12 Feb 2021 / Product Knowledge

Mengenal 9 Jenis Stang Sepeda, Apa Saja? Cek Disini!

Jenis stang sepeda cukup beragam apalagi jika Anda baru mengenal bersepeda, mudah untuk mengabaikan pentingnya stang padahal stang (handlebar) termasuk komponen kritikal yang menentukan karakter sepeda dimana ada tiga titik utama pada sepeda yang bersentuhan dengan badan kita, yaitu: pedal, sadel, dan handlebars (stang).

Saat kita membahas setiap jenis stang, ada beberapa hal penting yang perlu diingat.

  • Setiap jenis stang digunakan untuk tujuan tertentu.

Jenis bersepeda yang Anda minati — balap, bersepeda gunung, ngelaju, dll. — Akan berperan besar dalam jenis setang yang Anda cari. Misalnya, drop bar — jenis stang yang Anda lihat pada sepeda balap, seperti yang ada di Tour de France — memungkinkan Anda mencondongkan tubuh ke depan dan melakukan perjalanan dengan kecepatan yang sangat tinggi, sedangkan setang flat-bar — jenis yang akan Anda lihat di sepeda gunung, yang pada dasarnya hanya tiang lurus dengan pegangan — memberi Anda lebih banyak kendali saat berbelok, yang memungkinkan Anda untuk pergi off-road dan melewati jalan yang kasar.

  • Berbagai jenis stang sepeda mengubah cara Anda duduk di atas sepeda.

Kami baru saja melihat drop bar vs. flat bar, jadi mari kita tetap menggunakannya. Drop bar akan menempatkan Anda dalam posisi “agresif”, dengan kepala dan bahu membungkuk ke depan, dan itu bagus untuk kecepatan di atas jalan aspal; palang datar akan memberi Anda posisi yang lebih “tegak”, dengan bahu ke belakang dan pantat Anda lebih tepat di atas pelana (tempat duduk), yang merupakan postur yang baik untuk menavigasi jalan setapak dan jalan berbatu. Postur Anda di atas sepeda menentukan jenis bersepeda yang dapat Anda lakukan.

  • Setiap jenis stang memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Drop bar memungkinkan kecepatan (baik untuk balapan), tetapi membatasi pandangan pengendara sepeda tentang dunia di sekitar mereka (buruk untuk off-road); palang datar tidak memungkinkan pengendara sepeda melaju secepat (buruk untuk balapan), tetapi mereka memungkinkan pengendara sepeda melihat seluruh lingkungan mereka (baik untuk off-road).

Kita akan membicarakan semua aspek ini — fungsi khusus, pro dan kontra, dan seterusnya — di setiap bagian di bawah ini.

1. Drop Bar

Ini adalah salah satu jenis stang yang paling dikenal. Mereka paling sering terlihat di sepeda jalan raya, dan tampilannya seperti ini:

jenis stang sepeda

Seperti yang Anda lihat, drop bar memiliki bentuk tiga dimensi yang unik, dan memungkinkannya menjadi beberapa tipe stang. Bentuknya memungkinkan Anda memegang stang menggunakan empat posisi tangan yang berbeda:

  • Anda dapat memegang “Top” atau puncak stang (ini adalah bagian tertinggi dari stang);
  • Anda dapat memegang sudut stang (di sinilah stang melengkung ke depan, menjauh dari Anda);
  • Anda dapat memegang “hoods” (ini adalah permukaan di bagian atas rem); atau
  • Anda dapat memegang bagian paling bawah dari stang.

Setiap posisi tangan membawa Anda ke depan dan lebih dekat ke roda depan — dan setiap posisi tangan memungkinkan Anda melaju lebih cepat.

Kemampuan untuk menggunakan berbagai tipe pegangan di drop bar membuatnya menjadi pilihan HEBAT bagi pengendara sepeda balap atau roadbike:

Saat Anda memegang bagian terendah drop bar — Anda Berada di posisi paling aerodinamis, dan Anda akan dapat mendorong pedal lebih efisien daripada saat Anda berada pada posisi yang lebih tegak.

2. Flat Bar

Jika drop bar sedikit mewah, flat bar jauh lebih sederhana. Mereka juga lebih mudah untuk dijelaskan: mereka adalah batang datar dengan pegangan di kedua ujungnya. Tidak sulit untuk dibayangkan, tetapi jika Anda membutuhkan sedikit bantuan, tampilannya akan seperti ini:

jenis stang sepeda

Terkadang, ada sedikit sudut di dalamnya, dan tidak 100% datar. Tetapi sebagian besar waktu mereka masih disebut sebagai batang datar.

Flat-bar bagus karena beberapa alasan:

Mereka adalah pilihan yang bagus untuk sepeda gunung.

Palang datar menjaga tangan Anda tetap pada posisi yang memberi Anda kontrol lebih saat Anda menavigasi medan yang berat, dan lebar palang memberi Anda kontrol lebih terhadap belokan. Secara tradisional, ini sebagian besar digunakan oleh pembalap sepeda gunung lintas alam, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, pengendara sepeda gunung menuruni bukit telah mulai menggunakannya juga.

Flat Bar mempromosikan sikap berkendara yang lebih tegak.

Dan itu bagus untuk bersepeda yang lebih santai. Flat bar sangat umum pada sepeda hybrid, fixies, dan bahkan tersedia pada beberapa sepeda road bike (dikenal sebagai sepeda road bar datar).

Mereka bagus untuk berdecit melalui ruang sempit.

Jika Anda seorang pengendara sepeda perkotaan dan Anda menemukan diri Anda masuk melalui ruang sempit — antara bagian belakang truk Mac dan mobil yang diparkir adalah kejadian yang sangat umum — memiliki set setang lebar akan membuat Anda terjebak. Palang datar yang sempit adalah pilihan yang bagus jika Anda akan bersepeda melalui ruang sempit.

Mereka menawarkan banyak ruang

Untuk memasang aksesoris tambahan seperti lampu pengaman, komputer sepeda, dudukan ponsel, dudukan speaker, dan sebagainya. Kedengarannya seperti masalah kecil, tetapi jika Anda menggunakan sepeda untuk bepergian atau melakukan tugas keliling kota, real estat setang itu sangat bagus.

Ada beberapa kelemahan pada Flat Bar:

Tangan dan pergelangan tangan Anda bisa lelah dan pegal pada setang palang datar, karena Anda hanya punya satu posisi untuk digunakan. Namun, Anda dapat menambahkan peralatan tambahan (seperti ujung batang) jika Anda ingin lebih banyak posisi tangan yang digunakan.
Mereka tidak luar biasa untuk bergerak cepat. Palang datar tidak memungkinkan Anda untuk mengambil postur aerodinamis, dan Anda tidak bisa mendapatkan postur agresif saat menggunakannya. Perlu diingat, bagaimanapun, itu bukan untuk apa mereka dibuat.

3. Riser Bar

Riser bar adalah pilihan yang sangat populer, Anda akan melihatnya di semua jenis sepeda gunung, sepeda hybrid dan sebagainya. Riser Bar terlihat seperti ini …

jenis stang sepeda

Sama seperti flat bar, riser memaksa Anda untuk menggunakan satu posisi tangan, dan mereka menjaga telapak tangan Anda menghadap ke tanah (posisi tangan yang akan membantu Anda menyerap guncangan dari jalan atau jalan yang kasar), dan mereka akan memastikannya jarak tangan Anda cukup jauh satu sama lain (yang memungkinkan Anda berputar dengan cepat dan efektif).

Riser bar menciptakan posisi yang bagus dan tegak — sekali lagi, tidak bagus untuk kecepatan, tetapi bagus untuk bersepeda off-road dan untuk berkendara di perkotaan. Riser bar — seperti flat bar — memiliki lebar yang bervariasi.

4. Cruiser Bar

jenis stang sepeda

Dari semua jenis stang, ini mungkin, stang paling nyaman yang akan Anda temukan: stang lebar dengan bengkokan ke belakang ke arah tubuh Anda, dan pegangan — alih-alih mengarah ke luar, seperti riser bar dan flat bar— stang ini mengarah ke belakang. Mereka sangat menyenangkan untuk dikendarai, dan mereka merasa seperti Anda sedang mengemudikan bus. Mereka terlihat seperti ini:

Mereka tidak dibuat untuk sepeda berperforma tinggi — Anda tidak akan pernah menggunakannya pada sepeda gunung atau sepeda hybrid atau sepeda balap — dan sangat sulit digunakan saat mengayuh menanjak, tetapi sangat bagus untuk sepeda yang nyaman: karena stang ini meregang jauh ke belakang, Anda bisa duduk tegak sepenuhnya dan mengayuh pedal. Pasangkan stang ini dengan sadel empuk dengan beberapa pegas, dan Anda akan mendapatkan perjalanan bersepeda yang sangat nyaman.

5. Aero Bar

Ketika kebanyakan orang mendengar istilah handlebar atau “stang”, sesuatu yang bergerak dari sisi ke sisi, tegak lurus dengan pengendara sepeda. Aero bar adalah jenis kebalikan dari itu: mereka bergerak ke luar dan ke depan, di depan pengendara sepeda.

jenis stang sepeda

Aero bar adalah jenis stang sepeda panjang dan sempit yang memungkinkan Anda mengambil posisi yang sangat agresif, dan yang seaerodinamis mungkin, sehingga Anda dapat mencapai kecepatan secepat mungkin. Mereka sangat umum dalam balapan time trial, di mana pengendara sepeda mencoba untuk “mengalahkan waktu”.

Aero Bar akan memungkinkan Anda menembus angin dan kecepatan seperti peluru, tetapi hal itu bisa sangat berbahaya — karena postur tubuh Anda yang terselip, akan sangat sulit untuk berbelok atau melewati rintangan di jalan — dan karena itu bahaya tambahan , sepeda dengan batang aero biasanya dilarang dalam balapan beberapa pengendara sepeda (itulah sebabnya sepeda biasanya digunakan dalam uji waktu, di mana pengendara sepeda biasanya bersepeda sendiri).

6. Bullhorn Bar

Bullhorn bar dulunya hanya ditemukan pada sepeda track (jenis sepeda yang digunakan di balap velodrome) atau sepeda time trial, tetapi sekarang sudah cukup umum. Mereka mendapatkan namanya karena terlihat seperti tanduk banteng:

jenis stang sepeda

Jadi jika Anda tidak menggunakan velodrome dan tidak dalam uji waktu, mengapa Anda ingin menggunakannya?

Pada dasarnya, mereka menawarkan keuntungan terbesar dari drop bar — yaitu, beberapa posisi tangan — tetapi mereka memungkinkan Anda berdiri tegak sedikit lebih, sehingga Anda dapat melihat lalu lintas dan pejalan kaki di sekitar Anda (dan itulah mengapa mereka menjadi populer di kalangan perkotaan pengendara sepeda).

Jenis stang sepeda ini seperti drop bar, karena memberi Anda kemampuan untuk mencondongkan tubuh ke depan dan turun ke posisi tuck yang agresif dan bergerak dengan kecepatan lebih tinggi, tetapi juga bagus untuk tanjakan — memungkinkan Anda mengayuh lebih efisien saat berada di sadel , sekaligus memungkinkan Anda mengayuh dengan agresif saat keluar dari sadel.

7. Butterfly Bar

Stang Butterfly atau stang kupu-kupu ini memiliki bentuk seperti kupu-kupu, simetris dan terlihat seperti sayap. Seperti drop bar dan bullhorn bar, keuntungan besar dari setang kupu-kupu adalah memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai posisi tangan. Itu membuat mereka FANTASTIS untuk perjalanan jauh, karena:

Perjalanan panjang akan menghadirkan berbagai macam medan (mis., Perbukitan, tanjakan curam, dataran panjang dan tak berujung, dll.), Dan Anda harus menggunakan sejumlah postur bersepeda yang berbeda untuk memenuhi setiap jenis medan; dan selama perjalanan bersepeda yang panjang, tangan dan pergelangan tangan serta lengan dan bahu Anda pada akhirnya akan pegal dan memiliki kemampuan untuk mengganti posisi stang Anda, dan secara sistematis mengistirahatkan berbagai kelompok otot Anda, adalah suatu keharusan yang mutlak.

Stang Butterfly yang panjang berarti memberi Anda banyak kesempatan untuk menambahkan aksesoris seperti smartphone, botol minum, cermin, senter, dll.

Jenis stang sepeda ini bisa menjadi sedikit berat, tetapi jika Anda dalam perjalanan jauh, pastinya akan sepadan. Jika Anda pernah melihat tur sepeda, Anda mungkin akan melihat beberapa orang menggunakan butterfly bar.

8. Moustache Bars​

Moustache Bar atau stang kumis Ini adalah jenis stang yang cukup jarang digunakan. Stang ini pada dasarnya adalah drop bar namun tidak memiliki posisi yang tidak terlalu ke bawah. Bentuknya akan memungkinkan Anda untuk mengubah posisi tangan, tetapi mereka menawarkan posisi tangan yang lebih sedikit daripada drop bar atau bullhorn bar.

Anda tidak akan melihat banyak orang yang menggunakan stang jenis ini sebanyak yang Anda lihat pada drop bar atau flat bar atau bullhorns atau riser bar atau upright bar — tetapi stang jenis ini dipakai beberapa orang tertentu.

9. Stang BMX

Stang BMX lebih kecil dan diproduksi untuk menjadi sangat kokoh karena sepeda BMX banyak digunakan untuk beberapa acara yang cukup memberi tekanan pada sepeda seperti balapan hingga aksi jalanan, dan stang BMX dibuat untuk menahan tekanan tinggi.

Anda tidak akan melihat stang BMX pada banyak sepeda yang bukan BMX.

Itulah 9 jenis stang sepeda jadi banyak jenis setang sepeda yang dapat Anda pilih. Saran kami adalah mencari tahu apa yang paling nyaman untuk Anda.

Bagi Anda yang tertarik membeli stang sepeda atau handlebar bisa menuju halaman ini atau langsung ke toko sepeda Serba Sepeda yang berlokasi di Depok, Pondok Gede, Cikarang dan Tangerang.