19 Mar 2021 / Product Knowledge

Ini Dia 9 Tips Bersepeda Jarak Jauh

tips bersepeda jarak jauh

Tips Bersepeda Jarak Jauh – Sebagai seorang pengendara sepeda, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada perjalanan jauh untuk memberikan rasa pencapaian, baik bagi pemula maupun profesional berpengalaman. Namun jika Anda seorang pesepeda baru dan belum mencoba bersepeda jarak jauh atau lebih dari dua jam, tidak perlu merasa terintimidasi; bersepeda jarak jauh bergantung pada strategi dan perencanaan, bukan hanya kebugaran tubuh.

Bersepeda jarak jauh memang membutuhkan tingkat ketahanan tertentu, dan yang terbaik adalah berusaha meningkatkan jarak dan intensitas bersepeda secara bertahap. Katakanlah akhir pekan nanti kamu mulai bersepeda selama dua jam kemudian selama periode delapan minggu, tambahkan sekitar setengah jam untuk setiap perjalanan; dalam dua bulan Anda akan siap untuk perjalanan touring jarak jauh.

Jadi, Anda ingin selamat dari perjalanan touring bersepeda pertama Anda? Coba ikuti 9 tips bersepeda jarak jauh kami di bawah ini.

  1. Gowes Cerdas

Jika Anda ingin bertahan lama dalam perjalanan, Anda harus mengayuh dengan efisien jangan menggowes secara gila-gilaan di awal dimana Anda harus memilih gigi yang sedikit lebih mudah dengan irama yang lebih tinggi dibandingkan yang lebih rendah karena pedal lebih sulit untuk dibalik.

2. Banyak Makan dan Minum

Saat Anda bersepeda dalam waktu lama, nutrisi dan hidrasi adalah kunci untuk mempertahankan ketahanan tubuh Anda. Setidaknya minum sekitar satu botol air mineral per jam, tergantung pada panas dan tingkat tenaga yang Anda keluarkan. Selain itu siapkan juga camilan ringan yang bisa Anda bawa sembari bersepeda.

3. Gunakan Aturan Sepertiga

Jika perjalanan jauh masih terasa berat, bagi menjadi tiga segmen jarak yang kurang lebih sama dan buat rencana untuk masing-masing segmen tersebut. Segmen pertama harus terasa mudah hanya bergowes santai. Pada segmen kedua intensitasnya mulai ditingkatkan dan Anda akan mulai merasakan otot Anda bekerja. Jika masih ada energi yang tersisa, tunjukkan di sepertiga terakhir.

4. Rencanakan Dengan Matang

Dengan perjalanan yang lebih lama, ada kemungkinan lebih besar bahwa ada yang tidak beres. Kemungkinan perjalanan Anda akan lancar, tetapi Anda harus bersiap-siap. Setidaknya, bawa perlengkapan untuk memperbaiki setidaknya dua ban cadangan, toolset, ponsel, KTP Anda, dan uang tunai.

Quick Tips

5. Sakit dan nyeri muncul selama perjalanan panjang. Untuk meminimalkannya, gerakan badan secara aktif.

6. Ubah posisi tangan secara berkala, jaga agar ibu jari Anda tetap melingkari palang atau tuas rem untuk keamanan.

7. Untuk melemaskan leher dan bahu Anda, angkat bahu selama 5 hingga 10 detik.

8. Di jalan yang jelas, angkat satu tangan di antara bahu Anda selama beberapa detik, lalu tukar tangan.

9. Berdiri dan jatuhkan satu pedal agar kaki Anda lurus. Biarkan tumit Anda melorot di bawah pedal. Tahan selama 20 detik, lalu ganti kaki.

Itulah 9 tips bersepeda jarak jauh dari Serbasepeda.com

Ingat Sepeda Ingat Serbasepeda.

Baca Juga — Tips Dan Trick Bersepeda Efektif Dan Efisien