08 Nov 2021 / Inspiration, Tips & Trick

Pegal Setelah Bersepeda?

Saat ini Bersepeda adalah olahraga yang paling diminati oleh segala usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua. Alih-alih membuat bugar, terkadang sebagian orang malah merasakan pegal hingga nyeri punggung setelah bersepeda. Hal ini kadang dipengaruhi oleh posisi yang kurang tepat saat bersepeda, ditambah lagi dimensi / ukuran frame sepeda yang kurang tepat.

Baca juga cara memilih ukuran frame sepeda yang tepat 

cegah pegal setelah bersepeda dengan posisi yang tepat, menurut SerbaSepeda :

  1. Posisi Kaki

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum anda memulai bersepeda adalah posisi kaki, saat mengayuh pastikan jarak pedal dan kaki tidak terlalu dekat atau terlalu jauh.

Posisi Kaki Kurang Tepat

Gunakan telapak kaki saat hendak mengayuh, dan pastikan juga posisi lutut sedikit tertekuk saat pedal diputar kebawah searah jarum jam 6.
Follow Media Sosial kami : Informasi Lengkap Seputar Sepeda

Posisi Kaki yang Baik

Hal ini akan mengurangi cedera/nyeri pada bagian pinggang dan bagian tumit kaki setelah bersepeda.

  1. Posisi Tangan

Selain kaki, posisi tangan juga menjadi faktor saat anda bersepeda. Usahakan posisi tangan sedikit tertekuk namun jangan terkunci, rasakan adanya sedikit tekanan pada handlebar agar beban pada bahu dan punggung berkurang. Pastikan juga posisi tangan tetap dalam keadaan rileks namun siaga.

Posisi Tangan Rileks, Namun Tetap Siaga

  1. Posisi Bahu

Selanjutnya perhatikan juga posisi bahu, sebaiknya posisi bahu tidak terangkat dan tulang belikat dalam keadaan datar.

Posisikan bahu mengikuti alur yang dibentuk tangan dan punggung. Untuk mengurangi tekanan pada punggung, usahakan bahu anda dalam kondisi yang rileks.

  1. Posisi Punggung

Posisi punggung menyesuaikan dengan kecepatan dan track yang anda lalui. Untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi atau tanjakan, posisikan punggung anda dalam posisi membungkuk.

Posisi Saat Jalan Menanjak atau Saat Kecepatan Tinggi

Sedangkan jika track yang dilalui adalah jalan turunan, posisikan punggung anda dalam posisi tegak.

Posisi Saat Menghadapi Jalan Turunan

  1. Kepala

Posisikan kepala sesuai alur tulang belakang yang terbentuk dari posisi tubuh yang benar. Arahkan pandangan untuk selalu kelintasan di depan anda, dan usahakan juga tulang leher anda tetap rileks.

Pandangan Lurus, dan Tulang Leher Dalam Posisi Rileks

Selain mencegah pegal dan nyeri, posisi bersepeda yang baik juga penting agar anda tidak merasa cepat lelah dan pastinya lebih bugar setelah bersepeda.

Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat ya.

Ingat sepeda? Ya serbasepeda!