23 Jul 2022 / Product Knowledge

Fitur Rear Shock pada Sepeda Full Suspension

Rear Shock atau yang disebut juga dengan suspensi belakang berfungsi sebagai peredam guncangan yang dirasakan dari ban belakang. Biasanya terdapat pada jenis frame sepeda Full Suspension, dan memiliki jenis berdasarkan sistem kerjanya, yaitu Air atau angin, Coil atau per, dan Elastomer atau karet.

Umumnya, suspensi belakang sering digunakan pada sepeda bongsor seperti Sepeda Gunung atau MTB, karena biasanya  MTB digunakan untuk berbagai medan yang ekstrim seperti banyaknya lompatan, jalan yang berbatu dan tidak rata, dan juga banyaknya halangan yang ada. Sehingga membutuhkan bagian sepeda yang terbaik dan juga kokoh sehingga akan lebih nyaman digunakan.

Salah satu hal penting yang ada pada bagian sepeda gunung adalah suspensi. Suspensi sepeda gunung adalah bagian yang dapat mengurangi getaran dan guncangan ketika sepeda melintasi jalan yang tidak rata, sehingga membuat pengendara sepeda tetap nyaman juga membuat roda tetap berpijak dengan tanah ketika melewati jalan tanjakan, turunan, dan jalan berbatu.

Jenis Rear Shock 

Air / Angin

1. Cara kerjanya menggunakan udara.

2. Bobotnya lebih ringan dibanding per.

3. Memiliki fitur seperti fork.

 

 

 

Coil / Per

1. Cara kerjanya menggunakan per.

2. Bobotnya lebih berat.

3. Memiliki fitur seperti fork.

 

 

 

 

 

Kumpulan MTB Full Suspension

Jual ELASTOMER RAZE Suspensi Sepeda Lipat, Brompton, 3Sixty, Pikes, Trifold  Indonesia|Shopee Indonesia

Elastomer

1. Cara kerjanya meggunakan elastic polymer (karet).

2. Sulit diperbaiki.

3. Minim perawatan.

 

 

 

 

 

Selain jenis yang berbeda, Rear Shock juga memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan kegunaan sepeda itu sendiri. Panjang Eye to Eye berkisar antara 16,5 – 24cm tergantung spesifikasi dari frame yang digunakannya, maka itu ukuran panjang Rear Shock tiap frame tidak bisa diubah-ubah.

Fitur

Lock Out

Berfungsi untuk menonaktifkan sistem suspensi, agar tidak bekerja naik dan turun.

Preload

Fitur yang bertugas untuk mengubah tingkat kekerasan redaman, fitur preload ditemukan pada sistem coil spring / per, air / udara, dan Elastomer / karet

 

Rebound

Rebound damping atau disebut rebound adalah untuk mengatur kecepatan tendangan balik spring/per ke posisi semula.