09 Jul 2017 / Inspiration

Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Memompa Ban Sepeda

Cara termudah untuk merawat sepeda dengan baik adalah memeriksa tekanan ban sebelum Anda melakukan setiap perjalanan. Tekanan angin yang tepat, tahan lama, dan memastikan tidak terjadi kebocoran. Menjaga ban pada tekanan yang tepat akan membantu ban sepeda Anda berumur lebih panjang, meminimalisir kerusakan roda yang harus setiap saat berbenturan dengan benda keras seperti batu jalanan misalnya. Berikut serba sepeda rangkum hal-hal yang perlu Anda ketahui ketika memompa ban sepeda.

Persiapkan Selalu Pompa Sepeda

Pastikan Anda menggunakan pompa ban sepeda yang tepat. Serbasepeda.com menyediakan pompa sepeda indikator yang berkualitas, mudah digunakan dan aman guna memastikan ban sepeda Anda diisi tekanan angin yang cukup.

Jika Anda ingin membeli pompa, pastikan terlebih dahulu jenis penti ban sepeda, apakah jenis Schrader atau Presta. Untuk pentil presta bisa menggunakan adaptor pentil yg sebasepeda jual.

Pentil jenis schrader dan pentil Jenis Presta

Periksa Tekanan

Bagaimana Anda tahu apakah tekanan angin pada ban sepeda Anda sudah ideal? Pada kebanyakan ban, tekanan yang direkomendasikan dicetak pada bagian dinding ban sepeda. Tekanan ban yang direkomendasikan sering ditulis dalam rentang misal 35-65 psi.

Anda dapat melakukan percobaan dalam kisaran tekanan tertentu untuk menemukan ukuran yang Anda rasa terbaik. Kurang tekanan menawarkan pengendaraan yang lebih nyaman namun dengan konsekuensi kecepatan lebih rendah. Sebaliknya dengan tekanan udara lebih tinggi berarti laju sepeda Anda lebih baik, namun aspek kenyamanan berkurang.

Jika Anda memompa sepeda gunung dengan ban berukuran 26, Anda mungkin menemukan bahwa rentang tekanan yang lebih luas, yaitu 35-65 psi. Hal ini karena ban ini dapat digunakan pada dan off road. Untuk yang pertama, 65 psi adalah angka tekanan yang cocok untuk jalan beraspal. Sementara untuk Off road silahkan gunakan rentang 35 sampai 40 psi, jauh lebih tepat karena lebih ideal dalam menyerap gundukan, batu dan akar yang lebih baik dan menawarkan traksi yang lebih besar untuk kontrol dan penanganan.

Teknik Memompa

Teknik memompa ban sepeda sangat sederhana. Mulailah dengan membuka dan lepaskan tutup pentil pertama ban dalam jika ada. Dan, jika Anda memiliki pentil Presta (memiliki tip knurled dan juga disebut “french” pentil), Anda harus membuka pentil  dengan menekan ujung cukup lama untuk membiarkan sejumlah kecil udara keluar, ingat untuk menutupnya kembali setelah memompa.

Hasil gambar untuk tip knurled

Tip Kruled

Kemudian, pasang pompa dan mulai memompanya, berhenti ketika pengukur menunjukkan bahwa Anda telah mencapai tekanan yang direkomendasikan. Ulangi dengan ban lainnya. Setelah selesai, test lah sepeda Anda dengan menaikinya dan Pastikan Anda nyaman.

Sumber : http://thingsbike.com