan dari segi merek, komunitas juga sangat membantu untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai sepeda yang dipakai bersama dalam komunitas seperti update, tips and trick jika ada masalah pada sepedamu dan berbagai racun “update” lainnya.

Lengkapnya kamu bisa cek video dari channel youtube Serbasepeda di bawah ini.

Nah itu dia secara umum 4 cara memilih sepeda lipat yang cocok untuk kamu. Serbasepeda menyediakan beragam sepeda lipat yang sesuai untuk kamu. Bisa datang langsung di toko offline kami yang ada di Jabodetabek atau beli sepeda lipat di toko online kami.