01 Mar 2020 / Product Knowledge

Ini Dia 10 Sepeda MTB Terbaik Awal 2020

Di tahun 2019 sampai awal 2020 ini memang tidak dipungkiri, bahwa dunia persepedaan tanah air sedang diramaikan oleh euforia sepeda lipat. Bahkan tidak banyak grup sepeda MTB / Roadbike yang beralih ke sepeda lipat loh.

Namun ditengah maraknya sepeda lipat, data penjualan di SerbaSepeda sendiri baik secara online website, online marketplace ( Tokopedia, BliBli, Bukalapak, Shopee, Lazada), maupun di 3 cabang offilne store (SerbaSepeda Pondok Gede, SerbaSepeda Cikarang, SerbaSepeda Green Lake City), menunjukan bahwa MTB masih menjadi jenis sepeda terlaris sepanjang tahun 2019. Tidak sedikit pula, Pelanggan kami kebingungan dalam memilih sepeda MTB apa yang akan dibeli, terutama para pelanggan online.

Berikut ini kami coba berikan rekomendasi kami mengenai Sepeda Gunung yang layak di beli / Worth To Buy di awal 2020 ini, yang mudah-mudahan membantu sobatSS untuk menentukan MTB mana yang kira-kira cocok berdasarkan harga dan spesifikasi.

Berikut ini daftar 10 sepeda MTB terbaik awal tahun 2020 yang kami bagi berdasarkan harga.

MTB di Bawah 3 juta

Untuk MTB di bawah 3 juta, memang tidak banyak pilihan MTB yang berkualitas tinggi, terutama jika kita berbicara tentang spesifikasi. Namun berdasarkan kelayakannya, kami merekomendasikan 2 sepeda yang cukup memiliki peforma mumpuni, yaitu Polygon Cascade 3 dan United Monanza 4.0.

1.Polygon Cascade 3 27.5 inch 

Sepeda MTB

Polygon Cascade 3 dibekali frame alloy berkualitas dari Polygon, Fork Suspensi Suntour XCE dengan kualitas yang dapat dibilang oke, Groupset dari Shimano Tourney dengan 3 pilihan kecepatan untuk Crank dan 7 pilihan kecepatan pada Sprocket. Komponen lainnya pun cukup mendukung peforma untuk sepeda cross country entry level, seperti brakeset mekanik dari Tektro, wheel dan komponen dari Entity, dan ban dari Kenda. Cascade 3 sendiri di bandrol dengan harga Rp.2.950.000,- . dengan harga yang cukup terjangkau dan spek mumpuni makan sepeda ini layak masuk daftar sepeda MTB terbaik awal 2020.

2. United Monanza 4.0 27.5 inch

Mengapa kami merekomendasikan Monanza dibanding United Detroit Series? Selain memiliki rangka alloy yang kokoh, sepeda ini memiliki 3 x 7 Speed / pilihan kecepatan dari Shimano Tourney, yang menurut kami cukup baik untuk digunakan jangka panjang. Juga dilengkapi Fork dengan fitur lockout dengan merk Breach, yang mirip dengan fork yang dipakai United seri Detroit. Kami rasa memang sepeda ini layak dibeli, terutama harganya hanya berkisar 2,4 Jutaan.

MTB Harga 3 – 5 juta

Di rentang harga 3 – 5 juta, sudah cukup banyak pilihan berkualitas, namun kami coba rekomendasikan berdasarkan Spesifikasi dan Kegunaan yang paling layak menurut kami ya sobatSS. Ada 2 sepeda yang kami rekomendasikan, yaitu Thrill Oust 1.0 dan Thrill Vanquish 1.0.

3. Thrill Oust 1.0 27.5 inch

Tidak diragukan lagi, Thrill Oust merupakan sepeda Fullsus atau Full Suspension entry level yang paling banyak digemari nih SobatSS, selain sistem suspensi single pivot yang simple dan mudah dalam perawatan, dengan harga 4,3juta sudah memiliki spek yang cukup mumpuni loh, seperti Frame Alloy yang gagah dengan internal cable routing,  3 x 8 pilihan kecepatan dari Shimano, Fork yang dilengkapi fitur lockout, Rem Disc Brake Hidrolik dari Shimano.

4. Thrill Vanquish 1.0 27.5 inch

Sepeda MTB Thrill Vanquish 1 27.5 - tampak depan

Tidak kalah mumpuni dari saudaranya Thrill Oust 1.0, Thrill Vanquish 1.0 memiliki frame alloy dengan internal cable routing, 3 x 9 pilihan kecepatan dari Shimano, Fork RST Blaze dengan fitur lockout , rem Hidrolik Shimano dan yang paling keren adalah Crank Alloy Triple dengan sistem Hollowtech 2 dari Thrill. Dengan harga sekitar 4.85 jutaan, membuat sepeda ini layak untuk dibeli, terutama untuk sobatSS yang malas upgrade-upgrade.

MTB Harga 5 sampai 7 juta

Di rentang harga ini, semakin banyak pilihan merk dan jenis yang mulai membuat makin bingung nih. Terutama dari segi kulitas dan spesifikasi. Namun kita punya 2 rekomendaai jagoan nih, yaitu United Clovis 5 dan polygon Xtrada 6.

5. United Clovis 5

Sering disebut “Sepeda Ghaib”, karena memang ketersediaan sepeda ini tidak dapat di prediksi. Antusiasme dan peminat sepeda ini dapat dikatakan sangat tinggi. Hanya dengan 5,5 juta, sudah dapat membawa pulang sepeda dengan spesifikasi yang cukup mumpuni yaitu 2 x 9 speed dari Shimano, Crank Hollowtech 2 Shimano, Fork Venom Angin, Wheelset Nautilus Bearing, Ban Maxxis Ardent.

Selain itu Frame dan Fork mengadopsi sistem spacing terbaru yang dikenal dengan istilah BOOST TA. Dengan spek tinggi, fitur teranyar, dan harga yang terjangkau wajar bila clovis menjadi pilihan yang paling banyak dilirik sepanjang tahun 2019. Untuk seri 2020, clovis semua seri memiliki 2 pilihan ukuran ban, yaitu 27.5 dan 29 inci.

6. Polygon Xtrada 6

Walaupun belum dilengkapi fitur Tapered headtube dan TA BOOST, Xtrada 6 memiliki spesifikasi yang berkualitas dengan merk-merk yang sudah lama dikenal di dunai MTB, dilengkapi 2 x 10 pilihan kecepatan dari Shimano Deore, dan Crank Alloy Hollowtech 2, Fork Suntour XCR dan brakeset hidrolik dari shimano. Di kalangan goweser, Xtrada diyakini memiliki kualitas frame dan harga jual kembali yang tinggi. Dari segi harga, Xtrada 6 dibandrol dengan harga Rp.6.800.000,-

MTB Harga 7-10 juta

Di rentang harga ini kami merekomendasikan sepeda fullsuspension yang cukup mumpuni. Apalagi kalau bukan siskiu D5 dan Epsilon T1.

7. Polygon Siskiu D5

Siskiu series memiliki rentang yang cukup luas. Walaupun D5 merupakan seri terendah dari siskiu series, sistem suspensi dan kualitas frame tidak kalah loh dengan seri-seri di atasnya. D5 memiliki travel fork (Suntour XCM) dan frame sebesar 120mm yang dikategorikan sebagai all around Cross Country. Dengan 2×9 pilihan kecepatan dari shimano alivio, kami rasa sudah cukup untuk dapur pacu sepeda trail fullsuspension ini. Siskiu D5 sendiri di bandrol dengan harga 8.5 juta.

8. United Epsilon T1
10 sepeda mtb terbaik awal 2020

Sudah dilengkapi fitur-fitur seperti Boost TA, dan tappered headtube. Menjadikan Epsilon T1 sepeda fullsuspension yang bisa dikategorikan modern. Dilengkapi 1×9 pilihan kecepatan dari Shimano Alivio, Fork Suntour XCR Boost TA, dan ban maxxis Forekaster menjadilan United Epsilon T1 lawan yang cukup menantang Siskiu Series ya SobatSS. Untuk Epsilon T1 sendiri di bandrol dengan harga sekitar 9.3 Jutaan.

MTB Harga di atas 10 juta

Untuk range diatas 10 Juta sudah banyak sekali pilihan di brand lokal maupun import. Dari brand lokal kami merekomendasikan 2 sepeda yang cukup mengguncang persepedaan tanah air, yaitu Polygon Siskiu D7 dan Thrill Ricochet T160 Comp.

9. Polygon Siskiu D7

10 sepeda MTB terbaik awal 2020

Sudah tidak diragukan lagi, Siskiu D7 sangat di gemari di persepedaan tanah air, dengan harga Rp. 14 juta , kita sudah mendapatkan spesifikasi yang mumpuni, 1×11 pilihan kecepatan shimano deore XT, fork rockshox recon 120mm, wheelset entity tubeless ready. Dari segi frame, sudah menggunakan internal cable routing, tapered headtube, Boost TA dan Internal Dropper post routing. Bisa dibilang sepeda satu ini sudah cukup mumpuni untuk melibas segala medan XC dan Trail. Namun sejauh ini hanya terdapat 1 pilihan warna yaitu cream black.

10. Thrill Ricochet T160 Comp

Sesuai namanya, sepeda satu ini memiliki front dan rear travel 160mm yang berarti sepeda ini masuk kelas All Mountain / Enduro. Dengan spek yang mumpuni untuk melibas medan Enduro, seperti 1×10 pilihan keceptan dari shimano deore dengan sprocket 11-46T, Fork suntour Aion 160mm Boost TA, rearshock Suntour edge, ban schwalbe hans dampf, dan dropper seatpost. Kami rasa sepeda ini sudah sangat layak untuk bersenang-senang di medan turunan offroad. Dengan harga sekitar 18.9 juta, sepeda keren satu ini sudah dapat di bawa pulang dan layak menempati posisi nomor satu sepeda MTB terbaik awal tahun 2020.

Nah itu dia rekomendasi 10 sepeda MTB terbaik versi Serbasepeda. Semoga membantu sobatSS dalam memutuskan sepeda apa yang paling layak dibeli. Jangan lupa check sepeda incaran kamu di website kami, jangan ragu untuk livechat kami untuk menanyakan ketersediaan. Karena kami menyediakan layanan gratis ongkir dan gratis servis selamanya Loh.