22 Dec 2020 / Tips & Trick

Mengenal Ukuran Ban Sepeda Lipat, Apa Itu ETRTO?

Kali ini kami akan memberikan sedikit pengetahuan dan pembahasan mengenai ukuran-ukuran ban pada sepeda lipat. Mungkin kita pernah ke toko sepeda dan berhadapan dengan dua pilihan sepeda, yang pertama menggunakan ban ukuran 20×1.50 dan yang kedua menggunakan ban berukuran 20×1 3/8 atau teman di komunitas banyak yang membicarakan wheelset 406 atau 451? juga mungkin ada pembahasan di gup mengenai seli ban 22′.

Nah dengan pembahasan ini mudah-mudahan SobatSS mengerti mengenai ukuran ban pada sepeda lipat. Sebelum kita bahas lebih dalam tentang ukuran ban pertama-tama kita harus tahu dulu apa itu ETRTO.

ETRTO

ETRTO adalah organisasi teknis ban dan pelek Eropa dan merupakan singkatan dari European Tire and Rim Technical Organization, menurut Wikipedia fungsi ETRTO yakni untuk menentukan dan menyelaraskan ukuran pelek dan ban pneumatik yang terkait di seluruh Uni Eropa.

Ukuran ETRTO berlaku untuk pelek dan ban untuk kendaraan dari semua jenis termasuk sepeda. Makanya tidak asing jika pada rims atau velg sepeda kita temukan ETRTO.

ETRTO hanya dapat kita temukan pada rims dan ban luar. Pada rims pengukuran ETRTO berdasarkan pada jarak antara bed seat atau BSD seperti gambar di bawah ini

ban sepeda lipat 2021

Jadi diameter diukur antara kedua sisi dudukan bead / kawat pada ban.

Nah begitu pula pada ban luar, ETRTO diukur berdasarkan diameter bead/kawat pada bagian luar karena diukur dari bead yang sama maka dengan kata lain ukuran diameter ETRTO antara rims dan ban luar harus cocok.

Dari pengukuran tadi kita belajar cara membaca ukuran ETRTO, kita ambil contoh wheelset gambar dibawah ini

ban sepeda lipat 2021

Tertulis pada ban luar ukuran 20 x 1.50 juga ada tulisan 37-406, tulisan 37-406 itulah yang disebut ETRTO artinya bead diameter ban luar tersebut berukuran 406mm lebar ban 37mm begitu juga pada rims-nya jika diukur antar bead seat diameternya pasti cocok 406mm nah dari sini sudah mendapat gambaran mengenai ETRTO ya.

Pada penulisan ukuran untuk ban luar sepeda terdapat dua ukuran yang populer digunakan yakni

  1. American
  2. Imperial

Untuk ukuran-ukuran yang sering kita jumpai seperti 20×1.50 contohnya itu disebut ukuran American dan ukuran-ukuran dengan pecahan seperti 20×1 3/8 itu disebut ukuran imperial atau bahasa lokalnya sering disebut ukuran jengki lantas apa bedanya ya?

Kita ambil contoh ukuran 20 x 1.50 apabila diukur dengan ETRTO dimensi ban luar 37 – 406 sedangkan ukuran 20 x 1 3/8 adalah 35 – 451 artinya ukuran 20 x 1.50 memiliki lebar 37mm dan diameter bead 406mm sedangkan 20 x 1 3/8 memiliki lebar 35mm dan diameter bead 451mm. Dari kedua ukuran tersebut jelas terlihat berbeda ya. Terlihat jelas bahwa diameter 20×1 3/8 lebih besar dari 20 x 1.50.

Ternyata walaupun sama-sama 20 inci berbeda ukuran. Hal ini terjadi karena perbedaan standar pengukuran yang digunakan tadi. Oleh karena itu 20×1 3/8 sering disebut dengan ban ukuran 22″ berikut ini kami berikan contoh tabel untuk ukuran yang umum digunakan

Dari sini sudah terlihat jelas perbedaannya bahwa ukuran yang ada di pasaran memang sangat beragam. Cara yang paling akurat adalah dengan mengetahui ukuran ETRTO-nya.

Semoga kamu tidak bingung lagi jika dihadapkan dengan berbagai ukuran ban sepeda lipat.

Lengkapnya kamu bisa menyimak video dari channel youtube SerbaSepeda di bawah ini.

Bagi kamu yang ingin membeli sepeda bisa mengunjungi toko sepeda SerbaSepeda di toko kami yang berlokasi di Jabodetabek atau mengunjungi toko sepeda online di SerbaSepeda.com.