27 Jun 2022 / Product Knowledge

Pengertian, Jenis Cage hingga Fitur RD!

RD atau kepanjangan dari Rear Derailleur, Rear Derailleur sendiri memiliki arti yaitu komponen sepeda untuk mengubah atau mengganti gear/speed/gigi dengan memindahkan rantai sepeda dari satu cog atau keping gear ke cog yang lainnya. Selain bertugas untuk memindahkan rantai, ada ragam jenis RD berdasarkan panjang cage hingga fitur-fitur yang disematkan. 

Kalau kita lihat di sini, terlihat sebuah cage pada RD ya, yaitu bagian dari derailleur yang dilewati ranta sepeda, terdiri dari dua pulley atau katrol yang bentuknya berubah mengikuti panjang rantai efektif. 

Jenis RD dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan panjang cage plate.

1. RD Short Cage 

Sesuai namanya, RD short cage adalah jenis RD cage yang berukuran pendek. Untuk sistem penggeraknya lebih stabil karena minim getara dan biasanya jenis RD Short cage ini digunakan pada tipe sepeda balap dan sepeda lipat berukuran 16”-20” agar tidak menyentuh jalan. 

2. RD Medium Cage

RD medium cage memiliki ukuran yang sedang, biasa digunakan pada sepeda MTB dan hybrid. Biasanya RD medium cage ini digunakan pada sepeda yang memiliki transmisi single chainring 

3. RD Long Cage 

Sesuai namanya, RD long cage adalah jenis RD cage yang berukuran panjang, jenis RD cage ini sangat mendukung range gear yang besar ya SobatSS… biasa digunakan pada sepeda MTB dan biasa digunakan juga untuk chainring 2 hingga 3 speed. 

Seiring berjalannya teknologi pada sepeda,

pada RD khususnya RD Shimano juga memiliki  fitur, yaitu sebagai berikut : 

  1. RD Non Shadow 
  2. RD Shadow 
  3. RD Shadow Plus

Pilihan RD yang ada di SerbaSepeda!

Kita masuk ke penjelasannya ya. 

1. RD Non Shadow

jika melewati jalan bebatuan atau saat droping, RD akan mengayun ke atas sehingga rantai membentur frame bagian chainstay dan membuat suara dentingan berulang.

2. RD Shaodow 

Dengan teknologi shadow, selain ukuran RD lebih kecil, lengan RD juga lebih kaku… dan tidak akan naik turun saat roda belakang terkena guncangan keras. 

 

3. RD Shadow Plus 

Meupakan teknologi khususnya untuk MTB yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur tingkat kekerasan pada cage. Pada RD jenis ini terdapat sebuah tuas, ketika tuas dinaikkan ke tas atau dalam posisi on, maka RD akan lebih kaku lagi. 

Pada RD, biasanya sering terjadi masalah, seperti suara aneh yang muncul saat kita berpindah gigi atau bahkan saat kita gowes seperti biasa. Kami sudah membahasnya di video youtube kami ya!