18 Jul 2017 / Inspiration

Menurunkan Berat Badan Dengan Bersepeda

Saat ini ada begitu banyak produk-produk kesehatan yang disebut-sebut mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Tentu saja ada biaya mahal yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan produk-produk tersebut. Nah, sesungguhnya ada cara mudah dan murah untuk menurunkan berat badan yakni dengan bersepeda.

Anda tertarik untuk mencobanya? Jika Anda sudah memiliki sepeda dan berniat untuk mencobanya, simaklah terlebih dahulu 8 tips menurunkan berat badan dengan bersepeda berikut ini.

1. Mengenakan pakaian yang nyaman

Sebagian orang berpikir, untuk menurunkan berat badan harus dilakukan kegiatan yang mampu menguras keringat. Dengan pandangan seperti ini, mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda lantas menggunakan pakaian yang tebal untuk membuat tubuh lebih cepat panas agar keringat keluar lebih banyak.

Padahal sesungguhnya hal tersebut adalah cara pandang yang salah. Sebab hal itu hanya akan memicu terjadinya dehidrasi dan dehidrasi sama sekali tidak bagus untuk proses penurunan berat badan khususnya dalam olahraga bersepeda. Sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan penuhi kebutuhan tubuh akan air selama bersepeda sehingga pembakaran kalori bisa berlangsung sempurna.

2. Hindari mengkonsumsi suplemen diet

Selama menjalani penurunan badan dengan bersepeda, sebaiknya tinggalkan suplemen-suplemen diet yang selama ini dikonsumsi. Sebab suplemen tersebut biasanya akan menurunkan performa tubuh. Suplemen umumnya bekerja dengan membersihkan tubuh dari racun, namun seringkali mineral dan lemak-lemak penting dari dalam tubuh juga ikut hilang dalam proses pembersihan tersebut.

3. Sarapan sebelum bersepeda

Meskipun sedang berusaha menurunkan berat badan, tetapi bukan berarti Anda harus melewatkan sarapan sebelum bersepeda. Sebaiknya konsumsilah sarapan yang sehat agar terpenuhi kebutuhan kalori untuk bersepeda. Selain itu, sarapan akan membuat tubuh tidak terlalu lapar di saat siang sehingga porsi makan pun tak berlebihan.

4. Berhati-hati dengan gluten

Tips keempat dari 8 tips menurunkan berat badan dengan bersepeda adalah tips yang berkaitan dengan gluten. Sebaiknya konsumsilah makanan sumber energi yang bebas gluten seperti jeruk, pepaya dan kentang. Hal ini akan membantu menghindari perasaan kembung setelah lelah bersepeda.

5. Membatasi porsi makanan

Mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan biasanya menjauhi makanan-makanan yang berpotensi meningkatkan berat badan meskipun makanan tersebut adalah makanan favorit. Padahal dengan menjauhi makanan favorit terkadang hanya akan memunculkan keinginan yang semakin kuat untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Daripada menjauhi makanan favorit seperti es krim atau coklat, lebih baik batasi saja porsinya. Dengan cara ini, ledakan keinginan untuk mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak bisa dihindari.

6. Mengkonsumsi makanan saat bersepeda

Jika Anda berencana untuk bersepeda dalam waktu yang lama atau menempuh jarak yang jauh, sebaiknya jangan menjauhi makanan. Saat sedang beristirahat, sebaiknya konsumsilah makanan agar performa meningkat. Menahan diri untuk tidak makan selama bersepeda dalam waktu yang lama hanya akan membuat Anda makan berlebihan ketika tiba di rumah.

7. Mengkonsumsi sayuran dan protein

Sayur-sayuran dan protein seperti ikan dan daging ayam menjadi pilihan makanan yang tepat bagi para pesepeda yang ingin menurunkan berat badan. Makanan-makanan ini akan membuat tubuh sehat dan dapat mendorong tubuh membakar kalori dengan lebih baik.

8. Usaha keras di menit-menit terakhir

Saat hendak menyelesaikan sesi bersepeda, usahakan untuk mendorong tubuh melakukan usaha yang lebih keras lagi, misalnya dengan mengayuh lebih cepat. Hal ini akan membantu tubuh untuk menyerap oksigen lebih banyak dan proses pembakaran kalori pun dapat terus berlangsung bahkan setelah sesi bersepeda berakhir.

Itulah 8 tips menurunkan berat badan dengan bersepeda yang patut dicoba. Dengan mempraktekkan beberapa tips tersebut diharapkan proses penurunan berat badan dengan bersepeda bisa berjalan dengan optimal.

Sumber : gowesbike.com