12 Apr 2021 / Product Knowledge

Polygon Bend R5 Sepeda Gravel Tangguh Di Segala Medan

Polygon Bend R5 merupakan sepeda gravel keluaran terbaru buatan pabrikan tersohor Polygon. Dari segi harga dan spesifikasi sepeda gravel ini memang juaranya, apa spesifikasi dan harga dari Polygon Bend R5? Akan kita bahas di sini.

Namun sebelumnya masih ingat kan apa itu sepeda gravel? sepeda gravel adalah sepeda yang didesain untuk menaklukan medan on road maupun medan offroad seperti tanah dan kerikil. Ciri utama sepeda gravel adalah drop bar yang memiliki sudut agak keluar atau “Flare Out” dan ban semi slick dengan banyak knob kecil.

Groupset yang dipakai pada sepeda ini adalah grupset yang memang dikhususkan untuk Sepeda Gravel loh!

Pastinya udah penasaran dengan pembahasan kali ini kan ?
yuk kita langsung aja

FRAME

polygon bend r5 harga

Pertama dari segi frame, sepeda ini dibekali frame berbahan ALX Alloy, untuk yang belum tau, ALX adalah standar teknologi untuk sebuah frame pada sepeda, ALX Alloy menghasilkan frame yang lebih ringan dan tangguh, dibandingkan teknologi bahan alloy yang lainnya.

Dari segi desain frame, Polygon Bend R5 hadir dengan desain yang maskulin banget ya, paduan warna antara abu-abu, hitam, dan coklat ini juga memberikan kesan yang elegant.

Frame ini juga sudah disematkan teknologi-teknologi modern, seperti Headtube Tapered, Internal Cable Routing, dan Sistem Thru Axle.

FORK

polygon bend r5 harga

Beralih ke bagian fork, Bend R5 sudah dibekali fork berbahan carbon dengan bentuk yang pipih. Fork berbahan carbon akan membuat handling menjadi lebih lincah.. oh iya karena frame nya menggunakan sistem Thru Axle, terlihat disini pada bagian fork nya juga TA ya SobatSS.

Karena lebih tebal sistem pengunci-nya, maka diharapkan sepeda dapat lebih kuat pada saat melewati medan yang sedikit offroad.

STEERING

polygon bend r5

Terlihat ya di sini, bentuk dropbarnya lebih condong keluar atau flare out. Jika kita ukur dari atas dropbar, panjangnya adalah 420 mm, lalu untuk bagian bawahnya adalah 490 mm.

Pada bagian stem-nya cukup panjang, yaitu 115 mm. Dropbar dan stem, keduanya dari merk Entity ya SobatSS. Ohiya pengukuran tadi juga berdasarkan size frame L ya! Jadi beda ukuran frame, maka berbeda juga ukuran dari dropbar dan stemnya.

SEATPOST & SADDLE

polygon bend r5 harga

Pindah ke bagian seatpost dan saddle, jika rata-rata sepeda gravel yang ada di Indonesia menggunakan seatpost biasa seperti ini, pada Bend R5 sudah disematkan dropper seatpost!

Namun apabila biasanya seatpost dengan sistem dropper seperti ini kita sering jumpai di MTB, maka sepertinya baru Bend R5 dengan penampakan frame mirip2 roadbike yang mempunyai sistem dropper ini ya?

Tujuan umum dari dropper seatpost sendiri adalah kita bisa mengatur ketinggian seatpost tanpa harus turun dari sepeda dan tujuan lain adalah untuk memberikan kenyamanan pada saat kamu melewati jalan yang sedikit offroad, kamu bisa atur tinggi rendahnya seatpost dari tuas yang berada, Wah unik juga ya!

Dibekali dropper seatpost dengan panjang travel 110mm tidak lupa juga disematkan saddle gel yang empuk dari Entity, dengan lebar 140mm

GROUPSET

Nah ini nih yang paling ditunggu-tunggu! Shimano GRX adalah grupset yang dipakai pada Polygon Bend R5 ini! Shimano mengeluarkan Shimano GRX yang dikhususkan untuk Sepeda Gravel pada tahun 2019.

Untuk saat ini, Shimano GRX sendiri terdapat 3 tingkatan nih yang pertama ada Shimano GRX 10 speed, dengan seri RX400 (2 x 10), kedua ada Shimano GRX 11 speed, dengan seri RX600 (2×11, 1 x 11) dan di urutan ketiga atau tertinggi ada Shimano GRX Di2 dengan seri RX810 yang menggunakan Elektrik Shifting ( 2×11, 1 x 11) untuk Bend R5 menggunakan Shimano GRX dengan konfigurasi 1 x 11 speed.

Kita mulai dari brifter, brifter yang digunakan yaitu Shimano GRX, turun ke bagian crank, disematkan crank single chainring bermata gigi 38T, crank nya juga sudah disematkan dengan teknologi hollowtech II ya, sehingga kayuhan akan terasa lebih ringan.

Bergerak ke bagian belakang, RD yang digunakan juga dari Shimano GRX yang sudah Shadow+, RD ini menggerakan rantai menelusuri 11 tumpuk sprocket, berjumlah mata gigi 11-42T. (ini sambil di mainin shiftingnya ya, soalnya ada omongan “menelusuri” artinya harus diperlihatkan jg shiftingnya)

PENGEREMAN

Untuk bagian pengeremannya, Bend R5 sudah menggunakan pengereman hidrolik dari Shimano GRX! Dengan posisi mounting flat mount seperti kebanyakan sepeda balap ya!

WHEELSET

Beralih ke bagian wheelset, menggunakan hub Thru Axle, dengan jumlah jari-jari sebanyak 32H yang dirangkai pada rims alloy double wall.
Pada bagian ban luar, dibekali dari WTB Venture dengan ukuran 650B x 47C. Dengan ukuran 650B, ban ini lebih cocok dipakai pada jalan yang relatif tidak rata.

Dan kalau dilihat disini, terdapat tulisan Tubeless Ready nih SobatSS!
Tubeless Ready artinya ban yang tetap bisa menggunakan ban dalam, tetapi bisa juga untuk tubeless dengan penambahan cairan pemasangan yang khusus. Untuk Bend R5 menggunakan ban dalam dengan pentil presta.

EXTRA

Polygon Bend R5 memang sudah paket lengkap ya! Selain spesifikasi groupset yang sudah sangat mantab untuk kelas Sepeda Gravel. Juga tetap diberikan extra berupa : bagasi depan dan belakang dengan beban maximal yaitu 18 kg, namun bagi SobatSS yang tidak mau memakai bagasi depan dan belakang, tentu ini bisa di copot dengan mudah ya.

BOBOT

Berat Polygon Bend R : 12,58 Kg. Berikut bobot dari Polygon Bend R5 yang kami timbang dengan ukuran size L, juga dengan pedal dan extra bawaan pabrik ya.

HARGA & KESIMPULAN

Sepeda Gravel keren ini dibandrol dengan harga kurang lebih 18 jutaan nih SobatSS! Menurut kami, harga yang ditawarkan memang cukup masuk akal ya, karena Polygon Bend R5 ini juga sudah menggunakan grupset andalan sepeda gravel yaitu Shimano GRX! Terlebih lagi menggunakan frame berbahan ALX Alloy dan fork rigid berbahan carbon, tidak heran harga yang ditawarkan cukup tinggi.

Harga Polygon Bend R5 : Rp 18.565.000 (Harga per 12 April 2021)

Kesimpulannya, sepeda ini cocok untuk SobatSS yang suka dengan performa Sepeda Balap, namun suka juga dengan medan offroad ringan, atau istilahnya blusukan.

Menurut kalian gimana nih dengan Sepeda Gravel yang satu ini ? kira-kira kapan mau menimangnya ? hehe kasih komennya di bawah ya!

Review lengkap Polygon Bend R5 bisa disimak pada video dari channel youtube Serbasepeda di bawah ini.

Cek beragam tipe sepeda gravel yang tersedia di Serbasepeda.com di link berikut ini.