19 Jan 2022 / Product Knowledge

Pilih Sepeda Sesuai Kebutuhan

Bagi para pemula di dunia persepedaan, memilih jenis sepeda yang akan dibeli terkadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Tidak sedikit masyarakat awam menganggap semua sepeda sama saja, padahal dari segi fungsi dan kegunaan sangatlah beragam. Pemilihan sepeda yang kurang tepat, dapat mengakibatkan pengalaman berkendara yang tidak nyaman dan kurang optimal loh.

Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai jenis-jenis sepeda.

Pilih Sepeda Sesuai Kebutuhan

Sepeda cenderung diciptakan dan dibedakan dari gaya dan medan berkendara, pastinya kurang lebih kita paham ya, dimana saja kemungkinan kita akan bersepeda. Biasanya medan berkendara dibagi menjadi 3 kategori besar, yaitu :

  • Road Bike

Road Bike cocok untuk latihan fisik, commuting dan kompetisi / balap. Road Bike memiliki stang model dropbar  yang membuat pengendara berada dalam posisi aerodinamis. Seringkali dijumpai bahwa posisi berkendara pada Road Bike memberikan sensasi kurang nyaman terutama bagi goweser pemula.

Baca juga : jenis-jenis Road Bike yang ada di dunia

  • Urban Bike & Folding Bike

Urban Bike dirancang untuk medan perkotaan, namun lebih menekankan pada aspek kenyamanan dibanding performa, sehingga Urban Bike sangat cocok digunakan untuk bersepeda santai di perkotaan.

untuk Urban Bike sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya sepeda-sepeda keranjang untuk wanita, sepeda lipat, dan sepeda anak-anak.

  • Hybrid Bike

Hybrid Bike merupakan gabungan antara Road Bike & MTB (Mountain Bike), dengan memadukan kenyamanan sepeda gunung namun memiliki kecepatan dan performa yang menyerupai Road Bike. Hybrid Bike sangat cocok untuk medan perkotaan, mulai dari jalan aspal halus hingga aspal yang sedikit rusak dan berbatu.

  • Gravel & Touring Bike

Nah kalaug Gravel Bike penampakannya lebih seperti sepeda balap, karena memakai stang dengan model dropbar dan kebanyakan Sepeda Gravel tidak memakai suspensi peredam guncangan. Sepeda Gravel lebih diperuntukkan untuk sport, endurance bahkan kompetisi.

Sedangkan untuk Touring Bike sesuai namanya diperuntukkan bagi penggunaan jarak jauh di medan jalan raya atau jalan beraspal.

  • MTB (Mountain Bike)

MTB (Mountain Bike) atau Sepeda Gunung merupakan sepeda yang didesain tangguh dan mampu melibas berbagai medan terutama offroad seperti tanah, bebatuan, akar dan lainnya. MTB sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan gaya berkendaranya, diantaranya adalah :

  1. MTB XC  :  MTB yang ringan untuk tanjakan dan cocok untuk kebugaran.
  2. Trail         : Trail yang cocok untuk segala medan offroad, memiliki efisiensi cross country dan kapasitas sepeda all mountain. Lebih cenderung sepeda untuk fun trail riding.
  3. Enduro    :  Cocok untuk medan teknikal, baik tanjakan maupun turunan.
  4. Downhill :  Cocok untuk menaklukan turunan terjal dengan kecepatan tinggi

Saat melihat dari pembagian di atas, banyak juga sepeda yang dapat digunakan untuk jenis medan sepeda lainnya, contohnya MTB yang bisa digunakan hampir disegala jenis medan mulai dari aspal sampai offroad. Namun coba persempit pilihan kita pada mayoritas medan yang akan kita temui, misalnya :
untuk jalan raya jarak jauh, MTB masih mungkin untuk digunakan namun Touring Bike akan lebih efektif dan efisien. Juga dalam commuting, road bike dan hybrid cocok digunakan namun sepeda lipat memungkinkan untuk berpindah-pindah kendaraan umum apabila diperlukan.

jadi, bagaimana nih SobatSS? setelah membaca informasi di atas, apakah kamu sudah menentukan jenis sepeda apa yang tepat ? semoga informasi yang kami berikan bermanfaat ya! ingat sepeda? ya serbasepeda!