31 Jul 2023 / Product Knowledge

Memilih Sepeda Listrik: Fitur-Fitur Penting!

Halo SobatSS! Siapa nih yang punya rencana mau beli sepeda listrik atau akrab disapa moped? Pastinya sebelum kita membeli moped, kita harus tahu nih fitur-fitur apa aja yang kita butuhkan di moped tersebut! Selain harga, kita juga perlu mempertimbangkan fitur-fitur yang sekiranya kita butuh atau tidak. Nah kali ini kita mau kasih tau ke SobatSS apa aja sih fitur yang disematkan pada sepeda listrik atau moped secara umum.

Fitur Sepeda Listrik

1. Lampu Depan

Pada hampir semua Sepeda Listrik pasti sudah disematkan sebuah lampu utama seperti ini. Ini berfungsi saat menggunakan Sepeda Listrik pada malam hari sehingga kamu tidak perlu membeli tambahan lampu ya! Mayoritas Sepeda Listrik di pasaran juga sudah menggunakan lampu LED ya SobatSS!

2. Lampu Sein

Kemudian, selain lampu utama, juga ada lampu tambahan seperti lampu sein. Ada beberapa sepeda listrik yang tidak disematkan oleh lampu sein lho! Maka dari itu, jika kebutuhan bersepeda kamu memerlukan lampu sein, kamu harus melihat spesifikasinya secara teliti ya! Lampu sein sendiri memiliki fungsi untuk memberikan kode kepada pengendara di depan atau belakang kita, saat kita ingin belok nih SobatSS!

3. Klakson

Nah ciri khas moped adalah memiliki “fitur” yang mirip dengan sepeda motor, salah satunya yaitu klakson. Seperti yang kita tahu, klakson memiliki fungsi yang kurang lebih sama seperti bel pada sepeda konvensional ya.

Kumpulan Sepeda Listrik 

4. Brake Stop System

Selain fungsinya untuk pengereman, brake stop system memiliki fungsi memutus arus listrik pada saat pengereman, sehingga menghindari terjadinya kecelakaan karena rem mendadak.

5. Alarm

Tidak perlu khawatir moped kamu hilang, karena rata-rata sepeda listrik yang ada di pasaran sudah disematkan dengan tambahan perlindungan alarm! moped akan mengeluarkan suara kencang saat sepedanya disenggol atau membuat kecurigaan.

6. Pilihan Kecepatan

Fitur ini bisa kamu temukan di area stang ya, tepatnya dekat hand grip. Fitur pilihan kecepatan ini memungkinkan kamu untuk menambah kecepatan saat kamu tarik tuas pedalnya ya. Sama seperti motor pada umumnya yang memiliki “pilihan gigi” fitur ini juga punya maksimal kecepatannya masing-masing ya.

7. Digital Speedometer

Mayoritas sepeda listrik sudah disematkan fitur speedometer juga nih SobatSS! Jadi lebih mudah melihat sisa baterai, pilihan kecepatan yang digunakan, signal turn atau notifikasi kalau sein menyala dan yang paling penting adalah rata-rata jarak tempuh yang kita gunakan.

8. One Button Start

Beberapa tipe Sepeda Listrik terbaru, telah dilengkapi dengan fitur keyless dan start button. Tombol start digunakan untuk mengaktifkan motor dengan cara yang mudah, tinggal ditekan saja. Untuk aktifkan tombol ini, tentunya kamu harus menyalakan kelistrikan terlebih dahulu ya.

Kumpulan E-moped dengan Fitur Lengkap! 

Nah itu dia tadi, fitur-fitur yang yang terdapat di beberapa sepeda listrik. Ketika memilih sepeda listrik atau e-moped, pastikan kamu sudah melihat fitur-fitur yang benar-benar kamu butuhkan ya. Semoga video kali ini bermanfaat, dan sampai jumpa di video selanjutnya.