10 Mar 2022 / Tips & Trick

Bunyi Rantai Sepeda Mengganggu Saat Gowes

pernahkah kamu merasa terganggu dengan suara asing yang tiba-tiba muncul dari rantaimu ? ternyata suara itu bisa jadi menunjukkan adanya kesalahan posisi rantai atau istilah umumnya adalah cross chain. Cross chain terjadi saat rantai ada di chain ring terbesar dan sprocket terbesar, atau sebaliknya. Selain membuat bunyi yang tidak nyaman karena rantai menyentuh plat FD baik plat dalam maupun luar, hal seperti ini membuat posisi rantai serong, parahnya lagi bisa membuat rantai kendur dan putus.

Cross Chain juga tidak bisa dianggap enteng loh SobatSS! Sebagai tambahan informasi, jika hal itu dilakukan terus menerus, biasanya RD juga akan bekerja sangat keras menahan tegangan rantai yang mengakibatkan RD tidak bisa beroperasi dengan baik.

kita kembali ke topik utama, yaitu cara mengatasi bunyi pada rantai! bunyi ini biasanya timbul karena rantai menyentuh plat FD bagian luar ataupun dalam yang diakibatkan oleh cross chain tadi.

Posisi Rantai Yang Kurang Tepat

Posisi Rantai Yang Kurang Tepat

Cara Mengatasi Bunyi Rantai Yang Tidak Nyaman

Apabila rantai berada pada chainring dan sprocket yang paling kecil, rantai akan menyentuh plat FD bagian luar.

maka caranya adalah :

tekan tuas A front shifter agar rantai berpindah ke chainring tengah atau terbesar yang akan menghilangkan bunyi yang mengganggu.

Rantai Menyentuh Plat FD Bagian Luar

Rantai Menyentuh Plat FD Bagian Luar

Front Derailleur Mulai Rp 80.000 Aja!

Apabila rantai berada pada chainring dan sprocket yang paling besar, rantai akan menyentuh plat FD bagian dalam.

maka caranya adalah :

tekan tuas B Front Shifter agar rantai berpindah ke chainring tengah atau terkecil yang akan menghilangkan bunyi yang mengganggu.

Rantai Menyentuh Plat FD Bagian Luar

itu dia tadi cara mengatasi bunyi pada rantai yang disebabkan oleh cross chain, bagaimana ? cukup mudah bukan!