28 Nov 2020 / Product Knowledge

Ini Dia Salah Satu Sepeda Lipat Lokal Terbaik Saat Ini

Sepeda lipat lokal saat ini memiliki kualitas yang setara dengan pabrikan luar apalagi kita sebagai rakyat Indonesia tentunya harus mendukung produk lokal berkualitas. Sepeda lipat lokal yang saya bicarakan saat ini adalah Dahon.ION, mereka merilis dua produk sepeda lipat yang berkualitas dengan nama Dahon Ion Chicage dan Dahon Ion Eugene.

Sekedar info nih SobatSS, Dahon adalah brand sepeda asal Amerika Serikat yang merupakan pionir awal yang turut mempopulerkan sepeda lipat di dunia. Dahon juga memiliki pangsa pasar sepeda lipat terbesar di dunia. Dahon berdiri sejak tahun 1982 dan didirikan oleh Dr. David T. Hon yang sampai saat ini masih menjadi CEO dari Dahon. Dahon.Ion sendiri merupakan hasil kerjasama antara Dahon Amerika dan Element dari Indonesia.

Sepeda Dahon.ION dibuat di pabrik sepeda di Kendal, Jawa Tengah Dahon.ION dibuat dengan standar dan kualitas sesuai Dahon Amerika. Selain pengerjaan dengan kualitas tinggi, quality control dari produksi diawasi langsung oleh Dahon Amerika jadi kualitas produk ini tidak diragukan lagi.

Langsung saja saya bahas Dahon.ION Chicage dan Dahon.ION Eugene.

sepeda lipat lokal terbaik

Frame

Dari segi material tipe Chicage dan Eugene sama-sama menggunakan bahan alloy namun memiliki desain yang berbeda satu sama lain.

Bentuk frame Chicago terlihat lebih kalem memiliki model yang mirip seperti Dahon Vibe D7.

Untuk frame Eugene terlihat lebih berani memiliki model frame mirip seperti Dahon Vector. Dari finishing frame keduanya menggunakan finishing cat dasar doff dengan stripping yang glossy terlihat simple ya namun tetap terkesan mewah.

Untuk metode fold dan unfoldnya cukup mudah karena setelah kami coba beberapa kali pun tetap lancar dengan lipatan frame yang memiliki kualitas lipatan yang kokoh seperti Dahon pada umumnya.

Pilihan warna

Tersedia dalam dua pilihan warna pada masing-masing tipe, untuk Chicago ada warna hitam list abu dan list orange sedangkan Eugene ada warna abu list merah dan full warna hitam dengan tambahan tulisan Dahon.ION di setiap sisi kiri-kanan toptube pada semua tipe dan warna.

Fork

Pada bagian fork kedua tipe menggunakan fork rigid tanpa suspensi dengan material yang sama dengan framenya yaitu alloy.

Kita ke bagian kokpit, kdua tipe memiliki handlebar berbahan alloy dengan handlepost teleskopik berbahan alloy juga yang sudah disematkan emblem Dahon.ION.

Keduanya menggunakan handlepost dan handlebar yang berbentuk lurus namun yang jadi pembeda ada di bagian tuas lipatan handlepost-nya dimana untuk Eugene terlihat lebih eksklusif dibanding Chicago.

Pengereman

Sistem pengereman yang digunakan di kedua sepeda menggunakan sistem pengereman cakram mekanik dengan ukuran rotor 160mm dan juga menggunakan brake lever berbahan alloy.

Shifting dan Drivetrain

Nah ini nih SObatSS yang menjadi pembeda antara tipe Chicago dengan tipe Eugene. Kita bahas dulu dari tipe Chicago ya, dibekali dengan transmisi 1 X 8 Speed dengan 8 tumpuk sprocket cassette di roda belakang dengan jumlah gigi 11 – 32T dan satu deret chainring dengan jumlah gigi sebanyak 52T.

Untuk tipe Eugene dibekali dengan transmisi 1×9 speed dengan 9 tumpuk sprocket cassette di roda belakang dengan jumlah gigi 11-36T dan 1 deret chainring dengan jumlah yang sama seperti tipe chicago yaitu 52T sama-sama menggunakan crank alloy dari Prowheel yang dilengkapi BB Square Tappered Bearing.

Kombinasi ini menghasilkan rasio gear yang cukup kuat diajak ngebut karna memiliki rasio sebanyak 4.7.

Untuk RD yang digunakan kedua tipe sepeda ini adalah Altus namun dengan seri berbeda kalau Eugene menggunakan Altus M2000 yang sudah shadow sedangkan tipe Chicago menggunakan seri M310 non shadow.

Wheelset

Pada wheelset, kedua sepeda ini menggunakan hub depan dan belakang berbahan alloy dengan jumlah jari-jari sebanyak 28 dan sudah menggunakan hub tipe quick release untuk sistem pengunci AS-nya. Bagian rims kedua sepeda tampak tinggi / deep V dengan bahan alloy warna hitam dari ION tipe Eclipse. Ban luar yang digunakan adalah Kenda Kwest dengan ukuran 20 X 1.50 inci.

Kembang alias knob pada ban sepeda tampak rendah dan lebar sehingga nyaman dan lincah untuk medan on road dan di dalamnya menggunakan pentil schrader sehingga tidak memerlukan adaptor untuk memompa.

Berat Dahon.ION Chicago : 13.01 Kg

Berat Dahon.ION Eugene : 12.72 Kg

Kedua tipe sepeda ini dilengkapi ekstra berupa magnet lipatan yang kuat, kick stand alloy, bel, mounting untuk front block dan mounting untuk bottle cage yang terletak pada frame bagian top tube-nya.

Harga Dahon.Ion Chicago : Rp 6.500.000

Harga Dahon.Ion Eugene : Rp 7.900.000

Nah kesimpulannya sepeda ini diperuntukkan bagi para pecinta Dahon dengan harga yang lebih terjangkau tetapi memiliki kualitas dan model dari Dahon.

Bagi yang ingin membeli sepeda lipat Dahon di toko sepeda Serbasepeda bisa klik link berikut ini atau kunjungi saja toko sepeda Serbasepeda terdekat di tempat Anda.

Lengkapnya cek saja review sepeda lipat lokal Dahon.ION Chicago dan Eugene di channel youtube Serbasepeda di bawah ini.