25 Jan 2021 / Tips & Trick

Cara Mengatasi Rem Cakram Sepeda Yang Berisik

Cara mengatasi rem cakram sepeda yang berisik buat SobatSS yang pasti pernah mengalami bunyi rem sepeda yang cukup mengganggu. Walaupun bunyi remnya cukup keras tetapi remnya sendiri tidak pakem. Kali ini kami akan membahas tips mengatasi rem cakram sepeda yang berisik.

Sebelum kita mulai peralatan yang harus kita siapkan terdiri dari:

  1. Lilin
  2. Amplas
  3. Lap
  4. Toolset (Untuk membuka rotor, bagi yang menggunakan rotor six bolt pastikan di toolset ada kunci bintang ukuran T25 namun bagi yang memakai centerlock bisa meminta bantuan bengkel untuk membukanya atau bagi kamu yang sudah punya alat untuk membuka rotor centerlock bisa membukanya sendiri)
  5. Tang penjepit

Karena kita akan membalikan sepeda maka kita akan membersihkan dulu kokpit sepeda. Lepaskan dulu aksesoris yang masih menempel. Kalau kita perhatikan foto yang terlampir terdapat kotoran yang menempel pada rotor.

Bagi yang menggunakan hub tipe quick release tentu akan lebih mudah melepas ban sepedanya ya. Pastikan kita hapal ya komponen-komponen yang ada di bagian quick release ini. Perlu diingat ketika mengangkat roda sepeda ketika nyangkut maka angkat sedikit saja RD-nya sambil dilepaskan rantai-rantai yang menempel pada sprocket.

Ternyata rotor dan hubnya berminyak. Kemudian lepas kampas rem dan kemudian bisa dilihat pada foto dibawah kampas remnya ternyata kotor dan kelihatan menghitam pantas saja remnya tidak pakem.

Sebelum kita lanjut jangan lupa mengganjal piston kaliper-nya dengan kardus atau dengan kain lap supaya kalau kita tidak sengaja memencet brake levernya itu tidak kejepit.

  1. Bakar rotor secara perlahan

Oke pertama-tama nyalakan lilin, lantas kenapa menggunakan lilin? karena lilin berfungsi untuk membakar minyak yang menempel pada rotor dan membakarnya pun tidak sembarangan dimana kita cukup memastikan bagian mengkilap pada rotor harus benar-benar hilang.

Pengerjaannya harus benar-benar sabar. Begitu juga pada bagian kampas rem kita juga bakar menggunakan lilin untuk menghilangkan kotoran minyak. Tandanya kampas rem sudah bersih yaitu terlihat kering tidak mengkilap.

2. Cuci bersih rotor dan kampas rem

cara mengatasi rem

Setelah selesai membakar rotor maka selanjutnya cuci rotor dan kampas remnya dengan menggunakan amplas di air mengalir. Gosok-gosokan sisi-sisi rotor dan kampas rem yang kotor dengan amplas. Dalam pengerjaannya tidak perlu menggunakan sabun jadi benar-benar amplas dan air saja cukup memastikan bagian-bagian yang gosong hilang sekalian gosok jika ada bagian berkarat di rotor.

Untuk membersihkan kampas rem pun sama tidak perlu sabun cukup satukan kampas rem kemudian digosok-gosok hingga serat-serat kampas rem kelihatan.

3. Bersihkan juga bagian hub

Mumpung bagian hub tidak ada rotor-nya mari kita bersihkan sisi-sisi hub yang ada sisa-sisa kotoran atau minyak agar tidak menempel ke rotor.

4. Pasang rotor kembali di hub

cara mengatasi rem cakram

Untuk memasang rotor di hub pastikan posisi rotor tidak terbalik, perhatikan anak panah yang ada di rotor, posisi anak panah tersebut harus ada di luar hub.

5. Pastikan ulir-ulir tidak miring dan sudah pas

Masukan satu persatu baut pengencang rotor dengan tangan dulu biar ulirnya tidak miring, pastikan tetap lurus. Untuk mengecangkan baut rotor sebaiknya dilakukan secara menyilang ya agar kekecangan rotor rata untuk mencegah bengkok di bagian rotor.

6. Bersihkan bagian kaliper

Ingat untuk membersihkan bagian kaliper yang mungkin ada minyak yang masuk ke dalam. Setelah bersih lanjut dengan memasang kampas rem di kaliper. Pastikan per kampas rem bekerja secara normal. Jika sudah terpasang jangan lupa dikunci agar tidak terlepas

7. Masukan kembali roda ke hub

Untuk memasukannya cukup angkat rantai sepeda, pastikan rotor masuk ke celah-celah kaliper jika sudah dirasa pas tinggal dorong ke bawah oke setelah perputarannya halus kita lanjutkan dengan memasang pengunci quick release. Komponen quick release ada 2 per dan satu baut ya. Kemudian masukan dan kencangkan kembali seperti semula.

Bisa kalian lihat hasil sebelum dan sesudahnya di bawah ini.

cara mengatasi rem cakram

Itulah cara mengatasi rem cakram sepeda yang berisik. Lengkapnya bisa kalian tonton pada video di bawah ini.

Bagi yang kesulitan bisa langsung ke outlet Serba Sepeda yang berada di Jabodetabek dan bertanya-tanya dengan mekanik kami.