14 Dec 2020 / Product Knowledge

Kupas Tuntas Seri Sepeda Listrik United, Sepeda Lipat & Sepeda Gunung

Sepeda saat ini juga mengikuti perkembangan jaman dimana di era modern seperti ini, teknologi sepeda juga berkembang secara pesat, kalau biasanya sepeda itu identik dengan di kayuh dengan seluruh tenaga kita, sekarang semakin dipermudah.

Salah satu contoh perkembangan teknologi sepeda dapat terlihat pada sepeda listrik atau electric bike yakni gabungan antara sepeda dengan “motor” sehingga menghasilkan elektrik bike atau sepeda listrik.

Namun karena menggunakan mesin seperti “motor”, bukan berarti sepeda kehilangan jati dirinya sebagai teman gowes ya. Karena beberapa produk yang akan kami bahas disini juga masih bisa digowes seperti biasa. Tapi dengan tambahan teknologi tersebut, akan menghasilkan gowesan yang lebih ringan pastinya.

Kehadiran sepeda listrik atau electric bike (e-Bike) bisa disebut sebagai salah satu gerakan ramah lingkungan dalam berkendara karena e-Bike adalah gabungan dari sepeda dengan sebuah mesin seperti “motor” namun tidak menggunakan bahan bakar fosil untuk melaju.

Kali ini Serbasepeda mau membahas semua seri sepeda listrik United mulai dari sepeda lipat listrik (E-folding) dan sepeda gunung listrik (E-MTB)

e-Bike yang akan kami bahas adalah:

  • United Photon untuk kategori E-Folding.
  • United Manrola dan United Berlin untuk kategori E-MTB
  • United Galio untuk kategori E-Urban
sepeda listrik united 2021
Sepeda listrik United Berlin (kiri atas), United Photon (kanan atas), United Manrolla (kanan bawah) dan United Gallio (kanan bawah)

FRAME

Dari segi frame, semua frame electric bike ini hadir dengan desain yang stylish. Memiliki body yang ramping, dengan material frame alloy yang ringan dan tahan karat.

FORK

Sama seperti sepeda pada umumnya, electric bike juga menggunakan fork. Untuk Photon dan Galio, fork yang digunakan adalah rigid.

Namun untuk Photon ada tambahan karet diatas yang berfungsi sebagai peredam getaran pada saat melewati jalan yang sedikit rusak.  

sepeda listrik united

Untuk Manrola dan Berlin, meggunakan fork ber suspensi dari Breach dengan ketinggian travel 120mm yang sudah dilengkapi dengan fitur lockout.

KOKPIT

Beralih ke bagian kokpit, semua electric bike ini sudah terdapat sebuah speedometer digital, yang berfungsi untuk memberikan informasi berupa : indikator baterai, indikator speed, dan total jarak yang telah kita tempuh.

sepeda listrik united

Namun jika kita amati, ada perbedaan nih.. untuk Photon, Galio dan Berlin terdapat sebuah tuas yang dapat di tekan namun untuk Manrola kita tidak menemukan tuas disini, tuas apa ya itu ?

sepeda listrik united
Tuas throttle di bawah speedometer

Jadi tuas yang berada di bawah speedometer digital ini dinamakan electric Throttle.. electric throttle ini akan aktif saat ada pergerakan dari pedal, pergerakan dari pedal ini dinamakan “pedal assist”
apa itu pedal assist ? pedal assist adalah sebuah alat yang dipasangkan di sensor kayuhan kaki yang berfungsi mendeteksi putaran kaki lalu memberikan sinyal ke controller untuk memutar motor secara otomatis.

Dan dengan tambahan electric throttle tadi berfungsi saat sepeda sudah melaju, namun kamu sedang tidak ingin gowes, jadi electric throttle ini yang tetap berfungsi supaya sepeda tetap bisa melaju.

Tentu saja kamu bisa memilih kecepatan maximal yang mau kamu gunakan ya..

Wah teknologi ini sangat berguna pas kita lagi capek gowes ya sobatSS!

DRIVETRAIN

Berbicara soal speed, semua electric bike yang kami bahas kali ini menggunakan sistem external gear. Untuk Photon menggunakan 9 speed dari Shimano Sora dengan jumlah mata gigi 11-28T.

sepeda listrik united 2021

Untuk Galio menggunakan 8 speed dari Shimano Tourney TX, dengan jumlah mata gigi 13-28T.

Manrola menggunakan 8 speed dari Shimano Altus, dengan jumlah mata gigi 11-34T.

Dan untuk Berlin menggunakan 7 speed dari Shimano Tourney.

BATERAI

Dari segi baterai, untuk Photon dan Manrola, baterainya ada di bagian dalam frame sepeda.

sepeda listrik united 2021

Sedangkan untuk Galio dan Berlin, baterainya ada di luar frame.

Penempatan baterai di dalam dan di luar ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing nih! kita bicara dulu soal kelemahan baterai yang ada di dalam yakni secara tampilan bentuk frame, akan terlihat lebih besar karena ada baterai di dalamnya

Kelebihan baterai yang ada di dalam :

  • Jika terjadi hujan, kamu tidak perlu khawatir kalau baterai akan koslet terkena air, karena posisi nya ada di dalam.. jadi lebih aman jika saat gowes tibatiba terjadi hujan.. asal tidak melewati genangan air yang lumayan tinggi yaa, yang penting genangan airnya tidak setinggi motor yang terdapat pada roda ini. 
  • Tampilan frame terlihat lebih rapih.

Untuk Galio dan Berlin yang baterai nya ada di luar, juga memiliki kelemahan dan kelebihan nih sobatSS

Kelemahan baterai yang ada di luar

  • Saat terjadi hujan, posisi baterai yang ada di luar akan beresiko terkena air. Cara menanggulangi nya adalah dengan menutup port dengan plastik supaya air hujan tidak merembes masuk kedalam baterai yang dapat menyebabkan koslet.
  • Secara estetika akan terlihat kurang rapi karena posisi baterai yang terdapat di luar frame.

Kelebihan baterai yang ada di luar

  • Pada saat baterai di lepas, sepeda akan terlihat lebih ramping

Kapasitas dari baterai E-bike ini adalah sebagai berikut :

  • Photon adalah 36V dan 7.8 Ah
  • Galio adalah 36V dan 11 Ah
  • Berlin 36V dan 8 Ah
  • Manrola 36V dan 7 Ah

Total jarak tempuhnya, berkisar 30 hingga 40km, dengan kecepatan maximal 25 hingga 35km/jam.

BOBOT

Bobot untuk sepeda listrik United ini adalah sebagai berikut :

Bobot ini termasuk ringan untuk sepeda listrik yang membutuhkan sebuah mesin. Walaupun bobot dari sepeda ini tergolong “berat” untuk sepeda biasa tanpa bantuan mesin, tapi jangan khawatir. Karena E-bike ini memiliki pilihan kecepatan yang banyak sehingga membuat gowesan mu tetap lebih ringan, walaupun kamu kehabisan baterai karena lupa cas baterai sepeda ini.

KESIMPULAN & HARGA

Kesimpulannya, sepeda ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang mempunyai aktivitas yang mengharuskan kamu untuk keluar rumah, namun juga ingin mendukung gerakan eco friendly..

Karena kamu tidak perlu lagi pergi ke kantor menggunakan kendaraan berbahan bakar yang dapat mencemari lingkungan..

Dengan electric bike, kamu turut menyelamatkan bumi untuk masa depan!

Dan berikut ini, harga untuk electric bike yang kami bahas tadi. ya! untuk harga update dan spesifikasi bisa klik link website yang kami sertakan.

Harga United Photon : Rp. 14.100.000

Harga United Gallio : Rp 12.000.000

Harga United Manrola : Rp 9.900.000

Harga United Berlin : Rp 9.500.000

Harga sepeda listrik United termurah di seri ini yakni United Berlin. Namun tentunya harga ini akan sangat terjangkau, karena melihat dari investasi yang akan dihasilkan jika kita memiliki e-Bike yakni investasi kesehatan lingkungan yang akan menjamin di masa mendatang.

Untuk review lengkapnya kalian bisa simak di video dari channel youtube Serbasepeda di bawah ini.

Untuk mengecek status stok bisa kunjungi situs serbasepeda atau mengunjungi toko sepeda Serbasepeda di Jabodetabek.