22 Dec 2020 / Product Knowledge

Ini Dia 5 Parts Yang Sering Di-Upgrade Ketika Beli Sepeda Baru

Ketika beli sepeda baru ada fenomena yang sering terjadi yakni sepeda baru tapi langsung di-upgrade. Lantas apa ya kira-kira penyebab sepeda baru langsung di-upgrade?

Berikut ini 5 parts sepeda yang sering di-upgrade ketika beli sepeda baru:

  1. Handlebar dan Stem
beli sepeda baru

Tidak diragukan lagi ya postur tubuh setiap orang cenderung berbeda namun karena sepeda diproduksi dengan satu ukuran untuk handlebar dan stem sehingga memang memerlukan penyesuaian di bagian sepeda untuk menopang performa berdasarkan postur tubuh tiap orang dan biasanya upgrade handlebar atau stem dikarenakan untuk tujuan keamanan misalkan stem pendek atau stang panjang dengan rise.

2. Rem / Brakeset

beli sepeda baru

Pada sepeda baru terutama MTB kebanyakan sistem pengereman yang disematkan merupakan pengereman standar untuk sekedar menopang performa sepeda kita ambil contoh Brakeset Shimano MT 201 atau 200. Hampir setiap MTB baik dibawah Rp 10 juta sampai diatas Rp 10 juta masih menggunakan rem ini. Selain karena biaya produksi yang murah, rem ini juga punya performa dan ketahanan yang cukup baik. Namun banyak goweser yang melakukan upgrade untuk mendapatkan performa yang lebih tinggi terutama cengkeraman rem yang lebih pakem.

3. Groupset – Drivetrain

beli sepeda baru

Yang dimaksud groupset disini adalah upgrade drivetrain kebanyakan yang sering di upgrade adalah sprocket dan crank. Biasanya dari sisi sprocket rider melakukan ipgrade “up size” contohnya sprocket 10 speed 11-36T bawaan pabrik di upgrade jadi 10 speed 42T tujuannya jelas ya untuk memperkecil rasio gear saat menghadapi tanjakan sedangkan dari segi crank biasanya rider upgrade dari sistem squred tapered menjadi hollowtech atau outer BB selain karena performa dan ketahanan yang lebih baik, crank dengan spindle hollow cenderung lebih ringan ya.

4. Hub Freehub

Memang terkadang beberapa sepeda dengan spek bawaan pabrik tidak disematkan hubset dengan performa dan ketahanan tinggi maka dari itu banyak rider yang mengganti hubset-nya dengan yang memiliki performa lebih baik misalkan dari hub pelor (Cup and Cone) menjadi hub bearing.

Selain dari performa dan ketahanan banyak rider yang menginginkan hub yang berbunyi nyaring atau biasa disebut dengan istilah jangkrik. Dengan hub berbunyi nyaring akan menambah kesan keren pada saat digowes ya SobatSS.

5. Pedal

Pada umumnya pedal yang didapat dari sepeda fullbike adalah pedal yang diperuntukan untuk jangka pendek atau test dengan bahan resin atau plastik biasanya pedal tersebut tidak tahan lama dan memiliki performa yang dikatakan kurang baik maka dari itu pedal paling sering dipilih untuk upgrade pertama kali saat membeli sepeda. Biasanya yang dipilih adalah pedal alloy dengan sealed bearing yang ringan dan loncer puatrannya.

Nah menururt kamu gimana nih, kira-kira apa lagi yang sering di upgrade ketika beli sepeda baru. Komen dibawah ya!

SerbaSepeda juga menyediakan beragam spareparts sepeda yang resmi dan bergaransi lho. Datang saja ke toko sepeda Serbasepeda di Jabodetabek atau pesan langsung lewat SerbaSepeda.com.

Lengkapnya bisa cek video youtube di bawah ini oleh channel SerbaSepeda