27 Aug 2022 / Product Knowledge, Tips & Trick

Mau Beli Sepeda Listrik? Cek Sini Dulu!

Di Era serba eco friendly saat ini, banyak dari masyarakat indonesia mulai mengubah habit mereka yang biasanya menggunakan kendaraan bermotor, menjadi kendaraan ramah lingkungan. Tidak sedikit, beberapa dari mereka memilih sepeda listrik untuk mendukung program eco friendly. Tapi jika kamu tertarik mau beli sepeda listrik, bisa cek sini dulu nih! karena pembahasan ini kita akan kupas tuntas seputar sepeda listrik!

sebelum masuk ke pembahasan, tahu kah kamu, sepeda listrik yang ada di pasaran saat ini terbagi menjadi 2 jenis loh! Yaitu model E-bike dan Moped atau Motor Berpedal. 

E-bike

E-bike

Untuk E-bike sendiri hadir dalam beragam jenis sepeda, mulai dari MTB, City Bike, hingga Sepeda Lipat. Lalu untuk Moped atau Motor Berpedal sendiri berupa Urban Bike yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk saat ini, kita fokus ngomongin soal Moped atau Motor Berpedal yuk! Di pembahasan kali ini akan kita kupas tuntas hal-hal yang harus diperhatikan pada sepeda listrik model Moped dan fitur-fitur yang disematkan!

  • Fitur yang disematkan 

Sebelum membeli Moped, tidak ada salahnya kalau kita memilih fitur yang cocok dengan kebutuhan kita, misalnya seperti maksimal bobot pengguna, watt, pilihan speed, jarak tempuh, kecepatan maximal, jenis pengereman, hingga sistem keamanan yang disematkan. 

  • Watt 

Setelah menentukan pilihan produk yang akan dibeli, SobatSS juga harus mempertimbangkan watt yang digunakan pada Moped tersebut apakah compatible dengan daya yang tersedia di rumah. 

Untuk watt pada Moped, berikut kami berikan tabel informasi watt dan cara pengecasan dari masing-masing Moped yang kami rekomendasikan ya.

Berikut ada tips dari kami seputar cara merawat baterai moped. 

Tips : 

  1. Sebaiknya jangan melewati batas waktu pengecasan yang sudah ditentukan.
  2. Jangan memaksa penggunaan Moped sampai baterainya habis total ya SobatSS. 
  3. Jika indikator baterai sudah menunjukkan 1-2 bar pada indikator, maka wajib melakukan pengecasan kembali. 
  4. Dan satu lagi nih, jangan meletakan charger di atas baterai. (kasih liat indikator menyala saat belum penuh hingga penuh) 

Tambahan tips dari kami, jika Moped tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya bisa dilakukan : 

  1. Pengecasan terlebih dahulu hingga full
  2. Lepas sikring yang terhubung pada baterai. Atau lepas kabel pada pada rangkaian baterai 
  3. Dan yang terakhir yaitu, letakkan sepeda di tempat yang aman ya! 
  • Aman terhadap hujan 

Setelah kita bicara soal kelistrikan, pasti terbesit pertanyaan apakah Moped aman jika terkena hujan ? bagaimana jika kita asik-asik sepedaan lalu turun hujan ? atau bahkan kita harus melewati genangan air?

Jawabannya, tergantung dari curah hujan dan genangan itu sendiri ya SobatSS! 

Untuk intensitas curah hujan yang tidak terlalu deras, dan tidak melewati genangan air yang melebihi batas motor atau dinamo pada roda maka masih aman ya. 

Nah jika SobatSS ada keinginan untuk mencuci sepeda listrik, maka tips dari kami adalah, kamu bisa menggunakan lap basah untuk mengelap bagian yang kotor ya, sebisa mungkin jangan langsung menyemprot sepeda listrik dengan air secara langsung. Namun tentu pada bagian ban, kalian tetap bisa membasuhnya dengan air kok! Tetapi dengan intensitas air yang kecil ya!

  • Jaminan Garansi

Pastinya hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sepeda listrik adalah cek terlebih dahulu garansi sepeda listrik yang akan kamu beli. Pastikan pabrikan tersebut menyediakan sparepart nya ya, sehingga jika terjadi kerusakan kamu tidak perlu khawatir! di SerbaSepeda, kamu akan mendapatkan pelayanan purna jual yang baik setelah kamu beli sepeda listrik di SerbaSepeda!

 

Untuk garansi yang disediakan oleh pabrikan, berikut terlampir tabel garansi dari berbagai merk sepeda listrik ya SobatSS.

  • Tes Drive Sebelum Dibeli

Setelah kamu sudah mengantongi produk berdasarkan hal-hal yang kamu mau, saatnya kamu menentukan toko sepeda yang tepat untuk membeli Moped nih! Selain purna jual yang baik, target Toko Sepeda yang kamu tuju sebaiknya sudah memiliki area untuk test drive! Hal ini penting karena kamu harus nyaman dengan feel berkendara dengan moped yang kamu pilih nih SobatSS. Di SerbaSepeda pastinya sudah memiliki area untuk test drive yang luas ya!