10 Feb 2021 / Product Knowledge

Kenapa Pakai Stang Sepeda Gravel?

Sepeda gravel sedang melonjak popularitasnya, dan drop bar flare khusus sepeda gravel tidak hanya menjadi lebih lebar, tetapi juga menambahkan flare, outsweep, dan fitur ramah jalanan berkerikil lainnya.

Ada tiga titik utama pada sepeda yang bersentuhan dengan badan kita, yaitu: pedal, sadel, dan handlebars (stang). Banyak orang yang menghabiskan banyak waktu menghitung dan memilah pedal dan sadel yang cocok sampai tingkat presisi millimeter, tetapi melupakan handlebars.

Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan untuk berbagai aktivitas. Suku cadang sepeda dengan cepat berkembang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu komponen tersebut — dan mungkin yang paling mengalami fluktuasi dan inovasi saat ini — adalah drop-handlebars, alias flare drop bar, gravel bar, atau dirt-drop.

KENAPA PAKAI STANG SEPEDA GRAVEL?

Alasan terbanyak mengapa seseorang meng-upgrade sepeda touring atau sepeda balap-nya dari stang road bike tradisional ke drop bar off-road yang lebih khusus adalah kontrol dan stabilitas.

Singkatnya, konsensusnya adalah bahwa memiliki bar atau palang yang lebih lebar dengan drop yang mengarah ke luar — di antara perubahan lainnya — memberikan kontrol yang lebih baik jika dibandingkan dengan bar yang dirancang untuk sepeda jalan raya standar, yang awalnya dirancang untuk kecepatan dan efisiensi.

Lebar tambahan menciptakan posisi yang lebih alami bagi kebanyakan orang (terutama pengendara sepeda gunung) dan menambah stabilitas dan daya ungkit saat mendaki dan turun di kap mobil. Dan mengingat bahwa kebanyakan orang tetap menjaga tangan mereka saat menegosiasikan permukaan yang curam, longgar, tidak melengkung, atau lebih teknis, ekstensi jatuhan yang lebih dangkal, melebar, dan tersapu menawarkan kontrol lebih dalam posisi ini.

MENGUKUR STANG FLARE

Flare adalah istilah yang digunakan untuk menentukan fitur utama yang membedakan drop-bar gravel dari stang road bike standar. Secara teknis, flare mewakili sudut di mana bagian bawah drop melebar ke luar dari bagian atas bar di tikungan yang membentuk drop.

Misalnya, suar 29 ° (seperti yang digunakan dalam diagram) memiliki sudut luar yang cukup dramatis terhadap penurunan. Sebaliknya, setang jalan tradisional sebagian besar memiliki suar 0 ° dan tetesan jatuh dalam orientasi vertikal dan tegak lurus ke batang horizontal di bagian atas. Semua batang yang dibahas di sini akan memiliki sejumlah suar. Istilah lain yang sering disalahartikan dengan suar adalah outsweep. Sementara flare dibuat dengan memutar seluruh drop ke luar, outsweep dibuat dengan mengarahkan ekstensi drop secara vertikal ke luar tepat di bawah tempat rem.

Stang Flare / Flared Bar

stang sepeda gravel

Seperti disadur dari situs Sepeda.me, stang flare atau flared out adalah stang yang posisi dropnya lebih melebar keluar. Road bike jalan raya tidak terlalu banyak memakai stang flare, kebanyakan flared bar dipakai pada sepeda touring dan sepeda gravel seperti pada sepeda United Gavrill.

Stang flare membuat pegangan yang sedikit lebih lebar, berguna untuk membantu meningkatkan keseimbangan, tumpuan, dan kontrol pada jalan tidak rata dan banyak menanjak. Seperti sepeda gunung dengan pegangan stang yang datar, flared out membuat kita bisa lebih kuat bertumpu pada stang, karena pegangan lebih susah untuk lepas karena guncangan jalan. Flare out stang biasnya dinyatakan dalam satuan sudut, ada juga yang menyatakan dalam satuan mm, yaitu seberapa jauh stang melebar.

Salah satu sepeda yang menggunakan stang flare adalah sepeda touring United Rockford walaupun bukan sepeda gravel tapi stang tipe ini memang mampu memberikan kontrol dan stabilitas untuk dipakai dalam perjalanan jarak jauh.

Sepeda United Rockford merupakan salah satu sepeda commuter andalan dari pabrikan United. Sepeda United Rockford ini memiliki desain rangka yang stylish dengan bahan frame alloy yang ringan dan tahan karat. Dibekali dengan 9 x 2 speed  dari Shimano Sora  yang sudah cukup mumpuni di kelas sepeda commuter, untuk menghadapi berbagai medan tanjakan. Dilengkapi dengan bagasi belakang, yang memudahkan Anda untuk membawa perlengkapan selama berkendara. Dilengkapi juga dengan sistem pengereman yang sudah cakram membuat gowes Anda semakin mantap. 

Bagi SobatSS yang membutuhkan stang sepeda (handlebar) bisa klik link berikut ini atau bisa datang langsung ke toko sepeda SerbaSepeda yang berlokasi di Depok, Bekasi dan Tangerang.