08 Nov 2016 / Inspiration

Kenapa Bersepeda Di Pagi Hari Paling Baik Dampaknya?

Siapa sangka, Para akademisi ternyata bersepakat bahwa memang pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berolahraga. Cocok dengan pendapat para orang tua terdahulu bahwa Pagi hari merupakan saat di mana udara masih bersih dan segar sehingga suplai oksigen ke dalam tubuh pun optimal.

Ternyata ada beberapa alasan lain yang membuat waktu pagi hari memiliki bobot lebih sebagai pilihan terbaik waktu untuk olahraga termasuk bersepeda.

Bersepeda di pagi hari akan membakar lemak lebih banyak
Secara alami, tubuh kita membakar dua jenis sumber energi Anda yaitu lemak dan glukosa. “Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat memulai hari,” terang Monica Nelson, dari American Council on Exercise-certified.
Ketika Anda tidur tubuh Anda membakar glukosa dan meninggalkan Anda dengan lemak yang lebih banyak saat bangun. Itulah sebabnya lemak akan lebih banyak dibakar saat olahraga pagi.

Meski demikian, patut kita camkan bahwa Olahraga dengan latihan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan sangat tidak dianjurkan oleh para ahli. Sebab, latihan/olahraga dengan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan akan berpotensi menjadi penyebab tubuh mengalami kelelahan di tengah latihan sehingga setengah latihan selanjutnya terlewatkan. “Ini akan membuat tubuh Anda lemas karena kekurangan energi. Semakin sedikit energi digunakan semakin sedikit lemak dibakar,” terang Nelson.

Bersepeda di pagi hari dan dapatkan tidur anda lebih nyenyak
Studi telah menunjukkan bahwa pria dan wanita yang berolahraga (termasuk aktivitas bersepeda di dalamnya) di waktu pagi hari akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas (nyenyak) dibandingkan efek yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas olahraga pada pilihan waktu lain. Ini disebabkan karena otot-otot membutuhkan waktu untuk bersantai dan menjadi normal, sehingga berolahraga di malam hari misalnya justru akan mengganggu tidur kita.

Pilihan dan ketersediaan ruang yang lebih banyak
Kita tentu akan sepakat jika bersepeda maupun aktivitas olahraga lain di pagi hari maka tujuan dan pilihan ruang pun lebih variatif. Kita cenderung bisa bersepeda ke tempat-tempat yang kita kehendaki dengan lebih bebas, sebab waktu pagi mungkin jalanan masih cenderung sepi dengan orang dan kendaraan. Efeknya juga berpengaruh pada psikologi kita, pada kondisi ini akan membuat perasaan kita lebih tenang dan leluasa dalam berolahraga.

Sumber : http://thingsbike.com