02 Nov 2016 / Tips & Trick

Cara Merawat Baterai Sepeda Listrik

Baterai sepeda listrik pada umumnya menggunakan aki kering/bebas perawatan jenis SLA atau baterai Litium. Umur pakai baterai klaim pabrik 1 sampai 2 tahun. Dua jenis baterai tersebut sudah termasuk free maintenance jadi Anda tidak perlu repot merawat baterai dengan mengisi air aki. Alat charger dari pabrik sudah dibuat secara otomatis memutus arus apabila baterai sudah penuh. Umur baterai bisa lebih pendek atau lebih panjang bukan karena perawatan namun pada cara penggunaannya. Cara penggunaan aki jenis ini bisa lebih panjang umurnya dengan penggunaan baterai yang besar.

Gunakan charger aki yang di rekomendasikan pabrik yang telah disesuaikan tegangan dan arus listrik pada charger. Jangan terlalu sering menggunakan quick charge (chargesecara cepat) hal inik akan memperpendek usia baterai, rekomendasi penggunakan quick charge dilakukan dalam keadaaan darurat saja. Jangan lakukan pengisian baterai menunggu baterai habis baru melakukan pengisian apabila indikator sudah turun ¼ atau ¾.

Beberapa cara yang harus diikuti untuk perawatan baterai anda:

  1. Saat bergerak atau naik di jalan tanjakan, bantulah dengan mengayuh pedal.
  2. Setiap habis pemakaian harus dilakukan pengisian ulang.
  3. Jika lama tidak dipakai, harus rutin melakukan pengisian ulang.
  4. Saat menambah kecepatan jangan memutar tuas akselerasi terlalu cepat.
  5. Demi menjaga umur baterai, jika sisa baterai mendekati 10% atau lampu yang menyala hanya tersisa 1, maka harus dilakukan pengisian ulang lagi.

Saat selesai mengendariai atau baterai habis segera lakukan pengisian ulang. Cara pengisian ulang baterai yang baik ada 2(dua) cara, yaitu :

1.Keluarkan baterai dari tempatnya.

  • Saat melakukan pengisian ulang, charger tidak diperbolehkan dalam keadaan terbalik karena dapat merusak umur pakai baterai.
  • Baterai diletakan di tempat yang rata, dan masukan sambungan charger ke dalam soket baterai.

2.Saat baterai di dalam sepeda.

  • Matikan mesin lalu keluarkan kunci.
  • Cabut sambungan listrik controler pada baterai, lalu sambungan baterai ke songket listrik

Jadi, rawat sepeda listrik Anda dengan baik agar awet dan tidak mudah rusak