18 Jan 2018 / Inspiration

Jalur Khusus Sepeda di Jabodetabek

Bersepeda, salah satu aktifitas olahraga alternative yang popular pagi masyarakat urban. Beberapa kalangan penggiatnya bahkan menjalankan aktifitas bersepedanya di jalur-jalur yang extreme dan bukan main jauhnya.

Nah, untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan kali ini dengan bersepeda, Anda bisa memulainya dengan tempat-tempat yang ada di daftar ini! jalur-jalur ini juga akan memanjakan mata dengan ragam pesonanya.

Jakarta

1. Ecopark – Ancol

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari bersepeda di tengah udara yang sejuk. Dengan pemandangan yang memanjakan mata tentunya. Di mana banyak terdapat pohon-pohon yang membuat aktifitas bersepeda menjadi lebih menyegarkan.

Suasana tersebut bisa di dapatkan jika bersepeda di Ecopark, Ancol. Selain menikmati keasriannya, track yang ditawarkan di Ecopark juga terbilang sangat mudah untuk dilaui. Jadi ini merupakan pilihan yang tepat jika ingin bersepeda bersama si kecil.

Tidak punya sepeda? Jangan khawatir, disini juga disewakan sepeda, kok. Cukup dengan merogoh kocek 10.000 rupiah, Anda bisa menyewa sepeda selama 1 jam.

Sejuknya suasana ecopark – Image Via http://rumahhanoi.weebly.com/

2. Jalur BKT (Banjir Kanal Timur)

Jalur ini diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tahun 2012. Anda yang tinggal atau kerap melewati daerah Duren Sawit dan sekitarnya pasti akrab dengan jalur yang satu ini.

Jalur yang melintas lurus dari Cipinang sampai Pondok Kopi ini memang tepat sekali untuk bersepeda. Bagaimana tidak? Selain jalurnya yang lurus, dan permukaanya mulus, jalur ini juga tidak dilewati oleh mobil. Jadi Anda bisa dengan aman bersepeda di area ini.

Lelah bersepeda, Anda bisa sebentar beristirahat. Pedagang asongan menggelar dagangan di sepanjang jalur BKT. Beberapa diantaranya bahkan menggelar tikar untuk duduk dan meluruskan kaki.

Jalur Sepeda di Banjir Kanal Timur – Image via http://www.sportku.com/

3. Pantai Indah Kapuk

Kawasan yang kian ramai dibicarakan ini semakin populer bukan tanpa alasan. Selain banyaknya tempat berwisata kuliner yang inovatif, di area ini pengunjung juga tidak akan kehabisan hiburan. Begitupun untuk Anda yang ingin bersepeda.

Mulai dari engitari Vihara Dharma Suci yang megah, sampai hutan mangrove yang alami, bisa Anda pilih sebagai trek bersepedamu. Jika kelelahan jangan khawatir. Banyak sekali tempat-tempat beristirahat yang seru. Mulai dari jajaran cafe, sampai restoran.

Bogor

Jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Otto Iskandardinata (Otista) mulai dari jembatan hingga pintu masuk 1 Kebun Raya Bogor (KRB). Jalur khusus sepeda ini merupakan hasil pelebaran dari trotoar yang dimulai dari depan gedung Bank BJB dekat Taman Topi hingga trotoar di depan gedung Balai Kota Bogor. Saluran drainase besar yang awalnya mendampingi di sepanjang jalur tersebut kini dibuat tertutup sehingga bisa dilalui oleh pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Setelah adanya jalur ini diharapkan warga Bogor menjadi lebih semangat untuk berolah raga, terutama bersepeda tentunya. Jadi, tunggu apa lagi?

Depok

Depok kini memiliki jalur khusus sepeda sepanjang 10 kilometer yang terletak di jalan Margonda Depok, Jawa Barat.  Lajur sepeda untuk segmen satu tersebut berada di Jalan Siliwangi (Tugu Jam) sampai Jalan Margonda Raya (Ramanda).

Saat ini jalur khusus sepeda itu belum sepenuhnya berjalan efektif karena masih banyak digunakan sebagai lahan parkir. Namun kedepannya, pihak Pemkot Depok akan melakukan penertiban agar manfaatnya dapat dirasakan oleh warga.

Tangerang Selatan

Tidak mau kalah dengan kota jakarta,  jalur khusus sepeda di bsc city mecapai 16 KM. Jalur tersebut bermula dari BSD Junction-Sekolah Santa Ursula-Autopart-Foresta-BSD Junction. Jalur khusus sepeda BSD city Tangerang ini meningkatkan minat masyarakat kawasan tersebut untuk menggunakan sepeda sebagai alternatif transportasi dan olahraga.

Jalur khusus sepeda di Kota Tangsel mulai marak. Namun keberadaannya hanya di kawasan pengembang seperti BSD, Alam Sutera, dan Bintaro. Ke depannya, Pemkot Tangsel berupaya membangun fasilitas ini di semua jalan raya.

Antusias masyarakat Tangerang selatan terhadap bersepeda sangat tinggi. Hal ini juga yang mendorong pemerintah Kota Tangerang selatan untuk membuat kenyamanan bagi masyarakat tidak hanya untuk pejalan kaki tetapi juga pesepada.

Bekasi

Jalur khusus sepeda di Bekasi diterapkan mulai dari perempatan Kayuringin hingga Hotel Haris Sumarecon Bekasi. Jalur ini berada di sisi kanan jalur mobil dengan diberi garis kuning.

Dengan adanya jalur khusus sepeda, para pengguna sepeda diberi jalur khusus untuk menikmati momem CFD sehingga tidak berdesakan dengan para peserta CFD lain yang berjalan kaki.

Adanya jalur sepeda, diharapkan tidak hanya sekedar dapat memberikan rasa nyaman bagi pesepeda tetapi juga mampu mengubah kebiasaan masyarakat yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi menjadi menggunakan sepeda walau seminggu sekali. Selain dapat mengurangi polusi udara dan kemacetan, bersepeda tentunya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Sumber ;

ridejkt.com/jalur-jalur-seru-bersepeda-di-jakarta/

arweb13.blogspot.co.id/2013/12/bogor-punya-jalur-sepeda.html

jakarta.bisnis.com/read/20160104/383/506869/asyik-depok-akhirnya-punya-jalur-khusus-sepeda

www.kalvinliang.com/pembangunan-jalur-khusus-sepeda-bsd-city-tangerang/

tangselpos.co.id/2015/09/23/setiap-jalan-raya-dilengkapi-jalur-gowes/

enjoybekasi.id/place/jalur-sepeda-car-free-day-kota-bekasi/