29 Mar 2021 / Product Knowledge

Pacific Primum 5.5 Salah Satu Road Bike Aero Terbaik!

Setelah sebelumnya kita memberikan rekomendasi road bike terbaik awal 2021 mulai dari harga yg paling terjangkau hingga harga yang lumayan mahal setara kelas professional, pada kesempatan kali ini, kami mau bahas lagi road bike yang menjadi primadona para goweser yakni Pacific Primum 5.5.

Dari segi namanya aja sudah terdengar keren ya, kira- kira apakah spesifikasinya akan sekeren namanya? penasaran? berikut ini review Pacific Primum 5.5.

FRAME

Pada bagian frame, Primum 5.5 menggunakan frame berbahan carbon.

Kalau dilihat disini, pada frame berbahan carbon, tidak ditemukan las lasan di setiap persambungan tube ya SobatSS.. ini karena teknik pembuatan dari frame carbon melalui proses pencetakan.

Walaupun frame carbon memiliki bobot yang sangat ringan dan bahkan terlihat ringkih, tapi sebenarnya pernyataan itu hanya mitos kok SobatSS! Bahkan frame carbon bisa lebih kuat dibanding frame alloy loh!

Dilihat secara keseluruhan, frame Primum 5.5 terlihat pipih disetiap tube nya ya, itu berarti road bike ini masuk dalam kategori road bike aero nih.. untuk yang lupa apa itu sepeda aero, berikut kami berikan cuplikan singkatnya ya.

FORK

Karena Primum 5.5 masuk dalam kategori sepeda aero, yang mana semua tubenya berbentuk pipih.. maka fork nya juga pipih dengan bahan yang sama seperti framenya.. selain lebih ringan bobotnya, fork dengan bahan carbon akan membuat handling pengendara semakin ringan dan lincah saat bermanuver.

STEERING

Berbicara soal handling, sekarang kita naik ke bagian steeringnya ya, Primum 5.5 dibekali handlebar model dropbar berbahan alloy dari Syte, dengan panjang handlebar 440mm, dan stem juga berbahan alloy dari syte dengan panjang 100mm.

Stem yang panjang, akan membuat tubuh pengendara akan semakin condong kedepan atau semakin membungkuk seperti ini (visualisasikan ya)

SEATPOST & SADDLE

Sekali lagi, karena Primum 5.5 masuk dalam kategori sepeda aero, maka semua tube beserta seattube dan seatpostnya pun juga berbentuk pipih loh!

Seatpost yang digunakan berbahan carbon, berpanjang 350mm..

Juga disematkan saddle ramping yang empuk, dengan lebar hanya 120mm

Seatpost dan saddle, keduanya dari merk Syte ya SobatSS.

GROUPSET

Primum 5.5 menggunakan grupset dari Shimano 105! Shimano 105 adalah grupset favorit dikalangan pesepeda balap nih!

Shimano 105  sendiri ada diurutan ke 4 dari kelas shimano untuk grupset roadbikenya.. (bikin hierarki, dr yg terendah shimano claris, shimano sora, shimano tiagra lalu shimano 105)

seri Shimano 105 ini diperuntukkan untuk pesepeda yang serius, walaupun bukan untuk level kompetisi ya ..

dan dapat dikatakan bahwa seri 105 ini merupakan jembatan ke seri di atasnya yaitu Ultegra.. ada juga yang mengatakan Shimano 105 adalah versi murahnya Shimano Ultegra..

oke kembali lagi ke pembahasan sepeda ya, Primum 5.5 menggunakan grupset dari Shimano 105 dengan konfigurasi 2 x 11 speed, dengan sprocket berjumlah mata gigi 11-32T dan 2 keping gear pada bagian depan dengan jumlah mata gigi 34 dan 50T.

Konfigurasi ini akan menghasilkan rasio gir yang powerfull untuk diajak ngebut, dan masih nyaman saat diajak nanjak.. apalagi dengan tambahan hollowtech II, pasti gowesannya akan terasa lebih ringan lagi.

PENGEREMAN

Kita sampai di pengereman, Primum 5.5 menggunakan pengereman semi hidrolik bermerk pro berdiameter 140mm depan dan belakang.

Semi hidrolik?

Apa yang dimaksud dengan pengereman semi hidrolik ?

Pengereman Semi Hidrolik adalah gabungan sistem hidrolik dan mekanik.

Dimana brake lever dan hose atau selang rem masih menggunakan sistem mekanik/tarikan kawat sling.

Namun pada caliper memiliki sistem pendorong kampas dengan bantuan tenaga hidrolik.

jika dibandingkan dengan rem hidrolik

kelebihannya, perawatan dan pemasangan rem mudah, tidak perlu bleeding hose dan lever.

kekurangan nya, biasanya bobot lebih berat dibanding sistem pengereman full hidrolik.

Namun untuk stopping power atau ke”pakem”an kurang lebih sama ya.

Lalu jika dibandingkan dengan rem mekanik

Rem semi hidrolik memiliki kelebihan yaitu, pengereman lebih pakem dan dorongan kampas rem lebih merata, menyerupai hidrolik.

kekurangan, sistem caliper hidrolik yang perlu perawatan bleeding parsial hanya pada calipernya

sistem pengereman ini umumnya ada pada Road Bike, Sepeda Lipat, Gravel dan Touring dengan segment menengah atas.

WHEELSET

Pada bagian wheelset, menggunakan hub Thru Axle dnegan jumlah jari-jari sebanyak 28H, yang dirangkai pada rims alloy double wall bermek syte chronnos. Menggunakan ban dari CST Recourse dengan ukuran 700 x 28c, bermotif slic yang cocok sekali digunakan untuk medan jalan rata.

Lalu pada bagian ban dalamnya, menggunakan ban dalam dengan pentil presta.

BOBOT

Berat Pacific Primum 5.5 : 9,48 Kg

Ohiya, bobot ini juga sudah termasuk pedal bawaan pabrik ya SobatSS.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya, untuk kamu pesepeda yang mulai serius di dunia sepeda balap, bisa nih mempertimbangkan Pacific Primum 5.5, karena bukan hanya dari spesifikasi yang rekomended, tapi dari gengsi pun, peminat sepeda ini pun sudah banyak peminatnya dikalangan goweser.

Dan jika medan yang sering kamu lalui adalah jalan rata, sepeda ini juga cocok dijadikan pilihan untuk latihan bersepeda kamu!

Dengan harga Rp 18.075.000,- kamu langsung bisa membawa pulang sepeda balap keren ini. Kamu bisa langsung meminangnya di outlet Serba Sepeda terdekat atau order sekarang melalui tombol di bawah ini.

Menurut kami, dengan frame dan fork yang berbahan carbon, grupset Shimano 105, bahkan sepeda ini masuk dalam kategori Road Bike Aero, tidak heran harga yang ditawarkan cukup tinggi ya.

Kalau menurut kalian gimana ? kasih komennya dibawah yuk